Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

NBP mengharapkan lebih dari 5 persen. Pertumbuhan PDB di Polandia

Pada konferensi pers setelah pertemuan Dewan Kebijakan Moneter (MPC), Presiden Bank Nasional Polandia (NBP) – Adam Glapinski mengumumkan bahwa bank mengharapkan lebih dari 5 persen. Pertumbuhan PDB di Polandia selama 3 tahun berturut-turut, yaitu pada tahun 2021-2023.

Seperti yang ditekankan oleh Profesor. Glapiński pada konferensi pers ini, “Ini akan menjadi periode yang benar-benar luar biasa bagi perekonomian Polandia, kami belum pernah melihat periode seperti itu dalam beberapa tahun terakhir.”

Kepala Bank Nasional Polandia mencatat bahwa dinamika PDB Polandia akan memungkinkan untuk mengejar negara-negara yang lebih maju di Eropa Barat, dan juga akan mengarah pada peningkatan yang signifikan dalam standar hidup warga negara kita.

Perkiraan lembaga pemeringkat

Hal ini juga dikonfirmasi oleh lembaga pemeringkat terbesar dunia, pada akhir Juni lalu, salah satunya – S&P, menaikkan perkiraan pertumbuhan PDB Polandia untuk tahun 2021 dari sebelumnya 3,4%. hingga 4,5 persen dan untuk 2022 dari 4,4 persen. hingga 5,4 persen

Revisi penting dari perkiraan pertumbuhan PDB Polandia lebih dari 1 poin persentase diumumkan setelah presentasi “Kesepakatan Polandia” dan komitmen Perdana Menteri Morawiecki bahwa pemerintah bermaksud untuk menyiapkan 10 proyek signifikan dalam 100 hari ke depan.

Hal ini berlaku, antara lain, untuk perubahan pajak penghasilan sebelum pembelian, yang menguntungkan setidaknya 18 juta wajib pajak suatu anuitas tanpa pajak; Meningkatkan pengeluaran untuk perawatan kesehatan hingga 7 persen. produk domestik bruto ; penghapusan pembatasan spesialis; apartemen tanpa kontribusi pribadi; Rumah tanpa formalitas modal perawatan keluarga; Program investasi strategis dari kesepakatan Polandia; Dukungan yang lebih tinggi untuk bahan bakar pertanian dan fasilitasi penjualan langsung ke petani; Pusat Sains Copernicus Kecil di Polandia.

Ini tentang mempersiapkan amandemen undang-undang yang ada yang mengatur masalah ini, atau menyiapkan peraturan legislatif yang sama sekali baru dan mengadopsinya pada tanggal yang dapat mulai berlaku pada paruh kedua tahun ini, paling lambat 1 Januari 2022.

READ  Salesforce tetap menjadi mesin pertumbuhan berdasarkan angka

Bank Polandia Pekao SA juga menyajikan revisi ke atas dari perkiraan sebelumnya pada awal Juni, yang menurutnya PDB negara kita akan naik hingga 11% pada kuartal kedua tahun ini. Secara tahunan, akan meningkat sebesar 5,5% sepanjang tahun 2021.

Pada gilirannya, menurut analis Bank, setelah memperhitungkan dampaknya terhadap ekonomi dan bidang sosial, usulan pemerintah Bersatu Kanan termasuk dalam Lada Polandia, pertumbuhan PDB pada tahun 2022 akan mencapai setidaknya 5,6 persen.

Dalam hal pertumbuhan PDB dalam dua tahun ke depan jauh lebih tinggi dari perkiraan sebelumnya, rasio defisit sektor fiskal terhadap PDB pada tahun 2021 juga akan jauh lebih rendah dan mencapai 4,4%.

Prognosa KE

Pada awal Juli, Komisi Eropa juga menaikkan perkiraan pertumbuhan PDB Polandia dari sebelumnya 4%. Pada tahun 2021 mencapai 4,8%. Sedangkan pada tahun 2022 akan mencapai 5%

Perlu dicatat bahwa tingkat stagnasi (penurunan PDB) di Polandia pada tahun 2020 adalah yang terendah di seluruh Uni Eropa (hanya – 2,7%), yang berarti bahwa karena apa yang disebut efek dasar hingga 4,8% PDB pertumbuhan akan menjadi sukses nyata.

Negara-negara di mana PDB turun pada tahun 2020 berada di dua digit, seperti di Spanyol, atau 8-9%. Seperti di Prancis dan Italia, justru karena efek dasar, pada tahun 2021 mereka cenderung memiliki tingkat pertumbuhan PDB yang lebih tinggi daripada Polandia.

Perkiraan optimis dari Komisi Eropa juga menyangkut bentuk pengangguran di Polandia pada tahun 2021-2022, masing-masing sebesar 3,5%. dan 3,3%, yang berarti dalam dua tahun ke depan kita akan menjadi pemimpin Uni Eropa di antara negara-negara dengan tingkat pengangguran terendah.

Sementara perkiraan semua lembaga keuangan yang disebutkan di atas berusia dua tahun, perkiraan NBP juga mencakup tahun 2023, dan menurut mereka, juga di tahun ketiga ini, pertumbuhan PDB Polandia juga akan melebihi 5%.

READ  Penerbitan Investor: Hugo Boss: Gabung Sekarang?