SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Pemko Hijaukan Jalanan Bekas Proyek Jalan

  • Reporter:
  • Rabu, 12 Juni 2019 | 13:46
  • Dibaca : 166 kali
Pemko Hijaukan Jalanan Bekas Proyek Jalan
Ruas jalan Simpang BNI di Batam Centre tampak dari atas. Pemko Batam menanam kembali pohon-pohon di badan jalan bekas proyek. /teguh prihatna

BATAMKOTA – Ribuan pohon akan ditanam kembali untuk membuat Batam semakin hijau. Penanaman bagian dari upaya Pemko menghijaukan badan jalan bekas proyek pelebaran.

Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Batam dilibatkan untuk menanam dan merawat pohon-pohon di pinggir jalan tersebut. Kepala Dinas Perumahan rakyat, permukiman dan pertamanan (Disperkimtan) Kota Batam, Eryudi mengatakan Pemko Batam saat ini terus gencar menanam kembali pohon-pohon di pinggir jalan yang sebelumnya terkena dampak pelebaran jalan. Dengan demikian diharapkan Batam kembali hijau dan lingkungan yang sehat.

“Pak Wali Kota (Muhammad Rudi) konsen untuk menghijaukan kembali jalanan Batam. Karena itu seluruh OPD dikerahkan untuk membantu Disperkimtan,” kata Eryudi, Selasa (11/6).

Jumlah pegawai Disperkimtan menurut dia memang terbatas, sehingga perlu bantuan dari OPD lainnya. Dimana menurut dia setiap OPD minimal satu bulan sekali atau satu tahun delapan kali membantu Disperkimtan untuk merawat pohon-pohon di pinggir jalan. Pihaknya juga sudah membuat jadwal yang rutin masing-masing OPD.

“Jadi setiap OPD memang diminta untuk bantu kami. Karena kalau Disperkimtan saja akan lama nanti,” katanya.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengatakan tahun ini pihaknya menargetkan akan memasang lampu hias di sepanjang jalan fly over sampai Bundara Mandani arah Mega Wisata Ocarina. Karena itu pihaknya berharap pohon-pohon yang saat ini sudah ditanam bisa tumbuh dengan capat.

Itu sebabnya kata Rudi setiap pohon yang ditanam ini harus dirawat dan dipupuk secara rutin, kemudian pohon-pohon yang mati harus segera ditanami kembali. Ia sendiri mengaku sudah memperintahkan semua OPD untuk ikut serta membantu Disperkimtan merawat dan memupuk pohon-pohon di jalan.

“Saya ingin semua pohon-pohon ini bisa tumbuh dengan cepat. Karena kalau kita pasang lampu hias tidak dibarengi dengan pohon-pohon asli tentu kurang indah nantinya,” kata Rudi.

Tahun ini Pemko Batam juga masih fokus melakukan pelebaran jalan, pasalnya masih ada beberapa proyek jalan yang belum selesai tahun lalu, dan akan dilanjutkan tahun ini. Sebelumnya Rudi menyebutkan beberapa ruas jalan yang dilebarkan untuk dilanjutkan pengerjaannya, antara lain dari simpang bekas Karambia cafe menuju gedung 21 lama, lalu ruas jalan Kantor Camat Lubukbaja menuju Simpang Baloi.

“Terus ruas jalan dari Simpang Kepri Mall menuju Simpang Masjid Agung Batam Center,” kata dia.

Selain itu, ada ruas jalan baru yang akan dilebarkan, yaitu ruas jalan Simpang Kepri Mall menuju Simpang Panbil Mall. Rencananya ruas jalan tersebut akan dibuat menjadi lima lajur.

“Itu bertahap, tahun ini masih akan kita buka dulu, baru dilanjutkan tahun depan,” jelasnya.

Ahmad Rohmadi

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com