Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pemerintahan Perdana Menteri Shehbaz yang beranggotakan 19 orang telah dilantik – Pakistan

Pemerintahan Perdana Menteri Shehbaz yang beranggotakan 19 orang telah dilantik – Pakistan

Presiden Asif Ali Zardari dilantik pada hari Senin oleh kabinet federal beranggotakan 19 orang yang dipimpin oleh Perdana Menteri yang baru terpilih Shehbaz Sharif.

Sebelumnya hari ini, Perdana Menteri Shehbaz telah mengirimkan ringkasan kepada Presiden Zardari untuk menunjuk kabinet, yang mencakup 18 menteri federal dan seorang menteri negara bagian.

Partai Rakyat Pakistan, sekutu utama PML-N, menolak menjadi bagian dari pemerintah federal.

Upacara pengambilan sumpah diadakan di Kediaman Presiden di Islamabad. Pembukaan upacara dikumandangkan lagu kebangsaan, kemudian dibacakan ayat suci Al Quran.

Menurut ringkasan yang dikirimkan oleh Perdana Menteri kepada Presiden Zardari, salinannya tersedia Fajar.comKabinet mencakup 12 MNA dan tiga senator sebagai menteri federal, selain seorang Menteri Negara. Pemerintah juga mencakup tiga teknokrat – Muhammad Aurangzeb, Mohsin Naqvi dan Ahad Cheema.

Penunjukan itu diusulkan berdasarkan Pasal 1 Pasal 92 (Menteri Federal dan Menteri Negara) Konstitusi, yang menyatakan: “Dengan mempertimbangkan paragraf 9 dan 10 Pasal 91, Presiden Republik akan menunjuk Menteri Federal dan Menteri Negara dari antara anggota Dewan Syura ( Parlemen) pada tanggal ditetapkan.” saran Perdana Menteri.


Menteri federal

  1. Khawaja Muhammad Asif, MNA
  2. Ehsan Iqbal Chowdhury, MNA
  3. Rana Tanveer Hussain, MNA
  4. Azzam Nazir Tarar, Senator
  5. Chaudhry Salek Hussain, MNA
  6. Abdul Aleem Khan, MNA
  7. Jam Kamal Khan, MNA
  8. Amir Muqam, MNA
  9. Sardar Owais Ahmed Khan Leghari, MNA
  10. Attaullah Tarar, MNA
  11. Dr Khalid Maqbool Siddiqui, MNA
  12. Qaiser Ahmed Sheikh, MNA
  13. Mian Riaz Hussain Pirzada, MNA
  14. Muhammad Ishaq Dar, Senator
  15. Musadiq Masood Malik, Senator
  16. Muhammad Aurangzeb
  17. Ahad Khan Cheema
  18. Mohsin Naqvi

Dia mengatakan kecuali Dar, semua hal di atas akan dipertahankan.

Meskipun Ishaq Dar dan Ketua Habib Bank Limited Muhammad Aurangzeb berpartisipasi dalam pertemuan baru-baru ini mengenai situasi ekonomi, penunjukan yang terakhir sebagai menteri memperkuat laporan bahwa ia memimpin pemerintahan nasional.

Surat yang ditulis oleh Perdana Menteri Shehbaz mengatakan bahwa Dar dan Malik “akan melanjutkan posisi mereka sebagai menteri federal” setelah mereka berhenti menjabat sebagai anggota Senat besok (Selasa).

Pemimpin Partai Istanbul Pakistan Aleem Khan dan pemimpin Gerakan Muttahida Qaumi Pakistan Khalid Maqbool Siddiqui juga termasuk di antara menteri federal baru yang dilantik.

Para menteri juga termasuk mantan Ketua Menteri sementara Punjab Mohsin Naqvi, yang saat ini juga menjabat Ketua Dewan Kriket Pakistan (PCB). A fajar Laporan tersebut menyebutkan bahwa ia mencalonkan diri sebagai Menteri Dalam Negeri dan mengaku akan menjadi kandidat pada pemilihan Senat mendatang.

Menteri federal lainnya termasuk Jam Kamal Khan dari PML-N, Amir Muqam, Sardar Owais Leghari, Ataullah Tarar, Qaiser Ahmed Sheikh, Riaz Hussain Pirzada, serta Chaudhry Salik Hussain dari PML-N.

Mantan Asisten Perdana Menteri Ahed Khan Cheema juga dilantik sebagai Menteri Federal, sementara Shatha Fatima Khawaja, mantan Asisten Perdana Menteri Urusan Pemuda, diangkat menjadi Menteri Negara.

Atallah diperkirakan menjadi Menteri Penerangan baru, sedangkan Khawaja akan diangkat menjadi Menteri Teknologi Informasi.

Kata seorang sumber di Kantor Perdana Menteri fajar Perdana Menteri mengadakan pertemuan maraton pada hari Minggu, yang berlanjut hingga larut malam, untuk menyelesaikan nama-nama menteri barunya. Sebelumnya, MQM-P telah menuntut tiga hingga empat kementerian di pemerintahan federal.

Pemerintahan yang baru dibentuk kemudian mengadakan pertemuan pertamanya di kediaman Perdana Menteri.

READ  Ini yang ada di agenda