Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pembicaraan damai dengan Ukraina menemui jalan buntu, kata Putin

Rusia-Ukraina Pembaruan Langsung Berita Perang: Kementerian Pertahanan Rusia pada hari Jumat mengklaim telah mencapai sasaran militer di ibukota Ukraina Kyiv dengan rudal jelajah semalam. Target itu diidentifikasi sebagai pabrik Vizar, menurut Reuters, yang membuat dan memperbaiki rudal anti-kapal. Rusia telah berjanji untuk mengintensifkan serangannya di kota itu setelah menuduh bahwa pasukan Ukraina telah menghancurkan bangunan tempat tinggal di wilayah Bryansk. Pada Jumat pagi, ledakan terdengar di Kyiv dan kota-kota lain seperti Kharkiv dan Kherson.

Kementerian juga mengklaim bahwa pabrik baja dan besi Ilyich di Mariupol, pembuat baja terbesar kedua di Ukraina, telah “dibebaskan” dari pasukan Ukraina, Reuters mengutip media pemerintah. Rusia telah memusatkan upaya perangnya di Timur, ingin mengambil alih kota pelabuhan utama Mariupol.

Pada hari Kamis, Rusia mengalami kemunduran besar, dengan kapal perangnya Moskva tenggelam di Laut Hitam setelah kebakaran. Sementara para pejabat Ukraina mengatakan pasukan mereka menghantam kapal itu dengan rudal, Rusia telah mengakui tembakan itu tetapi bukan serangan itu. Moskow memiliki kapasitas untuk membawa 16 rudal jelajah jarak jauh, mengurangi daya tembak Rusia.

Dalam pidatonya kepada bangsa, Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan mereka harus bangga telah bertahan 50 hari di bawah serangan Rusiameskipun Moskow “memberi mereka lima”.

READ  Penyelenggara Beijing 2022 menjanjikan acara berteknologi tinggi, hijau, dan aman