Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Penjelasan: Mengapa Finlandia ingin bergabung dengan NATO?  Mengapa Putin menentangnya?  |  berita Dunia

Penjelasan: Mengapa Finlandia ingin bergabung dengan NATO? Mengapa Putin menentangnya? | berita Dunia

Presiden Finlandia Sauli Niinistö Dikonfirmasi pada hari Minggu Bahwa negaranya akan mengajukan keanggotaan dalam aliansi militer organisasi antar pemerintah (NATO), dalam perubahan kebijakan bersejarah yang dipicu oleh perang Ukraina. Sejak invasi Moskow ke Ukraina, tetangga Rusia telah mempertimbangkan untuk mengajukan keanggotaan dalam aliansi militer berusia 30 tahun itu. Sementara itu, wakil kepala NATO mengatakan dia yakin bahwa organisasi itu dapat mengatasi keberatan Turki dan dengan cepat memasuki Finlandia dan Swedia. Reuters melaporkan bahwa menteri luar negeri Turki secara tak terduga mengajukan keberatan pada hari Sabtu, menyebut langkah itu “tidak dapat diterima dan keterlaluan”.

Pentingnya aksesi Finlandia ke NATO

1. Finlandia mendeklarasikan kemerdekaannya pada tahun 1917 setelah lebih dari satu abad pemerintahan Moskow. Outlet media Inggris The Guardian melaporkan bahwa tentaranya berperang melawan pasukan Soviet dua kali selama Perang Dunia II sebelum menyerahkan sekitar 10 persen wilayahnya.

2. Jika Finlandia bergabung dengan NATO, itu akan menjadi salah satu ekspansi aliansi tercepat. Selain itu, Rusia dan Finlandia berbagi perbatasan sepanjang 1.300 km. Jika Finlandia bergabung, panjang perbatasan aliansi dengan Rusia akan berlipat ganda.

3. Saint Petersburg, kota terbesar kedua di Rusia, terletak sekitar 170 km dari perbatasan dengan Finlandia. Masuknya Finlandia dan Swedia ke NATO akan menjadi perombakan dan penggambaran ulang peta keamanan untuk Eropa di Timur.

Kondisi yang ditawarkan oleh Finlandia dan Swedia

1. Para diplomat NATO mengatakan proses aplikasi untuk Finlandia dan Swedia dapat memakan waktu hingga satu tahun karena parlemen dari 30 negara NATO perlu menyetujui anggota baru. Finlandia dan Swedia telah meminta beberapa jaminan bahwa negara-negara anggota NATO akan membela mereka selama periode ini sampai mereka menjadi anggota penuh.

READ  Pangeran Harry tahu itu semua

2. Swedia dan Finlandia telah menerima jaminan dukungan dari Amerika Serikat, Jerman dan Inggris jika terjadi serangan.

Hubungan saat ini antara Finlandia dan NATO

1. Finlandia dan Swedia adalah mitra terdekat NATO. Mereka berkontribusi pada koalisi dan operasi polisi udara. Setelah invasi Rusia ke Ukraina, mereka secara resmi memperkuat pertukaran informasi dengan NATO dan duduk di setiap pertemuan tentang masalah perang.

2. Finlandia mengatakan telah mencapai pedoman pengeluaran pertahanan NATO sebesar 2 persen dari PDB. Swedia juga meningkatkan anggaran militernya dan berharap untuk mencapai target pada tahun 2028. NATO rata-rata 1,6 persen tahun lalu.

Peringatan Putin untuk Finlandia

Presiden Rusia Vladimir Putin mengatakan kepada timpalannya dari Finlandia Sauli Niinistö pada hari Sabtu bahwa mengabaikan netralitas dan bergabung dengan NATO “akan menjadi kesalahan” yang dapat merusak hubungan antara kedua negara, Reuters melaporkan. Rusia, sebagian, menyalahkan ekspansi NATO ke arah timur karena mengobarkan perang dengan Ukraina. Putin telah menjanjikan tanggapan “militer dan teknis” jika mereka bergabung dengan koalisi.

(Dengan masukan dari Reuters, AP)