Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pembukaan Kuil Agung dan pidato KTT Dunia menjadi agenda Perdana Menteri kawasan Teluk hari ini

Pembukaan Kuil Agung dan pidato KTT Dunia menjadi agenda Perdana Menteri kawasan Teluk hari ini

Perdana Menteri Modi menghadiri acara besar untuk komunitas India di UEA kemarin

New Delhi:

Pertemuan bilateral dan peresmian kuil besar Hindu di Abu Dhabi menjadi bagian dari agenda sibuk Perdana Menteri Narendra Modi di hari kedua lawatannya ke UEA.

Perdana Menteri dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan Emir Dubai, Sheikh Mohammed bin Rashid Al Maktoum. Dia kemudian akan membuka Bharat Mart, sebuah fasilitas pergudangan yang memungkinkan eksportir India memamerkan produk mereka di bawah satu atap. Konsepnya mirip dengan Dragon Mart, mal dan kompleks ritel produk China di Dubai.

Pada hari berikutnya, Perdana Menteri akan berpartisipasi dalam KTT Pemerintah Dunia sebagai tamu kehormatan. Beliau juga akan menyampaikan pidato utama. Sebelum pertemuan puncak, Burj Khalifa di Dubai diterangi dengan tulisan “Tamu Kehormatan – Republik India.”

Putra Mahkota Dubai, Syekh Hamdan bin Mohammed bin Rashid Al Maktoum, mengatakan dalam sebuah postingan blog di situs X: “Kami dengan hangat menyambut Republik India, tamu kehormatan pada KTT Pemerintah Dunia tahun ini, dan Yang Mulia Narendra Modi , Presiden Negara.” Perdana Menteri India. Hubungan yang kuat antara kedua negara menjadi model kerja sama internasional.

Sekitar pukul 18.00 (waktu setempat), Perdana Menteri akan meresmikan Kuil BAPS, kuil batu tradisional pertama di UEA, di kawasan Abu Muraikha, Abu Dhabi. Kuil agung ini terletak di kampus seluas 27 hektar di atas tanah yang diberikan oleh pemerintah UEA. Pada tahun 2018, Perdana Menteri meletakkan batu pertama untuk kuil tersebut, yang pembangunannya menelan biaya sekitar Dh400 juta – sekitar Rs 900 crore.

READ  Kanada sedang bersiap untuk menyambut rekor jumlah penduduk tetap dari India tahun ini | berita Dunia

Perdana Menteri berterima kasih kepada Presiden UEA Mohammed bin Zayed Al Nahyan atas dukungannya terhadap proyek kuil tersebut.

“Saya menganggap pembangunan Kuil BAPS di sini merupakan cerminan kecintaan Anda terhadap India dan visi Anda untuk masa depan UEA yang cerah. Hal ini tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan Anda. Pada pertemuan pertama kami, saya baru saja mengemukakan permintaan sederhana agar Anda menyelidiki masalah ini dan Anda mengambil keputusan cepat, meminta saya untuk melakukannya, “tambahnya. Letakkan jari Anda di sebidang tanah mana pun, dan Anda akan mendapatkannya.” “Mungkin tingkat cinta dan kepercayaan ini menunjukkan hubungan yang unik.” Kemarin.

Setelah upacara kuil, Perdana Menteri akan menuju ke ibu kota Qatar, Doha. Kunjungan ke Doha ini dilakukan tepat setelah pencapaian diplomatik besar New Delhi dalam membebaskan delapan veteran angkatan laut dari penjara di Qatar. Veteran Angkatan Laut itu dijatuhi hukuman mati tahun lalu di Qatar. Meskipun laporan mengklaim bahwa mereka dihukum dalam kasus spionase, India dan Qatar tidak mengumumkan tuduhan tersebut. Perdana Menteri dijadwalkan mengadakan pertemuan bilateral dengan Emir Qatar, Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani. Dia dijadwalkan kembali besok.

Pada hari pertama tur Teluknya, Perdana Menteri mengadakan pertemuan bilateral dengan Presiden Uni Emirat Arab, di mana beberapa nota kesepahaman ditandatangani. Kemarin malam, Perdana Menteri menghadiri acara diaspora besar – yang disebut ‘Selamat Datang Modi’ – yang diselenggarakan oleh komunitas India di sana. “Saya datang untuk menemui anggota keluarga saya. Saya telah membawa keharuman tanah tempat saya dilahirkan dan membawa pesan untuk 140 crore orang. Pesannya adalah Bharat bangga padamu,” katanya di tengah sorak-sorai riuh para penonton. hadirin. Lebih dari 65.000 orang.

READ  George W. Bush "terkejut" dengan reaksi persahabatannya dengan Michelle Obama