Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pakistan menderita pemadaman besar-besaran: Inilah yang terjadi

Listrik terputus di seluruh Pakistan pada Senin pagi (23 Januari) setelah jaringan nasionalnya mati. Laporan media mengatakan aliran listrik padam di semua kota besar termasuk Karachi, Islamabad, Lahore dan Peshawar.

Apa yang terjadi?

Kementerian energi Pakistan men-tweet bahwa pada pukul 7.34 pagi (tak lama setelah pukul 08.00 di India) terjadi “kehancuran yang meluas” di jaringan listrik. Menurut laporan awal, frekuensi sistem jaringan nasional turun pada pukul 7:34 pagi ini. Terjadi kerusakan yang meluas pada sistem tenaga listrik. “Pekerjaan pemeliharaan sistem mengalami kemajuan pesat,” kata tweet itu, menurut terjemahan Google dari bahasa Urdu.

Menteri Energi Kurum Dastagir mengatakan kepada Geo TV bahwa perbedaan frekuensi dilaporkan terjadi di bagian selatan negara itu antara kota Jamsuru dan Dadu ketika sistem dihidupkan pada Senin pagi, menurut laporan Reuters.

“Ada fluktuasi voltase dan satu per satu sistem dimatikan,” kata Destager.

Seberapa buruk?

Menurut Dastagir, “ini bukan krisis besar”, dan beberapa jaringan di negara tersebut telah dipulihkan. “Saya dapat meyakinkan Anda bahwa listrik akan pulih sepenuhnya di seluruh negeri dalam 12 jam ke depan,” kata Dawn mengutip menteri tersebut.

Departemen Energi tweeted tengah pagi bahwa “Pemulihan stasiun jaringan telah dimulai dari Warsak dan Islamabad dalam satu jam terakhir. Sejumlah jaringan Perusahaan Ply dan Perusahaan Pasokan Peshawar telah dipulihkan.”

Siapa yang terpengaruh?

DawnNewsTV melaporkan pemadaman di sebagian besar Pakistan, termasuk Islamabad, Karachi, Quetta, Peshawar dan Lahore. K-listrik yang berbasis di Karachi mengatakan kerusakan nasional telah memengaruhi pasokan listrik Karachi, tetapi pekerjaan restorasi sedang berlangsung.

Dawn melaporkan bahwa tiga saluran transmisi telah gagal berfungsi di Balochistan, mengutip juru bicara Perusahaan Pemasok Listrik Quetta. “Hal ini menyebabkan pemadaman listrik besar-besaran di Balochistan,” kata juru bicara Mohammad Afzal.

READ  India akan menghadapi biaya yang signifikan jika selaras dengan Rusia, kata AS | Berita India

Seorang juru bicara Perusahaan Listrik Islamabad mengatakan 117 stasiun jaringan dibom di ibu kota. “Pemeliharaan sistem dipantau langsung dari ruang kontrol pusat dan daya dipulihkan secara bertahap untuk melindungi sistem dari kerusakan,” kata juru bicara Dawn.

Apa status umum kekuasaan di Pakistan?

Pakistan telah menghadapi kekurangan energi yang meluas untuk waktu yang lama, dan skenario terburuk memperkirakan bahwa krisis akan berlangsung setidaknya selama beberapa tahun. Musim panas 2022 menyaksikan krisis memuncak, dengan pemadaman listrik yang berkepanjangan di seluruh negeri. The Daily Times melaporkan pada awal Juni bahwa Karachi mengalami pemadaman listrik hingga 15 jam, sementara Lahore mengalami pemadaman listrik selama sekitar 12 jam.

Selama beberapa dekade, investasi di sektor energi tetap datar atau menurun sebagai persentase dari PDB Pakistan. Sebagian besar pembangkit listrik di negara itu menggunakan bahan bakar impor, dan guncangan pasokan global disebabkan oleh masuknya air Ukraina Lonjakan permintaan setelah pandemi memukul mereka dengan keras. Biaya impor energi Pakistan telah dibatasi karena harga bahan bakar melonjak dan rupee Pakistan jatuh terhadap dolar yang lebih kuat.