Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pemeriksaan mobil bekas: Suzuki Jimny – bagus untuk off-road, buruk di TÜV

Cek mobil bekas
Suzuki Jimny – Bagus di lapangan, buruk di TÜV

Siapa pun yang mencari mobil bekas untuk penggunaan off-road, tetapi bukan uang untuk Mercedes G-Class atau Jeep Wrangler, pasti akan berakhir dengan Suzuki Jimny. Tapi berhati-hatilah: saat dia melakukan parkour off-road dengan warna-warna cerah, itulah mengapa dia tidak lagi bisa mencetak poin dengan TÜV.

Saat memulai debutnya pada tahun 1998, Suzuki Jimny sepertinya akan kehabisan waktu. Kecil, bersudut, ergonomis, dan cocok untuk segala medan, ini adalah alternatif gaya untuk SUV mulus 23 tahun yang lalu. Kraxler kecil tetap tidak berubah dalam kisaran hingga 2018, ketika generasi baru mengambil alih. Namun, ini hanya penampilan tamu singkat, karena Suzuki mengeluarkan versi mobil Jimny dari pasar pada awal tahun 2021.

Bahkan jika itu adalah mobil konvertibel dengan bagian atas yang lembut

Dengan panjang 3,66 meter, Suzuki Jimny tidak lain adalah mobil liburan.

(Foto: Suzuki)

Suzuki Jimny tersedia dengan tiga pintu dan empat tempat duduk, pintu tertutup, hingga 2012 Jepang juga menawarkan versi convertible dengan atap kain. Kendaraan yang hanya memiliki panjang 3,66 meter ini menawarkan kenyamanan dan ruang yang relatif sedikit bagi penumpang. Itu dapat menampung hingga empat orang, tetapi mereka harus menekuk lutut dan kepala mereka. Interiornya didesain sederhana. Fitur identifikasi gaya adalah tongkat persneling panjang dan plastik keras yang digunakan. Yang terakhir tidak terlihat sangat bagus, tetapi mudah dibersihkan.

Bagasi menampung 100 liter, jika Anda melipat sandaran, menjadi 800 liter. Jika Anda mencari kenyamanan berkendara dan peralatan mewah, Anda harus mencari kendaraan lain. Namun, apa yang benar-benar dapat dilakukan Jimny tidak seperti SUV, berkat teknologi penggerak semua roda yang dapat dikonversi dan gigi penurun serta overhang pendek dan sudut pendekatan di lapangan 36 derajat. Menggali tanah dan lumpur, memanjat bukit dan lembah – ini adalah kompetensi dasar anak muda Jepang. Setelah tahun 2005, Jimny mendapatkan facelift pada tahun 2013. Namun secara visual, hanya ada revisi yang tidak mencolok.

Mesin kecil dan sedikit kenyamanan

004 Suzuki Jimny 041212.jp

Interiornya sesederhana Suzuki Jimny kecil.

(Foto: Suzuki)

Selama masa produksi, Suzuki menawarkan mesin bensin dan diesel empat silinder untuk Jimny. Pembeli memiliki pilihan antara gearbox manual lima kecepatan atau transmisi otomatis dengan jumlah langkah gigi yang sama. Penggerak semua roda yang dapat dipilih telah ada sejak tahun 1998, dan mulai tahun 2005 akan diaktifkan secara elektrik.

Performa mesin bisa dikendalikan. Mesin bensin – varian 1,3 liter – memiliki 80 hp (hingga 2000), 82 hp (hingga 2005), dan baru-baru ini 84 hp. Selain itu, antara tahun 2004 dan facelift, Jepang memiliki mesin diesel 1,5 liter yang diperkenalkan oleh Renault dalam jangkauan mereka. Yang pertama membuat 65 kuda, lalu 86 kuda. Berbeda dengan mesin bensin, mesin diesel, dengan torsi maksimum 200 Nm, memiliki gravitasi yang jauh lebih besar daripada mesin bensin sekitar setengahnya. Mesin tidak ekonomis. Rata-rata, antara 7,1 dan 8,0 liter (bensin) dan 6,1 liter (solar) mengalir melalui saluran. Ini adalah nilai lembar data. Padahal, seharusnya lebih dari itu.

001 Suzuki Jimny 041212.jpg

Wilayah di mana Suzuki Jimny digunakan memerlukan pemeriksaan kendaraan yang tepat saat membeli kendaraan bekas.

(Foto: Suzuki)

Kisaran unit juga memperjelas bahwa Jimny tidak ditujukan untuk perjalanan jauh, dan jalan raya hanyalah salah satu tempat favorit saya dalam kasus-kasus luar biasa. Sasis menemukan setiap lubang dan memberi tahu penumpang bahwa itu relatif tanpa filter. Namun, kemungkinan besar sebagian besar pemilik telah menggunakan mobil mereka sebagai pengemudi off-road, sehingga perlu untuk melihat dari dekat bagian bawah mobil sebelum menandatangani kontrak penjualan.

Cacat pada kemudi, rem dan suspensi

Jimny bukanlah pemimpin dalam teknologi keselamatan atau peralatan kenyamanan. Pengemudi off-road kecil itu tidak lulus uji tabrak Euro NCAP. ESP baru digunakan sejak 2014, dan sebelumnya ada pengecualian yang mengizinkan program stabilisasi ditiadakan. Airbag kepala atau samping tidak tersedia sama sekali. Perlengkapan lainnya juga agak sedikit, bahkan dari daftar opsi yang tersedia, Anda tidak dapat memperoleh apa pun selain radio CD dan AC. Menjelang akhir waktu produksi, pemilik pertama Kraxler bisa memesan sistem infotainment.

Suzuki_Jimny_008.jpg

Sebagai kendaraan bekas, Suzuki Jimny memiliki banyak konstruksi: kemudi, rem, karat, dan suspensi masuk dalam daftar cacat TÜV.

(Foto: Suzuki)

Jika Jimny mengemudi ke Pusat Inspeksi Utama (HU) TÜV, inspektur kemungkinan akan mengetahui bahwa inspeksi mungkin memerlukan waktu. Penggunaan off-road meninggalkan jejaknya. Ini termasuk, misalnya, kemudi lambat. Alasan untuk ini bisa menjadi sedikit ketidakseimbangan, suspensi yang rusak atau router yang rusak.

Keluhan tentang rem sudah dibuat pada mobil hingga tiga tahun. Di sini cacat berkisar dari cakram hingga saluran rem. Jimny juga memiliki dampak negatif pada semua model ketika datang untuk memeriksa sasis. Penguji sering mencatat karat, selongsong yang rusak, dan suspensi roda yang rusak dalam laporan pengujian mereka. Lampu belakang sering redup selama tes cahaya. Lagi pula: Kehilangan minyak jarang terjadi, Jimny biasanya lulus uji emisi.

kesimpulan: Jika Anda mencari kuda pekerja medan, Anda bisa berburu dengan Jimny. Namun, disarankan agar versi pilihan Anda yang digunakan diperiksa oleh spesialis. Pembeli harus berinvestasi setidaknya 2.000 euro, salinan facelift terbaru tersedia dari sekitar 10.000 euro. Untuk model konvertibel langka, setidaknya 3000 euro harus dibayarkan.

READ  Politisi AS sekarang menyerukan sanksi keras terhadap Honor