Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Para astronom terkejut ketika sebuah lubang hitam “bersendawa” sebuah bintang

Para astronom terkejut ketika sebuah lubang hitam “bersendawa” sebuah bintang

Para astronom tercengang ketika a Lubang hitam Bersendawa bintang yang mengonsumsinya tiga tahun lalu, menurut sebuah studi baru yang menganalisis peristiwa galaksi.

Studi ini diterbitkan dalam Astrophysical Journal pekan lalu yang merinci bagaimana para ilmuwan melihat lubang hitam menelan bintang kecil yang terletak 665 juta tahun cahaya dari Bumi. Namun, pada Juni 2021, lubang hitam itu sendiri mulai mengeluarkan material yang sedang berjalan kecepatan cahaya.

“Ini benar-benar mengejutkan kami—tidak ada yang pernah melihat hal seperti ini sebelumnya,” kata Yvette Sindez, rekan penulis studi dan rekan peneliti di Center for Astrophysics. Harvard dan Smithsonian.

“Seolah-olah lubang hitam ini tiba-tiba mulai menyemburkan banyak material dari bintang yang memakannya bertahun-tahun lalu,” tambah Sindis.

Gambar yang menakjubkan dari Hunter Moon di seluruh dunia

Data di Very Large Array di New Mexico memberi tahu para peneliti bahwa lubang hitam telah muncul kembali, tetapi tim tidak tahu mengapa aliran keluarnya tertunda selama tiga tahun. Sendes membandingkan aktivitas lubang hitam dengan “bersendawa” setelah makan.

“Ini adalah pertama kalinya kami melihat penundaan yang begitu lama antara pemberian makan dan aliran keluar,” kata Ido Berger, rekan penulis studi lainnya. “Langkah selanjutnya adalah mengeksplorasi apakah ini sebenarnya terjadi lebih teratur, dan kami belum melihat TDE cukup terlambat dalam perkembangannya.”

Jejak Steroid Rusak Lebih Dari 6.000 Mil Panjang

TDE berarti Peristiwa turbulensi pasang surut Ini menggambarkan proses di mana sebuah bintang dikonsumsi oleh lubang hitam. Para peneliti, yang menjuluki lubang hitam “AT2018hyz,” mengumpulkan pengamatan menggunakan berbagai teknik, termasuk ALMA Observatory di Chili, MeerKAT di Afrika Selatan, Australian Telescope Compact Array di Australia, dan Chandra X-Ray Observatory.

READ  Game over dengan rover Mars Insight NASA?

Lubang hitam diperkirakan muncul dari sisa-sisa bintang mati yang masif. Area ini memiliki kemampuan untuk mengkonsumsi apa saja dan menarik semua zat, termasuk cahaya.

KLIK DI SINI UNTUK APLIKASI BERITA FOX