Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pemberian berikutnya dari dosis kedua Pfizer memberikan:

Sesuai anjuran, dosis kedua Pfizer/BioNTech harus diberikan setelah 3-4 minggu. Sebuah studi yang dilakukan oleh para spesialis di Oxford University di Inggris menunjukkan bahwa respon imun dalam bentuk antibodi penetralisir lebih banyak lebih baik ketika periode ini diperpanjang.

Jadi kapan sebaiknya memberikan dosis kedua? Di Inggris, pada awal Desember 2020, diusulkan untuk memperpanjang pemberian dosis kedua vaksin ini menjadi 12 minggu. Kemudian direkomendasikan bahwa periode ini dipersingkat menjadi 8 minggu. “Saya pikir periode delapan minggu adalah waktu yang optimal” – kata salah satu penulis utama studi tersebut, Prof. Susanna Donacci dari Oxford.

Spesialis Universitas Oxford memastikan bahwa karena durasi dosis kedua yang lama (lebih dari 3-4 minggu – red), tingkat antibodi penetralisir 2 kali lebih tinggi.

Antibodi penetralisir berperan penting dalam melindungi tubuh dari infeksi, dalam hal ini terhadap virus corona SARS-CoV-2. Namun, apa yang disebut respons seluler, yaitu, produksi limfosit T yang tepat bertanggung jawab, antara lain, untuk penghancuran sel yang terinfeksi mikroba.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh spesialis Inggris, ditemukan bahwa tingkat limfosit Tc (menghancurkan sel yang terinfeksi) 1,6 kali lebih rendah setelah dosis kedua vaksin Pfizer / BioNTech diberikan. Namun, itu adalah tingkat yang disebut sel-sel penolong yang bertanggung jawab atas respons kekebalan yang bertahan lama.

Penulis penelitian menekankan bahwa perlu untuk mengambil dua dosis karena satu dosis tidak memberikan perlindungan lengkap, terutama terhadap varian yang paling menular, Delta, yang tersebar luas di seluruh dunia. Keterlambatan pemberian dosis kedua berarti orang yang divaksinasi tidak sepenuhnya terlindungi untuk waktu yang lama, tetapi hasil akhirnya lebih baik.

Menurut data badan pemerintah Public Health England (PHE), Pfizer/BioNTech efektif dalam mengurangi risiko penyakit COVID-19 yang parah, rawat inap, dan kematian pada orang yang divaksinasi setelah dosis pertama.

READ  Kesalahan fatal dari administrator. Pengangguran mendapat hampir 800.000. Tunjangan Euro

Zbigniew Wojtasiński / PAP / Agata C.