Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pajak rejeki nomplok Inggris akan mengumpulkan $6,3 miliar untuk perusahaan minyak dan gas


London
Bisnis CNN

Pemerintah Inggris mengenakan pajak £5 miliar ($6,3 miliar) atas keuntungan nomploknya Perusahaan minyak dan gastunduk pada tekanan para aktivis untuk mengumpulkan uang guna membantu jutaan orang yang paling menderita krisis biaya hidup dalam beberapa dekade.

Menteri Keuangan Rishi Sunak telah mengumumkan pajak 25% baru atas keuntungan produsen energi seperti BP

(BB)
lumpuh

(RDSA)
Kamis. Dia mengatakan, pajak akan dihapuskan setelah harga minyak dan gas kembali normal.

“Sektor minyak dan gas menghasilkan keuntungan luar biasa bukan sebagai akibat dari perubahan terkini, pengambilan risiko, inovasi atau efisiensi, tetapi sebagai akibat dari kenaikan harga komoditas global,” kata Sunak dalam pidatonya di depan parlemen.

Pajak tersebut akan membantu mendanai paket manfaat baru senilai sekitar 15 miliar pound ($19 miliar). Sunak mengatakan pemerintah akan memberikan pembayaran langsung satu kali kepada jutaan keluarga paling rentan di negara itu. Sekitar delapan juta keluarga berpenghasilan rendah akan menerima £650 dalam dua pembayaran akhir tahun ini, sementara delapan juta pensiunan lainnya akan menerima £300.

Perusahaan, termasuk BP dan Shell, menghasilkan $32 miliar dolar tahun lalu di balik kenaikan global Harga minyak dan gas alam. Invasi Rusia ke Ukraina pada Februari mengirim harga lebih tinggi karena kekhawatiran bahwa konflik dapat menyebabkan kekurangan energi.

Keluarga sangat terpukul. Pada hari Selasa, kepala Otoritas Pengatur Energi Inggris mengatakan dia memperkirakan tagihan tahunan untuk jutaan rumah tangga melonjak 40% menjadi sekitar £2.800 ($3.500) mulai Oktober. Ini hanya enam bulan setelah regulator menaikkan harga plafon – Jumlah maksimum pemasok yang diizinkan untuk membebankan pelanggan per unit energi – sebesar 54%, peningkatan terbesar sejak mulai menetapkan harga lima tahun lalu.

READ  Delta variabel melonjak 33.630 dalam seminggu, membuat hampir semua kasus Covid di Inggris

Tagihan energi yang meroket telah menyebabkan kenaikan harga di berbagai sektor ekonomi. Pada bulan April, inflasi harga konsumen Inggris mencapai 9% – level tertinggi dalam 40 tahun. Karena upah gagal mengimbangi kenaikan biaya makanan dan bahan bakar, standar hidup telah jatuh ke level terendah sejak 1950-an, menurut Kantor Tanggung Jawab Anggaran Inggris.

Pada bulan Februari, Sunak .menghadirkan Sedikit melegakan, karena ia menawarkan tagihan energi sebesar £200 kepada keluarga mulai Oktober, yang akan dicicil selama beberapa tahun ke depan. Pada hari Kamis, Sunak menggandakan diskon dan mengatakan tidak perlu mendapatkan apa pun kembali.

“Dukungan ini sekarang benar-benar hibah,” katanya.

Itu waktu keuangan Dilaporkan awal pekan ini bahwa pemerintah juga akan menargetkan keuntungan bemper dari perusahaan pembangkit listrik besar seperti EDF (ECIFY) dan RW (Roy). Namun Sunak mengatakan kementeriannya membutuhkan lebih banyak waktu untuk membuat rencana untuk sektor kelistrikan.

Aktivis anti-kemiskinan menyambut baik tindakan Kamis.

“Kanselir telah dengan jelas mendengar kekhawatiran bahwa dukungan bagi mereka yang berjuang dengan kemiskinan bahan bakar harus tersebar luas, tetapi juga difokuskan pada yang paling rentan,” Simon Francis, koordinator Koalisi untuk Mengakhiri Kemiskinan Bahan Bakar, mengatakan kepada CNN Business.

Francis menambahkan bahwa sementara langkah-langkah baru akan “menghilangkan sengatan” dari kenaikan harga energi baru-baru ini, orang-orang yang berjuang dengan kemiskinan bahan bakar membutuhkan lebih banyak kepastian bahwa dukungan akan tersedia dalam jangka menengah.

Mark Thompson berkontribusi pelaporan.