SINDOBatam

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Operasi Zebra Seligi 2019, Polresta Barelang Gelar Razia Malam Hari

  • Reporter:
  • Kamis, 31 Oktober 2019 | 14:31
  • Dibaca : 175 kali
Operasi Zebra Seligi 2019, Polresta Barelang Gelar Razia Malam Hari
Petugas Satlantas Polresta Barelang memeriksa kelengkapan berkendara pemilik mobil saat Operasi Zebra Seligi 2019 di depan Mapolresta Barelang, Selasa (29/10). f dicky sigit rakasiwi

BATAMKOTA – Satlantas Polresta Barelang menggelar pemeriksaan kelengkapan kendaraan bermotor di malam hari di Jalan Jendral Sudirman, tepatnya jalur lambat depan Mapolresta Barelang mulai pukul 19.30 hingga pukul 21.00. Razia ini memaksimalkan pelaksaan Operasi Zebra Seligi 2019 yang serentak digelar di seluruh Indonesia, dengan nama operasi yang berbeda di tiap daerah.

Kasat Lantas Polresta Barelang AKP Muchlis Nadjar memimpin langsung pemeriksaan kendaraan bermotor ini mulai dari surat kelengkapan berkendara, SIM, STNK hingga kelengkapan kendaraan bermotor mulai dari kaca spion hingga knalpot menjadi sasaran pemeriksaan. Di lokasi pemeriksaan, Satlantas Barelang menambah lampu tambahan di beberapa titik sehingga lokasi pemeriksaan terlihat sangat terang.

“Selain fokus dalam pemeriksaan kelengkapan kendaraan, saya juga menginstruksikan pada saat pemeriksaan apabila menemukan pengemudi yang mencurigakan, seperti dalam kondisi pengaruh alkohol dan atau narkoba,” ujarnya, Selasa (29/10).

Selain itu, juga dilakukan pemeriksaan tambahan terhadap barang bawaan mencurigakan yang ada pada kendaraan. Hasil pemeriksaan kali ini Satlantas Barelang mengamankan 117 barang bukti berupa kendaraan roda empat sebanyak 2 unit, kendaraan roda 2 sebanyak 34 unit, STNK sebanyak 54 lembar, SIM 27 lembar. “Pada pemeriksaan ini tidak ditemukan pengemudi yang mengemudi dalam pengaruh alkohol dan narkoba,” kata Muchlis.

2.247 Kendaraan Ditilang

Selama sepekan pelaksanaan Operasi Zebra Seligi 2019, Polda Kepri dan jajaran melakukan penindakan sebanyak 2.247 tilang. “Jumlah ini mengalami kenaikan 100 persen lebih jika dibandingkan pada Operasi Zebra 2018, yaitu sebanyak 1.101 tilang,” ujar Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol S Erlangga Rabu (30/10).

Sementara, untuk penindakan dengan teguran selama sepekan ini sebanyak 664 teguran, atau naik sebesar 34 persen dibandingkan dengan tahun 2018 sebanyak 497 teguran. Jumlah kecelakaan lalu lintas selama sepekan operasi sebanyak sembilan kejadian hal ini mengalami penurunan sebesar 18 persen, di mana pada tahun 2018 sebanyak 11 kejadian kecelakaan lalu lintas. Sedangkan jumlah korban meninggal dunia sebanyak empat orang mengalami kenaikan sebesar 100 persen jika dibandingkan tahun sebelumnya, yakni dua orang korban meninggal dunia.

Selama Operasi Zebra Seligi 2019, Polda Kepri dan jajaran tidak hanya melaksanakan penindakkan, namun juga melaksanakan kegiatan penyuluhan dan penerangan dalam berlalu lintas kepada masyarakat di Provinsi Kepri.

Erlangga menyampaikan, dengan meningkatkan data jumlah tilang pada tahun ini diimbau kepada masyarakat yang mengendarai kendaraan untuk selalu mematuhi aturan yang diberlakukan di jalan raya, demi keselamatan diri sendiri dan juga orang lain.

“Berlalu lintas dengan cara mematuhi aturan-aturan yang ada merupakan salah satu cara menghindari terjadinya kecelakaan,” katanya. dicky sigit rakasiwi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Theme Portal Berita TUX_URL.com