Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Para ilmuwan telah mengompres berlian untuk menghasilkan material yang lebih keras

Para ilmuwan telah mengompres berlian untuk menghasilkan material yang lebih keras

Berlian adalah salah satu bahan paling keras yang pernah diketahui manusia, namun para ahli percaya bahwa berlian dapat dihancurkan menjadi sesuatu yang lebih keras.

Batu permata adalah bahan alami yang tersusun dari kristal karbon. Itu ada di Bumi, dan penelitian bahkan menunjukkan bahwa “air mancur berlian” bisa saja muncul ke permukaan sebagai bagian dari peristiwa geologi besar.

Meskipun sebelumnya bahan ini dianggap sebagai salah satu bahan yang paling keras karena kisi tetrahedralnya, yaitu struktur partikel yang sangat tahan lama, para ahli telah menemukan cara untuk mengubahnya menjadi bahan yang lebih keras lagi.

Fisikawan dari Amerika Serikat dan Swedia telah menciptakan simulasi yang diyakini 30 persen lebih tahan terhadap tekanan dibandingkan berlian.

Para ahli menjalankan simulasi dinamika molekul kuantum yang tepat pada superkomputer, untuk menguji bagaimana berlian berperilaku di bawah tekanan dan suhu tinggi yang secara teoritis membuatnya tidak stabil.

Apakah ada cara untuk membuat berlian lebih keras?iStock

Temuan mereka mengungkapkan bagaimana rincian kondisi di mana atom karbon dalam berlian dapat didorong untuk menciptakan struktur yang tidak biasa.

Konfigurasi ini dikenal sebagai fase kubik berpusat pada tubuh dari delapan atom (BC8), dan telah diamati di Bumi hanya pada dua bahan lain – silikon dan germanium.

Di Bumi, fase karbon BC8 tidak terjadi secara alami, namun diperkirakan ada di luar angkasa dan di lingkungan bertekanan tinggi di dalam planet ekstrasurya.

“Struktur BC8 mempertahankan bentuk sempurna dari tetangga terdekat tetrahedral, tetapi tanpa bidang belahan seperti yang ditemukan pada struktur berlian,” jelas fisikawan John Eggert, dari Lawrence Livermore National Laboratory.

Meskipun teori tersebut masuk akal, namun upaya untuk merumuskannya secara nyata sejauh ini belum berhasil. Hal ini karena terdapat wilayah suhu dan tekanan yang sangat kecil di mana fase BC8 dapat terjadi dan rentang ini tidak diketahui.

READ  ''Dua kali ukuran Bumi''

“Kami berharap fase BC8 pasca-berlian akan dicapai secara eksperimental hanya dalam wilayah diagram fase karbon yang sempit, bertekanan tinggi, dan bersuhu tinggi,” jelas fisikawan Ivan Oleinik dari University of South Florida.

berlangganan Untuk buletin indy100 mingguan gratis kami

Cara bergabung dengan saluran WhatsApp gratis indy100

Bagikan pendapat Anda di berita demokrasi kami. Klik ikon upvote di bagian atas halaman untuk membantu menaikkan artikel ini ke indy100