Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pengunduran diri Menteri Transportasi Singapura setelah dituduh melakukan korupsi adalah yang pertama kali terjadi di negara kota tersebut

Pengunduran diri Menteri Transportasi Singapura setelah dituduh melakukan korupsi adalah yang pertama kali terjadi di negara kota tersebut

Kham Huiying/Bloomberg/Getty Images

Mantan Menteri Transportasi Singapura S Iswaran didampingi pengacara di Pengadilan Negeri Singapura pada Kamis, 18 Januari 2024.



CNN

Kantor Perdana Menteri Singapura mengatakan bahwa Menteri Transportasi S. Iswaran mengundurkan diri pada hari Kamis setelah dituduh melakukan korupsi, menggarisbawahi perkembangan bersejarah bagi negara kota yang bangga memiliki pemerintahan yang sangat bersih.

Tuduhan terhadap Iswaran adalah bagian dari penyelidikan korupsi terbesar yang melibatkan Partai Aksi Rakyat yang berkuasa di Singapura dalam beberapa dekade terakhir. Skandal itu Ia pun terjerumus ke dalam perangkap taipan hotel Terkenal karena menghadirkan Grand Prix Formula 1 ke kota tersebut, hal ini merupakan salah satu dari serangkaian kontroversi terhadap pemerintah pada tahun lalu yang menimbulkan gelombang kejutan di seluruh negeri.

Iswaran adalah menteri pertama di negara itu yang didakwa melakukan tindak pidana.

Jaksa Agung menghadapi 27 dakwaan, termasuk korupsi dan menghalangi keadilan Tan Kiat Feng mengatakan di pengadilan pada hari Kamis, menurut dakwaan yang dilihat oleh CNN.

Diapit oleh tim kuasa hukumnya di pengadilan, mantan menteri tersebut mengaku tidak bersalah dan diperpanjang jaminannya.

Iswaran ditangkap bersama taipan hotel Ong Peng Seng pada bulan Juli. Ong juga merupakan pemegang saham tunggal Grand Prix Singapura, penyelenggara acara olahraga terkemuka tersebut.

Investigasi korupsi yang melibatkan para menteri jarang terjadi di Singapura, karena para pejabatnya dibayar dengan baik untuk mencegah korupsi. Gaji tahunan rata-rata para menteri Nilainya sekitar S$1,1 juta (sekitar $834.000), menurut pemerintah.

Kota ini telah lama mempunyai reputasi dalam hal tata pemerintahan yang bersih, dan saat ini menduduki peringkat kelima dunia dalam laporan tahunan Transparansi Internasional. Indeks Persepsi Korupsi.

READ  Inflasi ritel India di bulan Maret turun menjadi 5,66% dari 6,44% di bulan Februari

Badan antikorupsi Singapura, Biro Investigasi Praktik Korupsi, yang melapor langsung kepada Perdana Menteri Lee Hsien Loong, memimpin penyelidikan atas kasus Iswaran.

Lee mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Kamis bahwa dia menerima pengunduran diri Iswaran, yang setuju untuk mengembalikan gaji pemerintah yang dia terima sejak penyelidikan dimulai Juli lalu.

“Pemerintah telah menangani masalah ini dengan ketat sesuai dengan hukum, dan akan terus melakukannya. Saya bertekad untuk menjunjung tinggi integritas Partai dan pemerintah serta reputasi kami dalam hal kejujuran dan tidak korupsi,” kata Li dalam pernyataannya.

CNN telah menghubungi tim hukum Iswaran untuk memberikan komentar.

Lee adalah putra tertua Lee Kuan Yew, Perdana Menteri pertama dan bapak pendiri Singapura.

Investigasi korupsi terhadap Ong dan Iswaran terjadi pada saat yang sensitif bagi saya, karena ia berencana untuk mundur setelah hampir 20 tahun memimpin negara ini.

“Kasus ini benar-benar merugikan pemerintahan PAP (yang) harus melipatgandakan upayanya untuk membangun kembali kepercayaan masyarakat Singapura,” kata Eugene Tan, mantan anggota parlemen Singapura dan profesor hukum di Universitas Manajemen Singapura, kepada CNN. .

“Apa yang menguntungkan mereka adalah pemerintah bertindak tegas dan menerima pukulan karena salah satu anggotanya mengaku jauh di bawah standar kehidupan publik yang diharapkan darinya.”