Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

‘Omong kosong’: Tusuk sate Perdana Menteri Dominika Mihul Choxe menuduh konspirasi | berita terbaru india

New Delhi: Perdana Menteri Dominika Roosevelt Skerrit pada hari Kamis menolak tuduhan buronan pengusaha Mihul Choksi bahwa dia dibawa ke pulau itu sebagai bagian dari konspirasi antara Dominika, India, dan Antigua dan Barbuda, menyebut tuduhan itu “omong kosong,” menurut sebuah laporan di Dominika Berita Online. .

Ini adalah pertama kalinya Skerrit menanggapi tuduhan Mehul Choksi dan keluarganya bahwa ketiga pemerintah berkolusi untuk mengirim pengusaha ke India untuk diadili di R13.500 crores kasus penipuan bank.

Tim hukum Choksi menuduh bahwa dia diculik oleh petugas polisi dari Antigua dan India pada 23 Mei dan dibawa ke Dominika dengan kapal keesokan harinya, di mana dia diterima oleh petugas polisi senior di Dominika. Diduga bahwa rencananya adalah untuk dengan tenang mendeportasi dia ke India.

Skerrit mengatakan itu konyol.

“Untuk mengatakan bahwa Pemerintah Dominika dan Pemerintah Antigua dan India berkolusi dengan cara apa pun, beri saya istirahat, adalah omong kosong. Kami sama sekali tidak terlibat dalam kegiatan semacam ini, praktik-praktik itu. Maksud saya ini tidak masuk akal. dan kami menolaknya dan sangat disayangkan bahwa siapa pun menginginkan publikasi tuduhan tak berdasar ini oleh seorang pria terhormat yang muncul di pengadilan,” kata Skerrit dalam interaksi mingguannya dengan wartawan.

Skerrit juga mendesak partai-partai oposisi di Dominika untuk tidak membuat apa yang dia sebut sebagai “pernyataan tidak bertanggung jawab” dalam hal ini. Pemimpin oposisi Dominika Lennox Linton mengklaim bulan lalu bahwa pemerintah memiliki peran dalam penculikan Chokes.

Perdana Menteri meyakinkan bahwa pemerintahnya akan menerapkan hukum secara setara, terlepas dari siapa yang dituduh melakukan kejahatan.

Skerrit mengatakan pemerintahnya akan mengizinkan pengadilan untuk melakukan tindakannya terhadap Choxie dan meyakinkan bahwa Dominika akan menghormati hak dan kewajibannya.

READ  Nigeria mengatakan itu menangguhkan Twitter beberapa hari setelah posting presiden dihapus

Dia juga menyatakan dukungan atas langkah pemerintah Antigua untuk menarik kewarganegaraan Chuxie. Chuksi, yang diberikan kewarganegaraan Antigua melalui program kewarganegaraan-oleh-investasi pada November 2017, saat ini menantang langkah pemerintah Antigua untuk mencabut kewarganegaraannya dan kasus kedua terkait dengan ekstradisi ke India.

Karena Choksi adalah warga negara ilegal Dominika, pemerintah India telah meminta deportasinya dari sana dengan alasan bahwa dia harus menghadapi pengadilan di India dan bahwa dia masih warga negara India.

Dalam sebuah pernyataan singkat yang dikeluarkan pada awal Juni, Skerrit menyebut Choksi sebagai “warga negara India” yang mencerminkan posisi New Delhi terhadap pengusaha itu. India berargumen bahwa permintaan Choksi untuk mencabut kewarganegaraan Indianya ditolak dan keputusan itu diberikan kepadanya ketika dia mengajukan permintaan tersebut.

Namun, pengacara Choksi berpendapat bahwa saat Choksi memperoleh kewarganegaraan Antigua pada November 2017, pengusaha tersebut berhenti menjadi warga negara India sesuai dengan hukum.

Pengusaha berusia 62 tahun, yang dituduh melakukan penipuan dengan keponakannya Nirav Modi, saat ini berada dalam tahanan pengadilan di Dominika setelah polisi di sana mendakwanya dengan “masuk secara tidak sah”.

Dia meminta pembebasannya dengan jaminan dari pengadilan Dominika dan meminta agar dia dikembalikan ke Antigua, di mana dia adalah warga negaranya.

Orang yang mengetahui perkembangan tersebut mengatakan kepada HT bahwa Choksi juga menyewa rumah di Dominika minggu lalu seharga $6.000 ( R4,4 lakh) per bulan dan dilaporkan ke Mahkamah Agung dalam upaya untuk meyakinkan pengadilan bahwa dia bukan pelarian risiko. Choksi meminta agar dia ditempatkan di bawah tahanan rumah daripada ditahan di penjara.