Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Penggemar terbesar India, kata pejabat senior China di tengah pertukaran kuat antara Jaishankar Sun |  berita terbaru india

Penggemar terbesar India, kata pejabat senior China di tengah pertukaran kuat antara Jaishankar Sun | berita terbaru india

Diplomat top China di Bangladesh, Li Jiming, mengatakan dia adalah penggemar berat India secara pribadi, dan percaya bahwa India dan China dapat bekerja sama secara erat untuk memecahkan masalah ekonomi dan geopolitik. Utusan China di Dhaka mengatakan bahwa China tidak memiliki persaingan strategis dengan India dan tidak ingin melihat Teluk Benggala yang “bersenjata berat”. Komentar datang sebagai Menteri Luar Negeri S. Jaishankar Dia membuat komentar yang kuat tentang hubungan India-China dengan Duta Besar China untuk India Sun Weidong ketika yang terakhir mengucapkan selamat tinggal kepada Jaishankar di Blok Selatan.

Sun Weidong mengatakan dalam sambutan perpisahannya bahwa adalah normal bagi India dan China untuk memiliki perbedaan, dan mereka harus mencari titik temu dan tidak membiarkan hubungan mereka ditentukan oleh perbedaan. Sun mengatakan ada cukup ruang di dunia bagi China dan India untuk berkembang bersama. “…Kedua belah pihak harus berusaha untuk mengelola dan menyelesaikan perbedaan, dan mencari solusi yang tepat melalui dialog dan konsultasi, daripada mengidentifikasi China dan India. Kedua negara perlu menghormati sistem politik dan jalur pembangunan masing-masing, dan mematuhi prinsip non-intervensi dalam urusan internal masing-masing,” katanya.

Jaishankar mengatakan normalisasi hubungan antara India dan China adalah kepentingan kedua negara dan kawasan.

Di tengah kuatnya pertukaran ini, utusan China untuk Bangladesh, Li Jiming, mengatakan China tidak melihat India sebagai pesaing atau pesaing strategis. “Kami tidak pernah melihat India sebagai pesaing strategis atau pesaing strategis China,” kata Duta Besar Lee dalam salah satu interaksi. “Saya pribadi penggemar berat India. Kita bisa bekerja sama lebih erat untuk menyelesaikan masalah ekonomi dan geopolitik,” katanya.

(dengan masukan PTI)

READ  Rencana sedang berlangsung untuk menghubungkan dari Mediterania ke India melalui Teluk | berita india