Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Peluncuran dari California memulai hitungan mundur Senin hingga Atlas 5 pensiun – Spaceflight Now

Roket United Launch Alliance Atlas 5 menunggu peluncuran dari Vandenberg Space Force Base di California oleh satelit Landsat 9. Kredit: Alex Polimeni/Spaceflight Now

Peluncuran satelit pemantauan lingkungan Landsat hari Senin dari pantai tengah California akan menjadi peluncuran pertama roket United Launch Alliance Atlas 5 sejak perusahaan tersebut mengkonfirmasi akan ada 29 penerbangan lagi di Atlas 5 sebelum keluarga Atlas pensiun.

ULA menonaktifkan jalur rudal Atlas dan Delta dengan peluncuran rudal Vulcan Centaur baru perusahaan, yang akan melakukan penerbangan pertamanya tahun depan.

Roket Atlas 5 yang berdiri di landasan peluncuran di Pangkalan Angkatan Luar Angkasa Vandenberg, dijadwalkan diluncurkan Senin dengan satelit pengamatan Bumi Landsat 9, adalah salah satu dari 29 Atlas 5 yang tersisa dalam inventaris ULA. Jessica Ray, juru bicara ULA, mengkonfirmasi bulan lalu bahwa semua 29 model Atlas 5 telah dijual kepada pelanggan untuk peluncuran di masa mendatang.

ULA menerima pengiriman terakhir mesin RD-180 dari Rusia awal tahun ini. Mesin twin-nozzle RD-180, yang diproduksi di Rusia oleh NPO Energomash, menggerakkan tahap pertama setiap roket Atlas 5, menghasilkan sekitar 860.000 pon daya dorong dengan kecepatan penuh sambil mengonsumsi propelan minyak tanah dan oksigen cair.

Vulcan Centaur baru akan ditenagai oleh mesin utama kembar BE-4 buatan AS dari Blue Origin, perusahaan kedirgantaraan yang didirikan oleh miliarder Jeff Bezos. ULA mengatakan Vulcan Centaur akan memiliki kemampuan angkat yang lebih besar, menambah fleksibilitas misi, dan akan lebih murah untuk dioperasikan daripada keluarga rudal Atlas 5 dan Delta 4 saat ini.

Tiga rudal Delta 4 tetap terbang sesuai dengan jadwal ULA.

Misi Landsat 9 adalah yang terbaru dari serangkaian satelit lingkungan yang dikembangkan oleh NASA dan US Geological Survey. Misi baru ini dirancang untuk setidaknya lima tahun, untuk memperluas rekaman data gambar Bumi global yang tidak terputus sejak peluncuran satelit Landsat pertama pada tahun 1972.

Dikembangkan dengan biaya di bawah $750 juta, Landsat 9 adalah tiruan dari satelit Landsat 8 yang diluncurkan pada 2013. Pesawat ruang angkasa ini dibangun oleh Northrop Grumman dengan instrumen dari Ball Aerospace dan Pusat Penerbangan Luar Angkasa Goddard NASA.

Dengan dua satelit Landsat yang beroperasi secara bersamaan, konstelasi akan memantau semua permukaan bumi setiap delapan hari, mengembalikan gambar yang digunakan untuk melacak pertanian, hutan, perairan pesisir, dan pertumbuhan kota. Data Landsat juga banyak digunakan untuk memantau sumber air di Amerika Serikat bagian barat.

“Beri tahu kami tentang Tutupan vegetasi, tata guna lahan, garis pantai, dan Air permukaan saja untuk saya Kata benda kata Karen Saint-Germain, kepala ilmu Bumi di NASA. “Tapi kekuatan benar-benar dilepaskan ketika Kami mengumpulkan data dari Landsat dengan misi ilmu bumi lainnya. dapat memberitahu kami hanya tidak Apakah yang terjadi, tapi Juga mengapa. “

READ  Elon Musk menyumbangkan $ 50 juta ke Rumah Sakit St. Jude

Landsat adalah milik kita paling hemat “Misi geosains yang berpengaruh,” kata Saint-Germain.

Lepas landas dijadwalkan pada pukul 11:12 pagi PT (2:12 siang EDT; 1812 GMT) dari Space Launch Complex 3-East di Vandenberg, sebuah pangkalan militer yang terletak 140 mil (225 kilometer) barat laut Downtown Los Angeles.

Roket Atlas 5 yang dapat dibuang dalam konfigurasi dasar ULA “401” akan terbang dengan muatan tonase empat meter (13,8 kaki), tanpa pendorong roket padat, dan tahap atas Centaur dengan mesin RL10 berbahan bakar hidrogen tunggal.

Itu akan menjadi penerbangan ke-39 Atlas 5-401, dan ledakan ke-88 roket Atlas 5 sejak penerbangan perdananya pada Agustus 2002. Atlas 5 menempatkan muatannya ke orbit yang benar pada semua kecuali satu penerbangan, tetapi itu klien misi, National Reconnaissance Office, menganggap penerbangan itu sukses.

Atlas 5-401 adalah varian yang paling banyak digunakan dari rudal Atlas 5, tetapi hanya tiga dari Atlas 5 yang tersisa yang akan menggunakan konfigurasi ini, termasuk misi Landsat 9 hari Senin.

NASA dia punya Rekor hebat terbang di Atlas 5,” kata Tim Dunn, manajer peluncuran NASA untuk misi Landsat 9. “Kami meluncurkan 19” misi tentang ini Hebat Rudal, misi ke Pluto, Jupiter, dan Bulan Matahari, sabuk radiasi, dan lima pesawat luar angkasa yang berbeda Ke Mars.

“Kami pergi ke asteroid Bennu seperti Serta (meluncurkan) tiga satelit komunikasi TDRS dan dua “Satelit cuaca GOES menyelamatkan nyawa,” kata Dan pada konferensi pers pra-peluncuran. Landsat 9 akan menjadi yang ke-20 dari NASA tugas pada sistem Atlas 5.”

Peluncuran Landsat 9 akan menjadi peluncuran Atlas 5 ke-16 dari Vandenberg. Tetapi Atlas 5 tetap menjadi satu perangkat lagi pada jadwal ULA di pangkalan peluncuran Pantai Barat. Misi ini, yang dijadwalkan pada September 2022, akan mengerahkan satelit cuaca yang mengorbit kutub dan pelindung panas tiup eksperimental yang dikembangkan oleh NASA untuk melindungi pesawat ruang angkasa yang memasuki atmosfer planet, dari Bumi ke dunia lain di seluruh Tata Surya.

27 edisi Atlas 5 lainnya di ULA Books akan diluncurkan dari Cape Canaveral Space Force Station, Florida.

Satu “final” yang akan dicapai misi Senin adalah bahwa itu akan menjadi yang terakhir kalinya Atlas 5 diluncurkan pada siang hari dari Vandenberg. Satelit cuaca JPSS 2 NOAA diperkirakan akan diluncurkan September mendatang pada malam hari.

READ  Cadangan masker: Kesehatan Masyarakat Humboldt bergabung dengan 25 kabupaten lain untuk merekomendasikan menyembunyikan masker di dalam ruangan, terlepas dari status vaksinasi | Pos terdepan yang hilang di pantai

Untuk melengkapi statistik peluncuran Senin, itu akan menjadi penerbangan ke-300 roket Atlas dari Vandenberg, dan peluncuran total ke-2.000 dari pelabuhan antariksa California sejak 1958.

Awak bumi mengangkat satelit pengamatan Landsat 9 Earth selama pemrosesan pra-peluncuran di Vandenberg Space Force Base, California. Kredit: Sayap Luar Angkasa ke-30 USSF / Anthony Men

Rudal Vulcan Centaur pertama akan diluncurkan dari Cape Canaveral, tetapi ULA berencana untuk mengkonfigurasi ulang landasan peluncuran SLC-3E di Vandenberg untuk misi Vulcan akhir.

Vandenberg diposisikan dengan baik untuk peluncuran ke selatan untuk menargetkan orbit kutub dengan kemiringan tinggi. Orbit ini dioptimalkan untuk satelit pengamatan Bumi dan beberapa tugas komunikasi.

Klien utama ULA adalah pemerintah Amerika Serikat. Misi NASA, US Space Force dan National Reconnaissance Office telah mengambil bagian terbesar dari penerbangan Atlas 5 dan Delta 4, dan merupakan bagian terbesar dari penumpukan Vulcan Centaur juga.

Dibentuk pada tahun 2006 oleh penggabungan program Atlas 5 Lockheed Martin dan program Delta 4 Boeing, ULA menghadapi persaingan yang meningkat dari SpaceX di pasar peluncuran militer.

ULA telah menyelesaikan modifikasi untuk meluncurkan fasilitas di Cape Canaveral untuk rudal Vulcan Centaur. Penerbangan Vulcan akan lepas landas dari Space Launch Complex 41 di Cape, lokasi yang sama yang digunakan oleh rudal Atlas 5.

Atlas 5s akan terus terbang selama beberapa tahun lagi dari pantai luar angkasa Florida, bergantian posisi dalam jadwal peluncuran ULA dengan misi menggunakan peluncur Vulcan baru.

Peluncuran terakhir Vandenberg dari Atlas 5 tahun depan akan mengarah pada transisi ke program Vulcan.

“Kami memiliki dua misi tersisa dari West Coast Atlas 5, yaitu Landsat, dan kemudian tahun depan kami akan memiliki JPSS, setelah itu akan menjadi akhir dari operasi Atlas di West Coast,” kata Mark Beller, wakil presiden senior ULA. perkembangan.

“Karena konfigurasi unik fasilitas Pantai Barat, kami telah memilih untuk memodifikasinya sehingga modifikasi ini tidak kompatibel ke belakang,” kata Beller dalam wawancara baru-baru ini dengan Spaceflight Now. “Jadi begitu kami membuat keputusan untuk menyesuaikan Vulcan, kami tidak akan mempertahankan kemampuan untuk meluncurkan Atlas.”

ULA saat ini sedang merancang modifikasi papan yang akan diterapkan setelah peluncuran satelit cuaca JPSS 2 tahun depan.

“Beberapa pengangkatan berat seharusnya sudah terjadi setelah misi JPSS, jadi kami akan melepas bantalan secara agresif, menghabiskan sekitar satu tahun untuk melakukan modifikasi akhir, dan kami akan memiliki fasilitas repurposed di luar SLC-3 yang berfokus pada operasi Vulcan. ,” kata Beller.

READ  Para astronom menemukan apa yang bisa menjadi salah satu bintang tertua di alam semesta yang diketahui

Landasan peluncuran Atlas 5 di Vandenberg memiliki jembatan gantung yang memungkinkan kru darat untuk menumpuk bagian-bagian rudal di landasan peluncuran. Turret layanan bergerak menjauh pada jam-jam terakhir sebelum lepas landas, mengungkapkan rudal sebelum bahan bakar dingin dipompa ke atasnya.

Di Cape Canaveral, ULA menumpuk rudal Atlas 5 di dalam fasilitas integrasi vertikal tetap. Kemudian roket mengendarai konveyor yang bergerak ke landasan peluncuran.

Beller mengatakan lengkungan bergerak SLC-3E akan dimodifikasi untuk mengakomodasi diameter rudal Vulcan yang lebih lebar. Tetapi ULA tidak perlu menaikkan ketinggian lambung, yang ditingkatkan pada tahun 2000-an untuk memodernisasi papan misi Atlas 5.

Satelit Landsat 8 diluncurkan dari Vandenberg Air Force Base di California dengan menggunakan roket Atlas 5 dari United Launch Alliance pada 11 Februari 2013. Satelit Landsat 9 akan menggunakan jenis roket yang sama. Kredit: United Launch Alliance

Peluncuran Atlas 5 yang dijadwalkan Senin akan mendorong satelit Landsat 9 ke orbit lebih dari 414 mil (666 kilometer) di atas planet, memposisikan pesawat ruang angkasa untuk bergabung dengan pendahulunya yang hampir serupa yang disebut Landsat 8 yang mengumpulkan gambar harian permukaan bumi di seluruh dunia.

Mesin utama RD-180 akan menyala kembali kurang dari empat detik sebelum lepas landas, mencapai kekuatan penuh untuk mendorong Atlas 5 menjauh dari landasan peluncuran.

Atlas 5 akan menuju ke selatan melintasi Samudra Pasifik dan memecahkan penghalang suara di T+ plus 1 menit 20 detik. Tahap pertama perunggu akan ditutup dan dibuang setelah empat menit memasuki misi, membuka jalan bagi tahap atas Centaur untuk mengarahkan pesawat ruang angkasa Landsat 9 seberat 5.975 pon (2.710 kilogram) ke orbit.

Landsat 9 akan dikerahkan dari panggung atas Centaur pada T+ plus 1 jam 20 menit.

Setengah jam kemudian, tahap Centaur akan menyalakan mesin Aerojet Rocketdyne RL10 selama 10 detik untuk mulai bermanuver ke orbit rendah untuk memisahkan empat muatan CubeSat kecil.

Centaur Pembakaran centaur lain dari 10 detik di T+ ditambah 2 jam dan 10 menit akan bersaing dalam mod orbit, membuka jalan bagi peluncuran empat CubeSats — dua untuk NASA dan dua untuk Angkatan Darat AS — di T+ ditambah dua jam, 14 menit.

Pembakaran centaur keempat dan terakhir akan keluar dari panggung, bertujuan untuk kembali menghancurkan Samudra Pasifik.

Kirim email ke penulis.

Ikuti Stephen Clark di Twitter: penyematan tweet.