Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pencetak gol terbanyak dalam satu musim di lima liga utama di Eropa


BERLIN (AFP) – Striker Bayern Munich Robert Lewandowski mencetak gol ke-41nya musim ini dengan rekor berusia 41 tahun melawan Gert M ல்ல ller pada Sabtu.

AFP Sport melihat pencetak gol terbanyak dalam satu musim di lima liga teratas Eropa:

Liga Primer

Mohamed Salah (Liverpool), 32 gol, 2017/18

Di musim pertamanya di Anfield, ia memecahkan rekor Liga Inggris dengan mencetak satu gol lebih banyak dari rekor bersama sebelumnya yang dipegang oleh striker Mesir Cristiano Ronaldo, Luis Suarez dan Alan Shearer.

Setelah melakukan debutnya di Watford pada akhir pekan pembukaan, Salah mencetak empat angka melawan lawan yang sama ketika dia kembali ke Anfield.

Dia tidak pernah mencetak gol di lebih dari dua pertandingan liga, hanya absen dua dari 38 pertandingan Liga Premier Liverpool setiap musim.

Salah mencetak rekor liga baru dengan mengalahkan Brighton 4-0 pada hari terakhir musim ini.

Sebelum Liga Premier, Dixie Dean mencetak 60 gol untuk Everton pada 1927-28, termasuk delapan hat-trick.

Liga

Lionel Messi (Barcelona), 50 gol, 2011/12

Messi sendiri menulis di negara sepak bola dengan musim yang megah di mana dia melewatkan pertandingan liga karena skorsing.

Dia menggebrak pada 2011/12, mencetak 10 gol dan memberikan enam assist dalam tujuh pertandingan pertama.

Pada Maret 2012, ia mencetak 34 gol La Liga untuk legenda Brasil Ronaldo pada 1996-97.

Delapan hari setelah pelatih Pep Cardiola diumumkan akan absen, Messi mencetak empat gol melawan Espanyol, mencetak 50 gol dengan satu pertandingan tersisa.

Liga

Gonzalo Higuain (Napoli), 36 gol dalam 38 pertandingan, 2015-16

Ciro Immobile (Lazio), 36 gol dalam 38 pertandingan, 2019-20

Penghitungan gol Higuain pada 2015/16 lebih baik daripada 35 gol yang dicetak oleh Kunner Nordal dari Swedia untuk Milan pada 1950, rekor yang dia miliki selama 65 tahun.

READ  Puluhan tahun penjara dalam kasus penduduk Kirgis yang mencalonkan diri di Meksiko

Higuain berlimpah, tidak melewati dua pertandingan tanpa gol sepanjang musim, dan satu penampilan sangat luar biasa karena dia bertahan di lini tengah dengan skorsing tiga pertandingan.

Pada hari terakhir musim ini Argentina menyamakan kedudukan dan mencetak hat-trick melawan Frosinone, rekor Nordal sebelumnya.

Immobile menyamai rekor musim lalu, meskipun 14 dari 36 golnya untuk Lazio berasal dari adu penalti, dibandingkan dengan tiga tendangan penalti Higuain.

Golnya membantu Lazio kalah di kandang 13 tahun setelah lolos ke Liga Champions dan keluar dari Bayern Munich di 16 besar.

Bundesliga

Robert Lewandowski (Bayern Munich), 41 gol pada musim 2020/21

Rekor 40 Gert M ller belum tertandingi sejak 1971/72, sampai Lewandowski menyamakannya akhir pekan lalu.

Lewandowski, pesepakbola pria terbaik FIFA tahun 2020, memecahkan rekor M ல்ல ller pada menit ke-90 pertandingan terakhir musim ini, mengitari kiper tersebut untuk mencetak gol ke-41 melawan Oxburg 5-2 pada hari Sabtu.

Penghitungan Lewandowski signifikan karena rotasi atau cedera tim, setelah melewatkan lima pertandingan liga musim ini.

Liga 1

Joseph Schopper (Marseille), 44 gol pada 1970/71

Rekor liga Prancis berusia 50 tahun itu luar biasa karena semua dari 44 gol Scoopler berasal dari permainan terbuka tanpa penalti.

Scooplar, yang dijuluki ‘El Eagle Dollmat’ (Elang Boneka), dapat melakukan semua itu, mungkin telah berhasil atau naik ke gelar juara tuan rumah di atas para pembela.

Gol tersebut mampu membobol gawang setelah mencetak skor 4-0 ke gawang Nice.

Setengah abad dari musim impian Schopper, hanya Sladen Ibrahimovic, yang mencetak 38 gol untuk Paris Saint – Germain pada 2015-2016, yang mendekati rekornya.