Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Nat Geo Green Aid Girl “Pengungsi paling terkenal di Afganistan” sekarang berada di Italia

Roma:

Pemerintah Italia mengatakan Kamis bahwa Sharbat Gula, wanita Afghanistan bermata hijau yang diabadikan selama beberapa dekade di sampul National Geographic, telah dievakuasi ke Italia.

“Warga Afghanistan, Sharbat Gula, telah tiba di Roma,” katanya dalam sebuah pernyataan, tanpa menyebutkan tanggal.

Roma mengatakan telah menanggapi seruan oleh organisasi nirlaba yang beroperasi di Afghanistan untuk membantunya meninggalkan negara yang dikuasai Taliban, dan “mengatur perjalanannya ke Italia sebagai bagian dari program evakuasi yang lebih luas bagi warga Afghanistan dan rencana pemerintah untuk mereka. penerimaan dan integrasi.”

Gola menjadi pengungsi paling terkenal di Afghanistan setelah difoto oleh fotografer Amerika Steve McCurry di sebuah kamp di Pakistan pada 1980-an dan dimuat di sampul depan majalah National Geographic.

Gula mengatakan dia pertama kali tiba di Pakistan sebagai yatim piatu, sekitar empat atau lima tahun setelah invasi Soviet pada 1979, dan merupakan satu dari jutaan warga Afghanistan yang mencari perlindungan melintasi perbatasan sejak saat itu.

Dia dideportasi ke Afghanistan pada tahun 2016 setelah dia ditangkap karena tinggal di Pakistan dengan dokumen identitas palsu.

Roma mengatakan pada awal September telah mengevakuasi hampir 5.000 warga Afghanistan dari Afghanistan setelah Taliban merebut kekuasaan pada Agustus.

Italia mengatakan awal bulan ini bahwa mereka memberikan kewarganegaraan kepada jaksa penuntut umum pertama Afghanistan, Maria Bashir, setelah tiba di negara Eropa itu pada 9 September.

Italia adalah salah satu dari lima negara yang paling terlibat dalam misi NATO yang dipimpin AS di Afghanistan, bersama dengan Jerman, Inggris, dan Turki.

(Kisah ini belum diedit oleh kru NDTV dan dibuat secara otomatis dari umpan bersama.)

READ  Sorotan Coronavirus di India: Pemerintah Manipur memperpanjang 'jam malam Covid' hingga 3 Agustus dengan sedikit relaksasi. Kerala telah melaporkan 22.129 kasus baru