Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pejabat AS mengkonfirmasi meteor antarbintang pertama yang diketahui menabrak Bumi pada tahun 2014

Pejabat AS mengkonfirmasi Rabu bahwa batu ruang kecil yang melakukan perjalanan melalui langit Papua Nugini pada tahun 2014 sebelum jatuh di lepas pantai timur laut sebenarnya meteor yang melakukan perjalanan dari tata surya lain.

Meteor, yang dikenal sebagai CNEOS 2014-01-08, jatuh pada 1 Januari. 8 Agustus 2014. Itu sebenarnya diidentifikasi sebagai meteor antarbintang dalam studi 2019 yang ditulis bersama oleh Amir Siraj, yang pada saat itu adalah seorang mahasiswa sarjana di Universitas Harvard, dan Abraham Loeb, seorang profesor sains di Harvard.

Tapi itu tidak dikonfirmasi sebagai meteor antarbintang sampai Komando Luar Angkasa AS merilis sebuah dokumen pada penemuan.

Dalam dokumen tersebut, US Space Force Lt. Jenderal John Shaw mengatakan para pejabat meninjau data tambahan terkait dengan temuan Siraj dan Loeb dan “mengkonfirmasi bahwa perkiraan kecepatan yang dilaporkan ke NASA cukup akurat untuk menunjukkan lintasan antarbintang.”

Siraj menulis tentang temuannya di a Artikel ilmiah Amerika diterbitkan pada hari Selasa.

“Entri CNEOS untuk bola api Pulau Manus 2014 menunjukkan meteor menghantam atmosfer bumi dengan kecepatan sekitar 45 kilometer per detik – sangat menjanjikan,” katanya.

“Namun, beberapa kecepatan ini berasal dari gerakan objek relatif terhadap Bumi dan gerakan Bumi mengelilingi matahari. Mengurai efek ini dengan bantuan program komputer yang saya tulis, saya menemukan bahwa objek telah menyusul Bumi dari belakang sebelumnya. menghantam atmosfer kita, dan kemungkinan memiliki kecepatan relatif matahari mendekati 60 kilometer per detik.”

Selama beberapa bulan berikutnya, Siraj dan Loeb bekerja untuk menerbitkan karya mereka di jurnal tetapi berulang kali mengalami kendala karena data mereka berasal dari database NASA yang tidak mengungkapkan informasi tertentu, seperti seberapa akurat pembacaannya.

READ  SpaceX untuk mendobrak batas pamungkas dalam penggunaan kembali dengan peluncuran Pertahanan Nasional

Itu berubah beberapa minggu yang lalu ketika mereka bisa mendapatkan konfirmasi dari Shaw.

CNEOS 2014-01-08 adalah meteor antarbintang pertama yang menabrak Bumi, tapi itu bukan satu-satunya. Meteor antarbintang Oumuamua ditemukan pada 2017, dan Borisov ditemukan pada 2018.