Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Para astronom telah menemukan sebuah planet baru yang kemungkinan besar akan segera tertutup air.

Para astronom telah menemukan sebuah planet baru yang kemungkinan besar akan segera tertutup air.

Para astronom baru-baru ini menemukan sebuah planet ekstrasurya yang mungkin merupakan planet pertama yang tertutup air.

TOI-1452 b adalah planet ekstrasurya yang sedikit lebih besar dan lebih masif dari Bumi sekitar 100 tahun cahaya dari rumah kita di konstelasi Draco. di kertas Diposting Rabu di Jurnal Astronomipara peneliti dari Universitas Montreal telah menentukan bahwa massa planet menunjukkan bahwa sebagian besar terdiri dari sesuatu yang kurang padat daripada batu, tetapi lebih padat daripada gas – kemungkinan tanda lautan global.

“TOI-1452 b adalah salah satu kandidat terbaik untuk planet samudra yang telah kami temukan sejauh ini,” mahasiswa PhD dalam astrofisika di University of Montreal Charles Kedio Dia mengatakan dalam sebuah pernyataan. Jari-jari dan massanya menunjukkan kepadatan yang jauh lebih rendah daripada yang diperkirakan untuk planet yang terutama terdiri dari logam dan batu, seperti Bumi.

TOI-1452 b pertama kali menjadi perhatian para astronom oleh NASA Transiting Exoplanet Survey Satellite, atau pesawat ruang angkasa Tess, yang mempelajari bintang-bintang jauh untuk mencari indikasi penurunan cahaya dari sebuah planet ekstrasurya yang lewat di depannya, bintang transit. Data Tess menunjukkan adanya exoplanet, tetapi pengamatannya tidak definitif.

Orbit bintang TOI-1452 b adalah bagian dari sistem bintang biner, dan Tess tidak memiliki kemampuan untuk menyelesaikan bintang individu dalam sistem ini. Namun, observatorium observatorium universitas di Mont Magnetic (OMM), dikombinasikan dengan metode analisis baru, dapat mengkonfirmasi keberadaan TOI-1452 b.

“OMM telah memainkan peran penting dalam mengkonfirmasi sifat sinyal ini dan memperkirakan radius planet ini,” kata Cadio. “Ini bukan pemeriksaan rutin. Kami harus memastikan bahwa sinyal yang terdeteksi oleh TESS memang disebabkan oleh planet ekstrasurya yang mengorbit TOI-1452, dua bintang terbesar dalam sistem biner itu.”

READ  Makan 400 kalori sehari dari makanan ini dapat meningkatkan risiko demensia lebih dari 20%.

Kemudian sebuah instrumen yang dipasang pada teleskop Kanada, Prancis dan Hawaii di Hawaii mengukur massa planet tersebut.

Tidak seperti Bumi, planet yang sebagian besar berbatu dan mineral dengan air yang menutupi sekitar 70% permukaannya, TOI-1452 b tampaknya sebagian besar, tetapi tidak seluruhnya, terdiri dari air, dengan sekitar 30% massanya berasal dari cairan. Ini adalah jenis lautan global dalam yang lebih dekat ke perairan dalam yang diperkirakan berada di bawah kerak es bulan Saturnus Enceladus daripada lautan di Bumi; Air membuat kurang dari 1% dari massa planet kita.

Exoplanet terletak di luar tata surya kita.

Masih belum pasti bahwa TOI-1452 b adalah dunia lautan, dan apa artinya itu bagi peluang menemukan kehidupan asing di perairannya, tetapi para peneliti mencatat bahwa Teleskop Luar Angkasa James Webb akan segera dapat membantu memecahkan misteri aneh ini. dunia air baru.