Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pemegang saham terbang untuk mobil bertenaga surya: Startup Munich Sono menyelamatkan diri dari kebangkrutan

Startup Munich menghadapi kebangkrutan dua kali. Namun, pembuat mobil bertenaga surya Sono Motors membuat lompatan sukses di Bursa Efek Nasdaq AS. Mobil Sun adalah orang asing yang, menurut pakar Dudenhöffer, tidak akan pernah keluar dari ceruk pasar mereka.

Untuk Sono Motors bertenaga surya, membawanya ke publik adalah segalanya. Startup Munich baru-baru ini memperingatkan bahwa tanpa hasil dari penjualan saham, ada risiko kehabisan uang di bulan Desember. Dengan awal yang cemerlang di NASDAQ AS, kebangkrutan tidak lagi di atas meja saat ini, karena perusahaan diperkirakan akan mengumpulkan sekitar $ 135 juta dengan meletakkannya di lantai. Saham ditutup pada hari Rabu, dengan kenaikan harga 155 persen, menjadi $38,20.

“Kami bangga dengan kesuksesan debut kami di Nasdaq Stock Exchange di New York,” kata pendiri perusahaan Laurin Hahn ntv.de. “Ini adalah tonggak sejarah bagi Sono Motors dan menempatkan kami langkah maju yang signifikan menuju produksi serial Scion.” Sebagai perusahaan yang terdaftar, Anda sekarang memiliki kesempatan untuk meningkatkan modal yang dibutuhkan melalui putaran pendanaan lainnya di pasar saham.

Hasil dari penjaminan emisi harus mengalir ke penyelesaian prototipe generasi berikutnya. “Prototipe ini terdiri dari komponen serial yang kami gunakan untuk pengujian, sertifikasi, dan pengujian lebih lanjut dari teknologi surya kami,” kata Han.

Sono Motors telah menempatkan 10 juta saham biasa dengan harga $15 per saham. Ini setara dengan 15 persen saham perusahaan. Saham Sono Motors diperdagangkan sekitar $27 setelah peluncuran. Kapitalisasi pasar startup secara teoritis akan menjadi sekitar $ 2 miliar. Hahn dan salah satu pendiri dan CEO Jonah Christiansen terus mempertahankan mayoritas hak suara.

Sudah 16.000 pemesanan

Model Sono pertama bernama “Sion” akan dikirimkan pada tahun 2023 dan dapat diisi tidak hanya di soket, tetapi juga melalui sel surya yang terintegrasi ke dalam bodi. “Yang benar-benar meyakinkan saya di sini tentang mobil adalah tata surya dengan listrik, mobil itu hanya mengisi sendiri ketika diparkir – ketika diparkir. Saya pikir itu sangat keren, itu membuat saya lebih mandiri, “kata salah satu pembeli yang tertarik, ntv . Dan dia tidak sendirian: menurut perusahaan, sudah ada 16.000 pemesanan berbayar yang bagus.

READ  Toko grosir online Hellofresh melihat banyak potensi untuk kotak peralatan masaknya

Kendaraan surya startup memiliki jangkauan total 305 kilometer dan kecepatan tertinggi 140 kilometer per jam. Sion dapat menempuh jarak 35 kilometer menggunakan energi surya murni. Cukup untuk berbaring di kota. Bagi pendiri Han, harga, jangkauan, dan infrastruktur adalah hambatan utama mobilitas listrik. Dia ingin menghilangkan dua dari tiga rintangan menggunakan energi matahari. Ini adalah ruang lingkup dan infrastruktur pelayaran. Biaya: 28.500 euro.

Awal tahun 2019, para pendiri hampir harus mengubur proyek mereka. Saat itu, karena investor melonjak dalam waktu singkat. Menurut pendirinya, dia ingin membubarkan perusahaannya. “Kami memiliki pilihan antara: Apakah kami menerima tawaran ini atau tetap berpegang pada nilai-nilai kami, dan mengapa kami memulai semuanya sejak awal,” kata Han kepada NTV saat itu. Ini adalah keputusan yang sangat sulit, tetapi ketika melihat ke belakang, itu adalah keputusan yang benar. “Kemudian kami memutuskan nilai kami, dengan cara kami. Tapi itu juga berarti: Kami memiliki hambatan likuiditas.”

Dalam keadaan darurat, Sono Motors menoleh ke masyarakat dan meminta lebih banyak dana untuk disuntikkan. Hasilnya: lebih dari 50 juta euro dalam 50 hari. Konfirmasi Han yang sangat jelas. “Banyak orang yang percaya pada kami dan juga bersedia menginvestasikan uang, meskipun produknya belum ada di pasar. Kami memantapkannya dan itu menunjukkan kepada kami: Orang-orang menginginkan Sean, mereka menginginkan perubahan, mereka menginginkan sesuatu untuk berubah. ,” kata Han. memetik.

Apakah biaya dan manfaat dalam hubungan yang benar?

Meski mendapat dukungan, mobil bertenaga surya masih tetap eksotis. Apakah itu akan segera berubah? Badan plastik yang dilengkapi dengan 248 sel surya masih akan menjadi produk khusus, menurut pakar otomotif Ferdinand Dudenhofer dari Pusat Penelitian Otomotif di CAR. “Sono Motors tidak mungkin menjadi pemain utama di pasar mobil dengan mobil tenaga surya – seperti Tesla, misalnya,” katanya kepada ntv.de. Menurutnya, teknologi tersebut bisa menjadi pelengkap kebutuhan listrik mobil listrik. Betapa bergunanya ketika kendaraan harus mengkonfirmasi kehadirannya di pasar.

READ  Monica Moravika, sepupu Perdana Menteri Mateusz Morawiecki, meninggalkan PGE

Sel surya bukanlah teknologi canggih. “Webasto membawa sunroof dengan sel surya ke pasar beberapa tahun yang lalu, dan dengan demikian tidak sukses besar di pasar,” kata Dudenhöffer. Sebuah kendaraan surya murni mungkin masuk akal di padang pasir, tapi tidak di garis lintang kita. Menurut ahli otomotif, tidak akan pernah mungkin mengemudi menggunakan energi matahari sendirian di masa depan. Ini kemudian menimbulkan pertanyaan apakah biaya dan manfaat bagi pelanggan berada dalam hubungan yang benar.

Namun, kami di Sono Motors optimis dengan masa depan. “Teknologi surya kami telah dikembangkan sedemikian rupa sehingga dapat diintegrasikan dan dilisensikan ke sejumlah besar kendaraan,” kata Han. Ini juga melewati Sion, seperti bus, trailer, truk, kemping, kereta api, dan perahu. Dengan menyimpan listrik tambahan dari sel surya, teknologi surya Sono juga mengurangi jumlah biaya kendaraan dan dengan demikian secara signifikan mengurangi biaya operasional bagi pelanggan.