Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Nikki Haley vs. Trump: Inilah yang harus diperhatikan dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik Carolina Selatan

Nikki Haley vs. Trump: Inilah yang harus diperhatikan dalam pemilihan pendahuluan Partai Republik Carolina Selatan

Skenario terbaik Nikki Haley untuk pemilihan pendahuluan Partai Republik di negara bagian asalnya mungkin adalah bahwa ia berhasil dengan cukup baik untuk membuat daftar Super Tuesday pada 5 Maret agak kompetitif melawan Donald Trump.

Mantan Presiden AS Donald Trump (kanan) dan mantan duta besar negaranya untuk PBB, Nikki Haley. (Reuters)

Namun, kekecewaan di Carolina Selatan adalah hal yang tidak mungkin terjadi di negara bagian di mana Partai Republik mencintai mantan gubernurnya tetapi juga mencintai mantan presidennya.

Hindustan Times – Sumber berita terhangat tercepat Anda! Baca sekarang.

Trump berupaya menyelesaikan perubahan awal di negara bagian tersebut setelah meraih kemenangan besar di negara bagian Iowa, New Hampshire, dan Nevada. Bagi Haley, yang dua kali terpilih sebagai gubernur Carolina Selatan dan kemudian menjabat sebagai duta besar Trump untuk PBB, ia memiliki peluang untuk mempersempit margin dan melemahkan momentum Trump.

Berikut ini apa yang harus diperhatikan dalam pemilihan pendahuluan hari Sabtu.

Bisakah Donald Trump kembali memberikan pukulan telak di kandangnya sendiri?

Nikki Haley telah melingkari tanggal 24 Februari di kalendernya selama berbulan-bulan. Upayanya untuk selalu menggalang dukungan melalui tiga pemilu pertama, dan kemudian, seperti yang ia sampaikan kepada para pemilih di Iowa dan New Hampshire, ia memenangkan “negara bagian saya yang indah, Carolina Selatan.”

Saya baru-baru ini mengkalibrasi ulang. Alih-alih memprediksi kemenangan, dia berbicara tentang seberapa jauh kemajuannya dan berjanji untuk melanjutkan Super Tuesday. “Ada 14 kandidat dalam perlombaan ini,” katanya. “Aku sudah mengalahkan 12 rekanku, dan aku hanya punya satu lagi yang harus kukejar.”

Trump mengabaikannya, dan memperkirakan di balai kota Fox News bahwa dia akan menang “secara besar-besaran.”

“Semua orang tahu Anda tidak bisa kehilangan negara bagian asal Anda,” katanya.

Ada perasaan tertentu sebelumnya, yang seharusnya membuat Haley terdiam. Pada tahun 2016, tiga pesaing Trump menjadikan pemilihan pendahuluan di negara mereka sebagai sebuah kebanggaan. Dua juga menang: Gubernur Ohio saat itu John Kasich dan Senator Texas Ted Cruz. Trump tetap lolos ke nominasi.

Sementara itu, Senator Florida Marco Rubio bertahan hingga pemilihan pendahuluan di negara bagian asalnya, menyusul dominasi Trump pada Super Tuesday. Rubio hancur – dan itu terjadi sebelum Trump menjadikan kawasan Mar-a-Lago di Palm Beach sebagai tempat tinggal permanennya.

READ  Inggris membuat tentara waspada saat pompa bahan bakar habis | berita Dunia

Akankah kubu independen dan Demokrat membuat persaingan semakin ketat?

Carolina Selatan tidak memiliki pendaftaran partai, dan Partai Republik menyelenggarakan pemilihan pendahuluan terbuka. Artinya, satu-satunya pemilih yang tidak memenuhi syarat pada hari Sabtu adalah sekitar 126.000 pemilih yang memberikan suara utama Partai Demokrat pada tanggal 3 Februari. Jumlah tersebut jauh lebih sedikit dibandingkan 500.000 orang yang memilih Partai Demokrat pada tahun 2020, yang berarti banyak suara anti-Trump yang secara teori tersedia bagi Haley.

Dia tidak secara eksplisit meminta bantuan dari Partai Demokrat. Namun dia mengambil jalur yang benar, dengan memberi tahu setiap audiens tentang aturan terbuka awal saat dia mencoba membangun koalisi yang luas.

Haley memuji kredensial konservatifnya – dia memberlakukan pemotongan pajak dan undang-undang tanda pengenal pemilih sebagai gubernur – sambil mengingat koordinasi bipartisan untuk menghapus bendera Konfederasi dari gedung Capitol negara bagian setelah pembantaian rasis di sebuah gereja Charleston pada tahun 2015. Dia menyerang presiden 77 bertahun-tahun. Dia menggambarkan Trump yang lama sebagai orang yang berantakan dan terpuruk, namun dia mengatakan bahwa dia telah memilih Trump dua kali dan bangga menjadi duta besar Trump untuk PBB. Dia menyebut dirinya “pro-kehidupan” tetapi “tidak menghakimi siapa pun yang pro-pilihan” dan tidak menganjurkan larangan aborsi nasional.

Ini mungkin satu-satunya strategi rasional untuk mengalahkan Trump. Bisa juga meninggalkan perbukitan tanpa dasar alami.

“Dia mencalonkan diri sebagai gubernur sebagai sekutu Tea Party, dan kemudian menjadi salah satu orang baik,” desak Tim Foster, seorang pendukung Trump dan pensiunan wakil walikota Spartanburg. Foster mengambil alih Haley, terutama terkait penurunan bendera pertempuran Konfederasi: “Dia adalah orang yang benar-benar berbeda sekarang dibandingkan saat saya memilihnya.”

Sementara itu, para anggota Partai Demokrat, terutama para pemilih kulit hitam yang menjadi pendukung partai tersebut di Carolina Selatan, mempercayai kata-kata Haley ketika dia mengolok-olok orang-orang yang menyebutnya “moderat,” kata Anjuan Seawright, seorang veteran kampanye senior Partai Demokrat.

“Kami ingat siapa Nikki Haley,” kata Seawright, termasuk posisinya di bendera pertempuran sebelum pembunuhan di Charleston. “Satu-satunya alasan bendera diturunkan adalah karena tragedi itu…Kami tidak menyelamatkannya dari Donald Trump. Ada pepatah lama yang berlaku bagi kita di sini: apa yang terjadi sering kali terjadi.

READ  Pengunjung membayar tip lebih dari Rs 20.000 di restoran Salt Bae, membuat netizen bingung | Umum

Bisakah Haley mendapatkan koalisi Joe Biden di Charleston-Columbia?

Jika Haley dapat menutupnya, area yang harus diperhatikan adalah di metro Charleston dan Greater Columbia. Ini adalah tempat-tempat yang tidak dapat dimenangkan oleh Trump pada pemilihan pendahuluan tahun 2016, meskipun memenangkan 50 delegasi dari Carolina Selatan. Kolumbia dan daerah sekitarnya adalah rumah bagi beragam populasi, termasuk pemilih kulit hitam, mahasiswa, dan orang kulit putih yang berpendidikan perguruan tinggi – singkatnya, koalisi yang membantu Presiden Joe Biden mengalahkan Trump pada tahun 2020.

Wilayah Charleston beriklim sedang. Ketika Biden memenangkan pemilihan pendahuluan Partai Demokrat tahun 2020 di Carolina Selatan, dukungannya dari pemilih kulit hitam mendapat sebagian besar perhatian. Namun dia mendapat dukungan kritis dari pemilih kulit putih di Charleston yang termasuk dalam kelompok ideologis yang tidak sejalan dengan Trump.

Sebut saja mereka Biden dari Partai Republik, Haley Demokrat, atau kombinasi keduanya. Namun jika Haley bertekad untuk mempersempit margin Trump, dia memerlukan dorongan serupa dari pemilih yang sama.

Apakah komentar Trump tentang veteran masih berlaku?

Trump baru-baru ini menanyakan keberadaan suami Haley saat kampanye. Jawaban: Mayor Michael Healy dikerahkan di Garda Nasional Angkatan Darat Carolina Selatan. Dia sebelumnya bertugas di Afghanistan.

Hailey langsung menanggapi komentar tersebut. Pensiunan Brigjen. Jenderal Don Bolduc, yang sebenarnya bepergian bersama Haley, menyampaikan permohonan emosional dalam perkenalannya dengan kandidat tersebut, menceritakan sejarah Trump dalam mengejek para veteran, termasuk calon Partai Republik pada tahun 2008 dan tawanan perang Vietnam John McCain.

“Hal ini tidak dilakukan oleh presiden. Ini benar-benar salah,” kata Bolduc mengenai Trump, yang menerima banyak penundaan medis dan mahasiswa selama masa Vietnam. “Ini memecah belah kita.”

Pertanyaan langsungnya adalah: Berapa banyak veteran di Carolina Selatan yang berinteraksi dengan Bob Crawford, yang pensiun setelah 36 tahun di Angkatan Laut. “Ini merupakan penghinaan terhadap setiap individu yang bertugas aktif, dan merupakan penghinaan terhadap negara ini,” kata Crawford, yang memilih Trump pada tahun 2016 dan kemudian, dengan enggan, pada tahun 2020. “Kamu meyakinkanku,” Hailey mengumpulkan.

READ  Sebuah kapal kargo tenggelam di lepas pantai Jepang, menyebabkan dua tewas dan sembilan hilang

Terlepas dari apakah Trump mempunyai konsekuensi apa pun di Carolina Selatan, patut diingat kritik keras baru-baru ini karena hal itu memberi Biden dan Partai Demokrat dukungan baru untuk kampanye pemilihan umum.

“Jika ada pertandingan ulang, saya akan memilih Biden,” kata Crawford.

Bagaimana Trump dan Haley menangani hasil pemilu ini?

Ketika Haley menerima 43% suara di New Hampshire, dia merayakannya seolah-olah dia menang. Trump marah dan menuduhnya berbohong kepada pemilih.

Trump kemudian melunak. Ketika ditanya di balai kota Fox News pada hari Selasa mengapa Haley tidak mundur, dia menjawab tanpa basa-basi: “Saya rasa dia tidak tahu bagaimana dia akan keluar.”

Untuk lebih jelasnya, Haley menegaskan dia akan tinggal setidaknya sampai Super Tuesday, dan mungkin lebih lama. “Kami tidak melakukan penobatan di Amerika,” dia sering berkata di Carolina Selatan.

Nada pada Selasa malam, jika Haley benar-benar setuju, dapat menentukan arah untuk sisa kampanye utama, berapa pun lamanya kampanye tersebut berlangsung.

Namun, berhati-hatilah terhadap prediksi mengenai perluasan pemilihan pendahuluan pada musim gugur. Pada tahun 2016, Bernie Sanders, runner-up Partai Demokrat, terlibat dalam pertarungan sengit dengan calon presiden Hillary Clinton, lama setelah dia memimpin delegasi dengan sangat baik. Kebijaksanaan konvensional mengatakan hal ini membantu Clinton kalah dalam pemilu. Dengan pengecualian dari Partai Republik, Cruz yang berada di posisi kedua tetap menjabat lama setelah pencalonannya diselesaikan, dan Cruz tidak antusias menerima Trump, yang akhirnya mengalahkan Clinton.

Pada tahun 2020, Biden memisahkan diri dari anggota Partai Demokrat lainnya pada bulan Maret, namun ia masih menghadapi banyak orang yang skeptis di dalam partainya, terutama dari sayap kiri. Trump, yang saat itu menjabat petahana, tidak memiliki oposisi utama sama sekali. Biden tetap mengalahkannya.

Singkatnya, ada terlalu banyak variabel dalam kampanye yang panjang untuk mengetahui apa dampaknya bagi Haley jika tetap bertahan.