Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pembuat chip Infineon: 1 miliar proyek di Austria – ‘investasi terbesar dalam sejarah industri’

  • dariMartin Prem

    Menutup

Pabrik chip Infineon yang baru saja dibuka di Carinthia adalah proyek bernilai miliaran dolar. Namun, grup Munich memiliki masalah lain.

Villach – Ketika Siemens mulai memproduksi semikonduktor di Villach 51 tahun yang lalu, para wanita dengan keterampilan semi-terampil yang menyolder dioda di bawah mikroskop. Dioda adalah jenis semikonduktor paling sederhana – mereka memungkinkan arus listrik mengalir ke satu arah dan memblokirnya di arah lain. Mereka tidak bisa melakukan lebih dari itu. Komponen yang tidak terlalu rumit terutama dibutuhkan di banyak perangkat elektronik, mulai dari radio portabel hingga televisi tabung berwarna. Dan produksi di bagian selatan Austria yang saat itu lemah secara struktural* relatif murah – dan pekerjaan di sana disambut baik.

Villach menjadi meja kerja diperpanjang raksasa listrik dari Munich. Di pasar dunia, produksi di Carinthia juga berada di peringkat bawah. Ketika aula produksi baru – enam lantai seukuran dua lapangan sepak bola – dibuka pada hari Jumat di lokasi yang sama di pabrik bekas anak perusahaan Siemens, Infineon, permulaan yang sederhana hampir tidak terlihat.

Infineon membuka pabrik di Austria: “investasi terbesar dalam sejarah industri Austria”

Sabine Herlichka, CEO Infineon Austria, berbicara tentang investasi terbesar dalam sejarah industri Austria. Jumlah investasinya adalah 1,6 miliar euro. 1000 juta, di antaranya adalah hibah publik dari Austria dan Uni Eropa. Tak heran jika Rektor Sebastian Kurz datang ke pelantikan bersama tiga menteri. Perdana Menteri berbicara tentang “kisah sukses mutlak”. Tanpa Infineon, beberapa pengamat mengatakan, Carinthia akan menjadi negara berkembang.

CEO Reinhard Ploss mengatakan truk yang mengirimkan beton untuk aula baru saja akan membentuk kolom yang akan membentang dari Villach ke Munich. Massa bahan bangunan cukup logis, karena getaran terkecil sekalipun akan secara signifikan merusak kualitas komponen kecil yang sekarang sedang diproduksi di aula. Pembunuh berkualitas juga akan menjadi jumlah partikel debu yang dibawa sembarangan. Sejumlah kecil pengunjung ke ruang bersih, yang hanya dapat diakses melalui kunci, memakai alat pelindung yang dirancang untuk tujuan ini.

Kamar bersih di pabrik chip Infineon baru di Villach.

© Infineon / D

Tetapi ketika produksi berjalan lancar, orang tetap menjadi fenomena marginal. Dalam sistem rel bawah atap yang canggih, gondola kereta membawa kontainer masing-masing 25 wafer, yaitu, cakram yang terbuat dari silikon atau bahan semikonduktor canggih lainnya, sepenuhnya otomatis ke stasiun produksi individu, di mana mereka diproses – juga sepenuhnya otomatis.

READ  Fisker merancang van listrik untuk Paus Francis

Pada akhirnya, sebuah cakram seukuran batang kayu yang sudah berjalan lama menghasilkan ratusan atau bahkan ribuan microchip yang seringkali tidak lebih dari setengah ketebalan rambut manusia. Chip tersebut kemudian disebarkan dan dibawa ke pabrik lain, di mana mereka dilengkapi dengan kaki logam dan pelapis plastik yang khas dan menjadi chip berbentuk kumbang yang dapat dilihat di hampir setiap peralatan listrik saat ini.

Infineon Villach: Lebih dari 4.000 karyawan

Sedikit pekerjaan manusia di aula, tetapi banyak di sekitarnya. Situs Infineon di Villach memiliki 4.517 karyawan. Setengah dari mereka memiliki gelar sarjana, sisanya adalah pekerja terampil dan terlatih. Ada juga 80 magang di bidang mekatronik. Carinthia tidak hanya mendapat manfaat dari Infineon, Infineon tidak akan berada di posisi grup saat ini tanpa Carinthia. Siemens Expanded Workbench telah menjadi pusat kompetensi global Infineon untuk semikonduktor daya – dengan departemen Litbangnya sendiri yang terdiri dari 1.960 karyawan. Chip tipis yang sulit dibuat dengan diameter 300 mm dikembangkan di sini untuk membuatnya siap produksi.

Tidak seperti chip yang sangat kurang di industri otomotif saat ini, mikrokontroler, yang sebenarnya adalah komputer kecil, produk dari Villach diperlukan kontrol di mana pun arus dan tegangan listrik harus diubah. Dan ini semakin banyak produk: catu daya dari semua jenis, tetapi juga ruang pengisian untuk mobil listrik, mobil listrik itu sendiri, kereta api, setiap turbin angin, setiap tata surya.

Teknologi tinggi buatan Austria, yang seperti mikrokontroler semakin kecil dan kuat. Bukan hanya karena semakin banyak dari mereka dapat ditampung dalam perangkat yang lebih kecil dan lebih kecil, tetapi di atas semua itu karena lapisan semikonduktor tertipis sangat penting untuk efisiensi. Ini adalah bagaimana Anda menghemat energi. Terutama di pusat data besar, di mana hanya satu dari mereka yang menciptakan jejak iklim sebesar semua lalu lintas udara global. Menghemat satu persen merupakan kontribusi yang signifikan terhadap pemanasan global.

READ  Beyond Meat-Aktie: Perputaran di Q2?

Infineon Austria: Perusahaan kekurangan karyawan

Banyak yang telah berubah di Villach Semiconductor. Tapi satu-satunya hal yang tidak begitu. Kekurangan staf. Pada hari-hari Siemens, ia tampil terutama di musim dingin karena pekerja di pariwisata ski menemukan pekerjaan dengan gaji yang lebih baik. Ini bukan lagi masalah hari ini. Tetapi Infineon Austria juga mengalami kekurangan tenaga kerja terampil – meskipun ada kerjasama yang luas dengan universitas, dari Wina hingga Milan atau Padua. Infineon Austria memiliki 250 lowongan yang sulit untuk diisi.

Hal lain tetap sama: produk, seperti dioda pada waktu itu, relatif murah. Ini adalah masalah yang harus dihadapi industri Jerman. Karena investasi miliaran dalam produksi item satu sen hanya layak jika penjualan yang tinggi dan stabil yang dapat dihitung memastikan profitabilitas. Industri otomotif, yang telah memantapkan dirinya dengan nyaman dalam kemampuannya untuk menambah atau mengurangi pesanan dari pemasok sesuka hati, pada dasarnya salah perhitungan.

Keripik yang dibuang di bawah perkiraan kontraksi korona* sudah hilang saat dibutuhkan lagi. Dan kemampuan baru membutuhkan waktu. Meskipun pabrik di Villach dapat mulai beroperasi pada waktu konstruksi tiga tahun yang baik, rekor menurut standar Eropa, akan memakan waktu beberapa tahun sebelum produksi di sana, karena hanya mesin tambahan selangkah demi selangkah yang dapat dipasang, yang akan beroperasi penuh. (MP) * Merkur.de adalah tampilan dari IPPEN.MEDIA

Gambar Daftar Alamat: © –