Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pemberontak Yaman dan pemerintah menyelesaikan pertukaran tahanan – dunia

Pemberontak Yaman dan pemerintah menyelesaikan pertukaran tahanan – dunia

Pemberontak Yaman dan pasukan pemerintah membebaskan puluhan tahanan pada hari Minggu dalam pertukaran tiga hari terakhir dari hampir 900 tahanan, meningkatkan harapan untuk mengakhiri perang saudara yang telah berlangsung lama.

Komite Palang Merah Internasional mengatakan bahwa pesawat yang membawa tahanan lepas landas pada waktu yang sama dari ibu kota yang dikuasai pemberontak, Sana’a, dan Marib utara yang dikuasai pemerintah.

“Penerbangan pertama dari Marib dan penerbangan pertama dari Sana’a berangkat,” kata penasihat media ICRC, Jessica Mussan. Agen Pers Prancis….. “Empat puluh delapan mantan tahanan dalam penerbangan Marib-Sana’a, dan 42 orang dalam penerbangan Sana’a-Ma’rib.”

Tiga penerbangan lagi pada siang hari dijadwalkan untuk melengkapi kesepakatan yang dicapai di Swiss bulan lalu untuk menukar 181 tentara pemerintah dengan 706 pemberontak.

Bagian dari pertukaran itu, kata negosiator pemerintah Majid Fadil, empat jurnalis yang dijatuhi hukuman mati oleh Houthi yang didukung Iran.

Pemimpin politik pemberontak, Mahdi Al-Mashat, mengatakan bahwa putaran pembicaraan berikutnya dengan Arab Saudi, yang memimpin koalisi militer melawan Houthi, akan dimulai setelah liburan Idul Fitri yang diharapkan pada 21 April di Yaman. Saba lapor kantor berita itu.

Pembicaraan terbaru berakhir beberapa jam sebelum 318 tahanan dipindahkan dengan empat penerbangan pada Jumat antara Aden dan Sanaa yang dikendalikan pemerintah untuk menyatukan kembali para tahanan dengan keluarga mereka.

Pada hari Sabtu, 357 tahanan menaiki penerbangan antara kota Abha dan Sanaa, Arab Saudi. Orang-orang Saudi termasuk di antara tahanan yang dibebaskan.

Tidak diketahui berapa banyak tahanan yang masih dimiliki masing-masing pihak.

Houthi merebut Sanaa pada 2014, mendorong Arab Saudi untuk campur tangan pada tahun berikutnya. Ratusan ribu orang tewas dalam konflik yang menyebabkan krisis kemanusiaan besar.

READ  Pakistan: Harapan pemilu Imran Khan semakin menurun, dan Komisi Tinggi Lahore mendukung penolakan surat nominasi

Gencatan senjata yang ditengahi PBB yang dimulai pada April 2022 telah secara tajam mengurangi jumlah korban. Gencatan senjata berakhir pada bulan Oktober, tetapi pertempuran sebagian besar masih ditangguhkan.

Kegubernuran Marib, wilayah kaya minyak, telah mengalami beberapa pertempuran paling sengit dalam dua tahun terakhir. Kota Marib adalah benteng utara terakhir pemerintah, dan sekarang berkantor pusat di kota selatan Aden.