Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pakistan yang dilanda krisis mengambil langkah sulit untuk mendapatkan dana talangan dari Dana Moneter Internasional

Pakistan yang dilanda krisis mengambil langkah sulit untuk mendapatkan dana talangan dari Dana Moneter Internasional

Tindakan Pakistan untuk melonggarkan cengkeramannya pada mata uang dan menaikkan harga bahan bakar menunjukkan negara yang diperangi itu akhirnya membuat keputusan tidak populer yang diperlukan untuk mengamankan dana talangan $6,5 miliar dari Dana Moneter Internasional.

Rupee jatuh serendah 270 terhadap dolar pada hari Senin, menurut meja valuta asing AKD Securities Ltd. , karena pihak berwenang mengizinkan mata uang ditentukan lebih lanjut oleh pasar, yang merupakan salah satu prasyarat IMF untuk memperoleh pinjaman. Pemerintah juga menaikkan harga bensin ke rekor tertinggi selama akhir pekan, menjelang tim Dana Moneter Internasional tiba pada hari Selasa untuk meninjau pinjaman setelah berbulan-bulan penundaan selama tahap pinjaman berikutnya.

qsc3b0es

Krisis Pakistan semakin dalam di tengah kekurangan dolar dan percepatan inflasi, menambah urgensi Perdana Menteri Shehbaz Sharif untuk mengamankan dana dari Dana Moneter Internasional. Negara ini sangat membutuhkan dana karena cadangannya turun menjadi $3,7 miliar, kurang dari nilai impor sebulan.

“Pakistan serius dengan program IMF dengan membuat keputusan ini meskipun kita berada di tahun pemilu,” kata Sulaiman Rafiq Minya, Kepala Penasihat di Vector Securities Pvt. “Itu semua tergantung pada kunjungan tim IMF dan reaksi mereka. Langkah-langkah ini sangat menyakitkan dan memiliki biaya politik yang sangat besar.”

Sharif mengatakan pemerintah koalisinya bertekad untuk menyelesaikan bailout setelah penundaan dalam pelaksanaan keputusan penting, meskipun itu berarti harus membayar biaya politik hanya beberapa bulan setelah pemilihan nasional. Tugas sulit menunggu manajer ekonomi negara yang dipimpin oleh Menteri Keuangan Isaac Dar, yang perlu meyakinkan Dana Moneter Internasional bahwa negara siap menerapkan langkah-langkah keras lainnya, termasuk menaikkan pajak dan harga gas.

Pasar perbatasan yang mencari pembiayaan dari Dana Moneter Internasional menghadapi tekanan yang lebih besar untuk melonggarkan cengkeraman mereka pada mata uang, yang akan membantu meningkatkan saldo rekening mereka saat ini. Bulan ini, Mesir mengalami devaluasi ketiga dalam waktu kurang dari setahun. Perhitungan oleh Bloomberg Economics menunjukkan bahwa rupee harus stabil pada 266 per dolar, menurut catatan pada hari Senin dari Ankur Shukla, seorang analis di Mumbai.

READ  Presiden Rajapaksa mengatakan dia akan mengundurkan diri pada hari Rabu: Kantor Perdana Menteri Sri Lanka

Di Pakistan, jatuhnya rupee bulan ini disebabkan oleh keputusan perusahaan bursa untuk membatalkan kurs maksimum rupee terhadap dolar di pasar terbuka. Pasokan dolar telah mengering di antara rumah pertukaran pedalaman karena penduduk setempat beralih ke pasar gelap, di mana mata uang AS telah dijual 10% di atas harga yang diiklankan.

Video unggulan hari ini

“Bersyukur atas kecintaan masyarakat terhadap Pathan,” kata SRK