Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Panglima militer Afghanistan menunda kunjungan ke India karena serangan Taliban | berita terbaru india

Kedutaan Afghanistan mengatakan pada hari Senin bahwa panglima tentara Afghanistan Wali Muhammad Ahmadzai telah menunda kunjungan ke India minggu ini karena serangan Taliban di Afghanistan.

Meskipun kunjungan itu telah dijadwalkan selama beberapa bulan, itu akan bertepatan dengan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Anthony Blinken ke New Delhi. Ahmadzai, yang ditunjuk bulan lalu sebagai bagian dari reorganisasi eselon atas sistem keamanan Afghanistan, akan berada di India pada 27-30 Juli.

Kedutaan Afghanistan mengatakan kunjungan itu ditunda karena “intensitas perang dan peningkatan ofensif dan ofensif Taliban” di Afghanistan, tanpa menjelaskan lebih lanjut.

Ahmadzai dijadwalkan mengadakan pembicaraan dengan timpalannya dari India Jenderal MM Naravani, dan bertemu dengan Penasihat Keamanan Nasional Ajit Doval dan pejabat keamanan senior lainnya. Ia juga dijadwalkan melakukan perjalanan ke Pune untuk bertemu dengan mahasiswa Afghanistan yang sedang menjalani pelatihan di berbagai institusi.

Baca juga | Warga mengatakan Taliban membunuh 43 orang di Ghazni, Afghanistan

Kunjungan tersebut untuk memberikan kesempatan bagi kedua belah pihak untuk mengadakan konsultasi mengenai situasi keamanan di Afghanistan dengan latar belakang kampanye Taliban untuk merebut wilayah dan penyeberangan perbatasan penting dengan negara lain.

Pertempuran sengit telah dilaporkan dari berbagai bagian Afghanistan ketika pasukan Afghanistan berusaha untuk merebut kembali daerah-daerah dan pusat-pusat penting yang direbut oleh Taliban dalam kampanye yang bertepatan dengan penarikan cepat pasukan AS dan NATO. Amerika Serikat baru-baru ini melakukan serangan udara untuk memperlambat kemajuan Taliban.

India memainkan peran utama dalam pelatihan personel militer Afghanistan – sekitar 300 taruna militer saat ini berlatih di negara itu – dan juga membantu dalam perawatan medis personel militer Afghanistan yang terluka, beberapa di antaranya dirawat di rumah sakit di seluruh negeri.

READ  Ghee, tepung terigu, dan gula menjadi lebih mahal di Pakistan setelah kenaikan harga bensin | berita Dunia

Bagi India, masalah keamanan utama adalah kehadiran lebih dari 7.000 teroris Pakistan di Afghanistan dari kelompok-kelompok seperti Lashkar-e-Taiba dan Jaish-e-Mohammed. Para pejuang ini bertempur bersama Taliban di banyak daerah.