Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Nilai tukar Franc dan cicilan pinjaman. perhitungan matematis

Nilai tukar franc melintasi level 4,5 zloty Polandia pada Senin pagi. Menyimpannya untuk sebagian besar peminjam franc berarti angsuran berikutnya akan menjadi yang tertinggi sejak pinjaman diambil – menurut perhitungan Expander. Juga tidak ada informasi yang baik untuk orang-orang yang telah mengambil pinjaman mereka di PLN.

Franc Swiss. Suku bunga tinggi dan cicilan pinjaman

Pada hari Senin, sebelum pukul 12.00, franc Swiss harus dibayar lebih dari 4,5 PLN. Ini adalah rekor kurs, meskipun CHF / PLN meningkat tajam pada 15 Januari 2015 (disebut Kamis Hitam), ketika kurs franc sementara mencapai PLN 5,17.

Perusahaan Expander menganalisis kasus pinjaman dalam franc yang diberikan dalam periode yang berbeda dan pada tingkat yang berbeda, dengan mempertimbangkan situasi saat ini di pasar mata uang.

– Jika nilai tukar franc saat ini tetap pada level 4,5 PLN, hampir semua peminjam franc akan membayar premi tertinggi dalam sejarah – jelas Jaroslav Sadovsky, kepala analis di Expander Advisors.

– Satu pengecualian adalah orang-orang yang tidak beruntung yang membeli franc yang diperlukan untuk membayar cicilan pada “Kamis Hitam” yang tak terlupakan pada tahun 2015. Kemudian, untuk sesaat, harga menembus level PLN 5, tetapi pada akhirnya jatuh ke 4,31 PLN, dan setelah dua minggu harga kembali ke bawah 4 PLN – tambahnya. “Sekarang, sayangnya, tidak ada yang menunjukkan hal ini,” menurut ahli.

– Sejak awal pandemi, tarifnya konsisten di atas PLN 4. Tahun ini, level terendah terjadi pada awal Juni, yakni PLN 4.07. Peningkatan ke PLN 4,5 meningkatkan angsuran pinjaman biasa kami sebesar PLN 189 dibandingkan dengan Juni 2021 – kata analis.

Angsuran pinjaman dalam zlotys dan swiss francekspander

Pinjaman Franc – hutang yang dihitung dalam zloty meningkat

Ahli mencatat bahwa “apresiasi nilai tukar menyebabkan peningkatan yang signifikan dalam utang di zloty.” – Untuk pinjaman yang diberikan pada Januari 2008, meskipun hampir 14 tahun pembayaran, utang telah meningkat dari 300.000 pada awalnya. Zloty Polandia berjumlah 371 ribu. zloty. Jadi Anda bisa mendapatkan kesan bahwa itu adalah pinjaman yang tidak akan pernah bisa dilunasi – Sadosky menunjukkan.

– Bahkan, perkiraan utang dalam franc menurun. Dalam hal formulir pinjaman kami, segera setelah pinjaman dilunasi, itu adalah 140,9 ribu. Franc, dan saat ini tersisa 82,5 ribu yang harus dibayar. Franc. Namun, dengan nilai tukar franc yang meningkat, jumlah dalam zlotys masih lebih tinggi daripada di awal – tambahnya.

Angsuran pinjaman di PLN juga naik

READ  Laporan Pasar LS-X: Mempertahankan Level Minggu Awal di DAX

Jaroslaw Sadovsky mencatat, angsuran pinjaman di PLN juga meningkat, baik yang baru diberikan maupun yang dilunasi selama bertahun-tahun. Dalam hal ini, penyebabnya adalah kenaikan tarif WIBOR. Berkat itu, kami semakin dekat ke titik ketika suku bunga pinjaman di PLN akan melebihi 5%.

– Misal WIBOR 6M sudah 2,02%, jadi kalau margin pinjamannya 10%. sendiri, katakanlah, 2,7 persen, tingkat bunga pinjaman akan mencapai 4,72 persen. – Beritahu ahlinya.

Di sisi lain, dengan tingkat suku bunga yang lebih tinggi, ada kemungkinan bank akan sedikit memangkas margin keuntungan mereka pada penawaran. Dalam kasus pinjaman “baru”, persentase ini mencapai 5 persen. Kami mungkin tidak akan sampai di sana secepat yang kami alami dalam kasus penerima hibah tersebut dalam beberapa tahun terakhir – dia menjelaskan.

– Angsuran pinjaman yang baru diberikan dengan tingkat bunga tersebut di atas akan menjadi 4,72%, sebesar PLN 300.000, selama 30 tahun, PLN 1.560. Sebagai perbandingan, awal Oktober saat WIBOR 6M 0,32% menjadi 1.268 PLN. Premi meningkat sebesar 291 zlotys. Selain itu, kenaikan suku bunga juga berdampak pada penurunan kelayakan kredit yang signifikan. Tarif WIBOR 6M meningkat 0,32 persen. Hingga 2,02 persen akan mengurangi jumlah pinjaman yang tersedia hingga 20 persen Ini berarti bahwa seseorang yang dapat mengandalkan 300.000 PLN pada awal Oktober sekarang akan menerima sekitar 50.000 PLN. PLN lebih rendah – menjelaskan Sadowski.

Pakar memastikan bahwa angsuran pinjaman “lama” di zlotys juga akan meningkat, yaitu yang telah dilunasi.

– WIBOR 6M saat ini adalah yang tertinggi sejak 16 Januari 2015. Untuk semua pinjaman yang diberikan setelah periode ini, yang terdekat mungkin yang tertinggi dalam sejarah. Namun, kami harus menambahkan bahwa bank yang menggunakan WIBOR 6M memperbarui suku bunga setiap 6 bulan, jadi untuk beberapa, premi tidak akan dinaikkan sampai beberapa waktu – jelasnya.

Pinjaman dalam franc dan zloty – perbandingan

Jaroslav Sadovsky juga membandingkan situasi peminjam debitur dalam zloty dan franc.

Premi dalam kedua kasus telah meningkat secara signifikan baru-baru ini. Frankivsky membayar premi tertinggi dalam sejarah. Angsuran pinjaman sebesar 300.000 PLN selama 30 tahun, diberikan pada bulan Januari 2008, sebesar PLN 2.022. Dalam kasus pinjaman serupa di PLN, premi pada tingkat tarif WIBOR 6M saat ini adalah PLN 1.336. Oleh karena itu, perbedaannya signifikan, meskipun perlu ditambahkan bahwa tingkat suku bunga di Polandia kemungkinan akan meningkat lebih lanjut dan cicilan pinjaman PLN mungkin lebih tinggi. Jika WIBOR 6M naik, misalnya menjadi 3 persen, maka preminya menjadi 1.435 PLN – tulis pakar tersebut.

Ia menambahkan, perbandingan total premi yang dibayarkan selama ini kurang menguntungkan bagi franchisee.

– Dalam kasus mereka 282,9 ribu. zloty. Sampai saat ini, orang yang membayar kembali pinjaman yang sama di PLN telah membayar 251,9 ribu PLN. zloty. Jadi Frankovich membayar 31 ribu. PLN lebih Selain itu, perbedaan ini meningkat setiap bulan, karena angsuran pinjaman dalam franc Swiss jauh lebih tinggi daripada di zloty. Apalagi utang pinjaman dalam franc Swiss, setelah dikonversi ke PLN, adalah 361 ribu PLN. PLN, dan dalam hal pinjaman di PLN adalah 202 ribu. PLN – menjelaskan.

Perbandingan pinjaman dalam franc Swiss dan PLN per Januari 2008 sebesar PLN 300.000

Kredit – Perbandinganekspander

Sumber gambar utama: PhotoRK / shutterstock

READ  400 km dalam sekali jalan: Hyundai Kona Elektro berlari jarak jauh