Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pejabat kesehatan: Covid-19 di China pada dasarnya sudah berakhir tetapi belum berakhir Berita dunia

Pejabat kesehatan: Covid-19 di China pada dasarnya sudah berakhir tetapi belum berakhir Berita dunia

Beijing: Pandemi COVID-19 “pada dasarnya sudah berakhir” di China, tetapi belum berakhir, kata seorang pejabat kesehatan senior pada hari Kamis, beberapa hari setelah kepemimpinan China mengumumkan “kemenangan yang menentukan” atas penyakit tersebut, menggambarkan kemenangan tersebut sebagai “keajaiban”. pada manusia. tanggal.

“Kalau dilihat dari karakteristik wabah itu sendiri, bisa dikatakan wabah pada dasarnya sudah berakhir, tapi belum bisa dikatakan benar-benar selesai. Penularan (penularan) saat ini belum Masih dalam keadaan sporadis dan lokal. menyebar.

“Setidaknya delapan kasus impor varian XBB.7.1 telah didiagnosis di China dengan satu kasus XBB.2.3 terkait lokal yang dihasilkan dari kasus impor, dan satu kasus impor juga telah ditemukan,” kata Chang Zhaorui, seorang peneliti di Departemen Komunikasi dan Pencegahan di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China mengatakan pada konferensi pers.

Pekan lalu, China mengumumkan “kemenangan yang menentukan” atas Covid-19, menyebutnya sebagai “keajaiban” dan mengklaim tingkat kematian terendah di dunia di tengah keraguan tentang berapa banyak yang benar-benar meninggal akibat infeksi tersebut.

Dua sekolah di Hangzhou, di provinsi Zhejiang timur, telah menangguhkan kelas setelah lebih dari selusin kasus Covid-19 dilaporkan pekan lalu.

Otoritas pengendalian epidemi Hangzhou mengatakan kepada media lokal bahwa 15 kasus Covid-19 telah dilaporkan dalam dua kategori tersebut. “Itu adalah eskalasi regional, seorang pejabat mengatakan itu adalah pertama kalinya semua yang dites positif terinfeksi virus, dan itu tidak menunjukkan gelombang baru,” lapor situs berita Sixth Tone.

READ  Filipina mengatakan tidak ada konfrontasi dengan Tiongkok setelah menghilangkan penghalang terapung di Laut Cina Selatan

“Penting untuk memperkuat pemantauan epidemi dan peringatan dini normal, melacak dan mempelajari dengan cermat mutasi dan penyebaran virus, dan meningkatkan kemampuan deteksi dini, penanganan dini, dan tanggap darurat epidemi,” kata Mi Feng, juru bicara NHC. , pada hari Kamis. , menurut surat kabar digital The Paper.

Menyatakan “kemenangan” atas penyakit tersebut, pemerintah China mengatakan pekan lalu: “…Tanggapan China terhadap Covid-19 mencapai transisi yang mulus dalam waktu yang relatif singkat, dengan lebih dari 200 juta orang mendapatkan akses ke layanan medis, dan hampir 800.000 kasus serius.” ditangani dengan tepat, dan tingkat kematian akibat Covid-19 di negara itu tetap yang terendah di dunia.”