Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Outlook Pengelolaan Sampah Global 2024 |  Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Outlook Pengelolaan Sampah Global 2024 | Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa

Laporan tersebut, yang diterbitkan bersama dengan International Solid Waste Association (ISWA), memberikan informasi terkini mengenai timbulan sampah global, biaya dan pengelolaan sampah sejak tahun 2018. Analisis ini menggunakan Penilaian siklus hidup Untuk mengeksplorasi keuntungan dan kerugian yang mungkin didapat dunia dengan tetap menjalankan bisnis seperti biasa, mengambil tindakan setengah-setengah, atau berkomitmen penuh Tidak ada suara gemuruh Dan Masyarakat ekonomi melingkar. Laporan ini juga mengevaluasi tiga skenario potensial dalam pembentukan dan pengelolaan sampah kota, serta mengkaji dampaknya Masyarakatitu lingkungandan itu Ekonomi Internasional. Selain itu, ia menawarkan strategi potensial untuk mengurangi limbah dan meningkatkan pengelolaannya, mengikuti hierarki limbah, untuk memperlakukan semua bahan limbah sebagai sumber daya yang berharga.

Temuan Utama

Timbulnya sampah padat perkotaan diperkirakan akan meningkat dari 2,3 miliar ton pada tahun 2023 menjadi 3,8 miliar ton pada tahun 2050. Pada tahun 2020, biaya langsung pengelolaan sampah global diperkirakan mencapai US$252 miliar. Jika biaya tersembunyi berupa polusi, kesehatan yang buruk, dan perubahan iklim yang disebabkan oleh praktik pembuangan limbah yang buruk diperhitungkan, maka kerugian yang ditimbulkan akan meningkat menjadi US$361 miliar. Tanpa tindakan segera dalam pengelolaan sampah, pada tahun 2050, biaya tahunan global ini bisa mencapai dua kali lipat hingga mencapai US$640,3 miliar.

Model laporan menunjukkan bahwa pengendalian limbah melalui tindakan pencegahan dan pengelolaan limbah dapat mengurangi biaya tahunan bersih pada tahun 2050 menjadi US$270,2 miliar. Namun, proyeksi menunjukkan bahwa model ekonomi sirkular, dimana timbulan sampah dipisahkan dari pertumbuhan ekonomi melalui penerapan penghindaran sampah, praktik bisnis berkelanjutan, dan pengelolaan sampah total, sebenarnya dapat menghasilkan keuntungan bersih sebesar US$108,5 miliar per tahun.

READ  Peringatan China Terhadap Kritik Taiwan: Konsekuensi Serius

Kita harus bertindak sekarang untuk menghindari skenario terburuk. Laporan ini memberikan panduan dan saran tindakan bagi bank pembangunan multinasional, pemerintah pusat, pemerintah kota, produsen, pengecer, sektor pengelolaan limbah, serta masyarakat.