Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Panas di Vietnam memecahkan rekor sebelumnya

Panas di Vietnam memecahkan rekor sebelumnya

Rekor suhu 44,1 derajat Celcius diukur pada Sabtu sore

Hanoi:

Para pejabat mengatakan Vietnam mencetak rekor suhu tertinggi pada Sabtu malam dengan stasiun cuaca di utara-tengah mencapai 44,1 derajat Celcius (111,38 derajat Fahrenheit), memecahkan rekor tertinggi sebelumnya pada 2019.

Asia Selatan yang terik berada di bawah gelombang panas hampir sepanjang April, dengan negara-negara tetangga juga mencatat rekor suhu.

Cuaca di Vietnam bervariasi dari utara ke selatan, tetapi seluruh negara sekarang memasuki bulan-bulan musim panas terpanas.

Rekor suhu 44,1 derajat Celcius diukur pada Sabtu sore di Stasiun Pedalaman Hoi Xuan di pusat utara Provinsi Thanh Hoa, kata Pusat Peramalan Hidrometeorologi Nasional.

Angka tersebut memecahkan rekor tertinggi sebelumnya di negara itu sebesar 43,4°C, yang tercatat pada 20 April 2019, di Distrik Huong Khe di Provinsi Ha Tinh tengah.

“Ini adalah rekor yang mengkhawatirkan dalam konteks perubahan iklim dan pemanasan global,” kata ahli perubahan iklim Nguyen Ngoc Huy kepada AFP dari ibu kota, Hanoi.

“Saya pikir rekor ini akan diulang berkali-kali,” katanya.

“Ini menegaskan bahwa model iklim ekstrem telah divalidasi.”

Para ilmuwan mengatakan pemanasan global memperburuk cuaca buruk, dengan laporan baru-baru ini oleh Panel Antarpemerintah tentang Perubahan Iklim PBB memperingatkan bahwa “setiap peningkatan pemanasan global akan mengintensifkan banyak risiko secara bersamaan.”

(Cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan dihasilkan secara otomatis dari umpan sindikasi.)

READ  Trump menjanjikan 'makanan untuk semua orang' di restoran Miami, lalu pergi tanpa membayar: lapor