Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Para ilmuwan telah menemukan sebuah planet rahasia yang bersembunyi di tata surya kita

Para ilmuwan telah menemukan sebuah planet rahasia yang bersembunyi di tata surya kita

Ada delapan planet di tata surya kita – ditambah Pluto tua yang malang, yang diturunkan pangkatnya pada tahun 2006 – tetapi bagaimana jika ada lebih banyak lagi?

Ternyata hal ini mungkin terjadi. Para astronom memperkirakan ada 7% kemungkinan Bumi memiliki tetangga lain yang bersembunyi di Awan Oort, wilayah berbentuk bola es dan batu yang jaraknya puluhan ribu kali lebih jauh dari Matahari.

“Sangat masuk akal bahwa tata surya kita dapat menangkap planet awan Oort seperti itu,” kata Nathan Cape, salah satu penulis penelitian dan astronom di Planetary Science Institute.

Dunia tersembunyi seperti ini adalah “kelas planet yang pasti ada tetapi hanya mendapat sedikit perhatian” hingga saat ini, katanya.

Jika ada planet yang bersembunyi di Awan Oort, hampir pasti planet tersebut adalah raksasa es.

Planet besar seperti Jupiter dan Saturnus biasanya terlahir kembar. Namun, mereka mempunyai daya tarik yang sangat besar, dan terkadang membuat satu sama lain tidak stabil.

Hal ini bisa menyebabkan planet tersebut hilang seluruhnya dari tata surya, atau diasingkan ke tepi luarnya, tempat Awan Oort berada.

“Planet-planet yang tersisa memiliki orbit yang eksentrik, menyerupai bekas luka yang ditinggalkan oleh masa lalu yang penuh kekerasan,” kata penulis utama Sean Raymond, peneliti di Laboratorium Astrofisika Universitas Purdue.

Ini berarti bahwa planet awan Oort mungkin memiliki orbit yang sangat panjang, tidak seperti lingkaran mendekati sempurna yang diikuti Bumi mengelilingi matahari.

Masalahnya adalah ketika suatu objek berada sangat jauh, sangat sulit untuk mengenalinya. “Akan sangat sulit untuk dideteksi,” tambah Raymond.

“Jika ada planet seukuran Neptunus di awan Oort kita, kemungkinan besar kita belum menemukannya,” kata Malena Rice, astronom di MIT yang tidak terlibat dalam penelitian tersebut.

READ  Bumi menerima pesan sinar laser dari jarak 10 juta mil

“Anehnya, terkadang lebih mudah untuk mendeteksi planet yang berjarak ratusan tahun cahaya dibandingkan planet yang ada di halaman belakang rumah kita.”

Saatnya memecahkan teleskop.

berlangganan Ke buletin mingguan Indy100 gratis

Bagikan pendapat Anda di berita demokrasi kami. Klik ikon upvote di bagian atas halaman untuk membantu menaikkan peringkat artikel ini di indy100.