Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pengeboman Kabul: Apa yang dikatakan Amrullah Saleh tentang Tautan Taliban, ISIS dan Haqqani | berita Dunia

Amrullah Salih mengatakan bahwa Taliban, Jaringan Haqqani dan Provinsi Khorasan Islam terkait satu sama lain, tidak peduli berapa banyak Taliban menolak hubungan mereka dengan kelompok-kelompok seperti Pakistan dengan Quetta Syura.

Setelah Taliban mengambil alih Afghanistan, mereka menjauhkan diri dari Negara Islam, dan Taliban pada hari Kamis mengecam serangan bandara Kabul, yang kemudian diklaim oleh Negara Islam sebagai tanggung jawab. Dalam pernyataannya, Taliban menyalahkan Amerika Serikat atas serangan itu dan mengatakan serangan itu terjadi karena kehadiran pasukan asing di bandara.

Mengomentari ledakan dan bagaimana Taliban mengangkat tangan mereka dari pembantaian yang menewaskan sekitar 100 orang, Presiden Afghanistan Amrullah Saleh mengatakan bahwa Taliban telah belajar dari tuan mereka Pakistan untuk menyangkal hubungan mereka dengan ISIS. Ada semua bukti yang menunjukkan bahwa ISIS-K memiliki hubungan dengan Taliban dan jaringan Haqqani.

“Semua bukti yang kami miliki menunjukkan bahwa sel-sel ISIS-K berakar pada jaringan Taliban dan Haqqani dan terutama yang beroperasi di Kabul. Penolakan Taliban terhadap hubungan mereka dengan ISIS serupa/mirip dengan penolakan Pakistan terhadap Quetta Syura. belajar banyak. Nah dari masternya #Kabul Saleh mengatakan dalam sebuah tweet.

Jaringan Haqqani dikenal sebagai cabang gerakan Islam yang paling radikal dan penuh kekerasan. Mereka telah melakukan serangan paling mematikan di Afghanistan dalam dua puluh tahun terakhir. Kelompok ini dibentuk oleh Jalaluddin Haqqani, yang merupakan aset berharga bagi CIA pada 1980-an. Dia kemudian bersekutu dengan Taliban dan menjabat sebagai menteri antara tahun 1996 dan 2001.

READ  Penjelasan: Bagaimana Kuba mengembangkan lima vaksin asli untuk Covid-19

menonton Belajar dari tuan mereka Pak: Amrullah Saleh meminta Taliban untuk menyangkal peran mereka dalam serangan Kabul

Ledakan kembar di dekat bandara Kabul, yang diikuti oleh yang lain setelah tengah malam pada saat pasukan asing dikerahkan untuk mengevakuasi warganya dari Afghanistan, memiliki semua ciri-ciri serangan teroris. Posisi resmi Taliban, jelas mereka, adalah memerangi terorisme, dan mereka mengatakan bahwa Afghanistan tidak akan digunakan sebagai tempat berkembang biaknya terorisme. Setelah penarikan pasukan Barat dan jatuhnya pemerintah Afghanistan, tampaknya ada perebutan kekuasaan, tetapi mantan wakil presiden dan pemimpin perlawanan Panjshir Amrullah Saleh menjelaskan bahwa Taliban, Haqqani dan Negara Islam-Provinsi Khorasan semua dalam hal ini.

Di dekat