Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Panduan untuk melindungi mata Anda

Panduan untuk melindungi mata Anda

Untuk melihat pemandangan dengan aman, Anda dapat memakai kacamata khusus atau membuat proyektor lubang jarum. Namun jangan mencoba melihat gerhana melalui kacamata hitam biasa atau menggunakan alat seperti teleskop untuk melihatnya – meskipun mengenakan kacamata yang sesuai – kecuali dilengkapi dengan filter khusus.

Inilah yang perlu Anda ketahui.

Bagaimana menemukan kacamata gerhana yang tepat

Kacamata yang dirancang khusus untuk melihat matahari memberikan satu-satunya cara aman untuk melihat gerhana secara langsung.

“Kacamata gerhana sangat penting untuk mencegah cedera fototermal pada retina, dan bukan sembarang kacamata lama – kacamata tersebut harus berupa kacamata gerhana dengan filter ISO 12312-2,” kata Dr. Nicole Bajek, dokter mata komprehensif di Cleveland Clinic Cole. Institut Mata.

Kacamata “ribuan kali lebih gelap” dibandingkan kacamata hitam, Menurut NASA.

Tanpa tindakan pencegahan ini, melihat gerhana dapat menyebabkan kerusakan mata permanen.

“Ini disebut retinopati matahari, yaitu kerusakan pada sel yang sangat sensitif dan kompleks yang membentuk retina, yaitu lapisan di bagian belakang mata, dan itulah yang mengubah cahaya menjadi sinyal listrik sehingga kita dapat melihat apa yang kita lihat. ” kata Bajek. “Dan ketika jaringan tersebut mengalami kerusakan akibat sinar matahari, kita akan mengalami penurunan penglihatan dan titik buta di bagian tengah penglihatan kita.”

Kapan dan bagaimana memakai kacamata Anda

Satu-satunya saat yang aman untuk melihat gerhana dengan mata telanjang adalah “saat Bulan sepenuhnya mengaburkan permukaan terbit Matahari – selama periode singkat dan menakjubkan yang dikenal sebagai totalitas,” menurut NASA, yang menambahkan: “Anda akan tahu itu aman.” Ketika Anda tidak dapat lagi melihat bagian mana pun dari Matahari melalui kacamata gerhana atau alat penampil matahari.

READ  Gel KB pria menunjukkan hasil yang menjanjikan dalam uji klinis tahap awal

Akan menjadi jelas kapan totalitas akan tercapai, kata Chris Hartenstein, petugas keterlibatan publik di Glenn Research Center NASA di Cleveland, Ohio.

“Saat Anda memakai kacamata gerhana dan melihat matahari, Anda akan melihat, bahkan pada bagian terkecil sekalipun, pancaran sinar matahari di tepi piringan itu,” katanya. “Setelah semuanya selesai, beri diri Anda beberapa detik lagi dan kemudian Anda bisa melepasnya.”

Gerhana total akan berlangsung sekitar tiga setengah hingga empat menit, tergantung lokasi. Menurut NASA.

Mereka yang melihat gerhana sebagian harus selalu memakai kacamata gerhana.

Kacamata saja tidak cukup bagi orang yang ingin menggunakan alat seperti teropong atau kamera.

“Melihat bagian mana pun dari sinar matahari yang cerah melalui lensa kamera, teropong, atau teleskop tanpa filter surya khusus yang dipasang di bagian depan optik akan segera mengakibatkan cedera mata yang serius.” NASA memperingatkan.

Bagaimana memastikan kacamata Anda aman

NASA tidak menyetujui merek proyektor surya tertentu, namun menyatakan bahwa mereka menyetujuinya Daftar Persatuan Astronomi Amerika Ini adalah pilihan yang aman dan merekomendasikan untuk menghindari pasar online tempat penjual pihak ketiga dapat menjual produk palsu atau salah penanganan. masyarakat Dia memperingatkan minggu lalu Kacamata palsu dan palsu “mencemari pasar”.

“Lebih sedikit tangan yang perlu bertukar tempat antara waktu produksi dan waktu produk sampai ke tangan Anda akan membantu meningkatkan peluang Anda untuk tidak mendapatkan produk berkualitas rendah atau kurang diinginkan,” kata Hartenstein. .

Menggunakan kembali kacamata pengamat gerhana juga bisa menjadi pilihan jika Anda salah satu dari jutaan orang yang menyaksikan gerhana matahari tahun 2017 dan tetap menjaga kacamata tersebut.

“Filter dan lensa sebenarnya masih bagus tanpa batas waktu,” kata Hartenstein, meskipun ia menambahkan bahwa Anda harus memastikan lensa tidak rusak, termasuk tergores, berlubang, atau kusut.

READ  ULA Mengirim Bagian Atas Vulcan Kembali ke Pabrik untuk Lebih Banyak Pekerjaan - Ars Technica

“Jika Anda tidak yakin, beli saja yang baru. Tapi tanggal kadaluarsa, hanya karena tercetak di kacamata, tidak relevan dengan bahan filter surya standar ISO,” kata Hartenstein.

Cara membuat dan menggunakan proyektor lubang jarum

Jika Anda tidak bisa menemukan kacamata yang tepat, Anda bisa menikmati gerhana Tanpa melihat secara langsung di dalamnya Buatlah proyektor lubang jarum.

Perangkat ini bekerja dengan membiarkan sinar matahari masuk melalui lubang kecil, memfokuskannya dan memproyeksikannya ke selembar kertas, dinding, atau permukaan lain untuk menghasilkan gambar matahari yang dapat dilihat dengan aman.

Untuk membuat proyektor, potong persegi atau persegi panjang berukuran 1 hingga 2 inci dari tengah selembar kertas putih biasa atau karton putih. Rekatkan selembar aluminium foil pada bentuk potongan ini, lalu gunakan peniti atau paku payung untuk membuat lubang kecil pada foil tersebut. Gunakan selembar kertas putih atau karton kedua sebagai layar tempat gambar yang diproyeksikan akan muncul.

Untuk menggunakan proyektor, letakkan layar kertas di lantai, berdirilah dengan sinar matahari di belakang Anda, dan pegang perangkat Anda dengan foil menghadap ke atas. Pastikan untuk hanya melihat gambar gerhana yang diproyeksikan, bukan melihat matahari. Menyesuaikan jarak Anda memegang proyektor dari layar akan mengubah ukuran gambar yang dihasilkan.

Saringan atau barang rumah tangga lainnya yang berlubang kecil dapat digunakan dengan cara yang sama, dan tampilan yang lebih kokoh dapat dibuat menggunakan kotak sereal.

Lebih sederhana lagi: Temukan pohon yang rindang dan lihat tanah di bawahnya—Anda mungkin akan melihat bayangan berbentuk bulan sabit.