Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Penjelasan: Mengapa jurnalis BBC Sarah Rainford dipaksa meninggalkan Rusia

Wartawan BBC Sarah Rainford di Moskow terpaksa meninggalkan Rusia setelah visanya berakhir pada akhir Agustus. Pihak berwenang Rusia telah menjelaskan bahwa visa Rainford tidak akan diperpanjang.

“Saya dipecat dan diberitahu bahwa saya tidak akan pernah bisa kembali ke sini,” kata Rainford kepada BBC Radio 4 dalam sebuah wawancara.

BBC 4 melaporkan bahwa Rainford, yang menggunakan visa jangka pendek daripada visa tahunan, ditahan di perbatasan selama beberapa jam ketika dia kembali dari Belarus di mana dia mewawancarai Presiden Alexander Lukashenko.

Siapa Sarah Rainford?

Sarah Rainsford adalah koresponden BBC Moskow, dan juga telah melaporkan dari Istanbul, Madrid dan Havana. Dia lulus dalam bahasa Rusia dan Prancis dari Fitzwilliam College, Cambridge, dan bergabung dengan biro BBC Moskow pada Agustus 2000. Rainford menerbitkan buku pertamanya, Wanita kami di Havana, pada tahun 2018.

Menggambarkan pengusirannya dari Rusia sebagai hal yang menghancurkan dan mengejutkan, Rainford mengatakan bahwa Rusia bukan hanya publikasinya tetapi juga negara tempat dia mengabdikan sebagian besar hidupnya. “Faktanya, saya baru saja menghitung bahwa hampir sepertiga dari hidup saya tinggal di Rusia,” kata Rainford kepada BBC Radio 4:

Rainford belajar bahasa, mempelajari sejarah dan budaya, dan tinggal di Rusia mencoba memahami orang selama bertahun-tahun. “Sebagai jurnalis selama bertahun-tahun di BBC, saat bekerja di Rusia dan luar negeri, saya senang mencoba menceritakan kisah Rusia kepada dunia, tetapi semakin sulit untuk diceritakan,” katanya.

READ  India mengalahkan China dalam pemilihan ReCAAP dengan Kuartet di sisinya | berita terbaru india

Apa alasan pengusiran Sarah Rainford?

Media milik negara Rossiya-24 telah melaporkan bahwa Rusia tidak akan memperbarui visa kerja Rainsford dalam upaya untuk mengimbangi “diskriminasi” terhadap media Rusia oleh Inggris.

The Guardian melaporkan bahwa jurnalis Russia 24, yang memberikan laporan tersebut, mengatakan pemecatan Rainford adalah reaksi terhadap ancaman sebelumnya bahwa Ofcom mungkin mencabut lisensi RT yang didanai negara Rusia.

Ofcom dikenakan denda 200.000 euro untuk pelanggaran serius terhadap aturan netralitas.

Sebuah laporan Kantor Luar Negeri juga menyatakan bahwa “meskipun tidak ada kasus terbuka yang menghalangi aktivitas media Rusia di Inggris pada tahun 2020, sejak Desember 2018, RT TV telah terlibat dalam gugatan dengan regulator media Inggris Ofcom., dan RIA Novosti.” , koresponden Channel One dan Russia-1 tidak dapat menggunakan rekening bank perusahaan di Inggris sejak 2016. Ada kecenderungan yang jelas dari kecaman publik dan serangan media terhadap politisi Inggris dan tokoh masyarakat yang bekerja sama dengan perwakilan media Rusia, khususnya di RT.

Pada bulan April tahun ini, juru bicara Kementerian Luar Negeri Maria Zakharova mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa Inggris membenarkan tindakan pembatasan yang dikenakan pada jurnalis dan media berbahasa Rusia dan Rusia. “Kami berharap London akan menghindari obsesi spionase Perang Dingin dan tidak mengekspos warga negara dan jurnalis yang jujur ​​pada penganiayaan yang tidak masuk akal atas dasar beberapa hubungan fiktif dengan negara kami,” katanya.

Pada hari Jumat, kantor berita Rusia TASS melaporkan bahwa Zakharova memposting di Telegram bahwa sementara media Barat meminta komentar tentang pengusiran jurnalis Inggris, BBC diberitahu segalanya dan mereka harus memiliki sesuatu untuk dikatakan.

Zakharova juga mengatakan, dalam surat itu, bahwa Moskow secara konsisten melaporkan “pelanggaran visa” London kepada seorang reporter Rusia di Inggris tetapi BBC mengabaikannya. “Kami telah mengeluarkan beberapa pernyataan yang meminta pihak Inggris untuk menghentikan penganiayaan terhadap jurnalis Rusia,” kata Zakharova.

READ  Jaishankar menekankan pentingnya koridor transportasi China dalam tanggapan India terhadap Covid-19

Dalam sebuah wawancara di BBC Radio 4 pada hari Sabtu, Rainford mengatakan dia secara resmi diberitahu oleh pihak berwenang tentang kasus dua tahun di mana residensi seseorang sebagai jurnalis tidak diperpanjang.

Dia menambahkan: “Ada juga alasan terpisah yang diberikan kepada saya, termasuk sanksi yang dijatuhkan oleh pemerintah Inggris terhadap warga Rusia, termasuk sanksi terhadap orang yang melanggar hak asasi manusia dan daftar orang yang telah dihukum karena korupsi.”

berita | Klik untuk mendapatkan penjelasan terbaik hari ini di kotak masuk Anda

Rainford juga mengatakan dia yakin pengusirannya dalam konteks “kemerosotan besar-besaran” dalam hubungan antara Rusia dan Inggris tetapi terutama antara Rusia dan Barat.

Bagaimana tanggapan BBC?

Direktur Jenderal BBC, Tim Davy, mengeluarkan pernyataan yang mengatakan: “Pengusiran Sarah Rainford adalah serangan langsung terhadap kebebasan media, yang kami kutuk tanpa syarat.”

Davey mengatakan Rainford adalah jurnalis yang sangat tak kenal takut dan pembicara bahasa Rusia yang fasih.

Dia menambahkan bahwa Rainford telah memberikan pelaporan independen dan mendalam tentang Rusia dan bekas Uni Soviet, sambil mendesak pihak berwenang Rusia untuk mempertimbangkan kembali penilaian mereka.

Apakah ini pertama kalinya pihak berwenang Rusia mengusir seorang jurnalis?

Pengusiran Luke Harding dari Guardian pada 2011 adalah pengusiran pertama seorang jurnalis Inggris dari negara itu sejak berakhirnya Perang Dingin.

Seperti dilansir Guardian, pemecatan Harding terjadi setelah dia melaporkan di kabel WikiLeaks bahwa Rusia di bawah Vladimir Putin telah menjadi “negara mafia virtual”.

Rusia juga melarang jurnalis Amerika David Satter pada 2014 dan meminta seorang reporter Polandia agar Gazeta Wyborcza pergi pada 2015.

READ  Emirates memperpanjang larangan penerbangan ke Emirates dari India, Pakistan, dan dua negara lainnya hingga 28 Juli | berita Dunia

Rainford mengatakan kepada BBC Radio 4 bahwa untuk media independen Rusia, ada masalah serius untuk sementara waktu, tetapi sampai sekarang pers asing mengira dia dikucilkan dan dilindungi dari otoritas Rusia. Ini adalah pertanda buruk bagi situasi di Rusia. Mereka datang untuk pers dan bukan hanya saya tetapi juga jurnalis Rusia – sedikit yang tersisa dan mencoba untuk menulis dengan bebas dan mandiri di masa-masa sulit ini.”

apa selanjutnya?

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Rusia Maria Zakharova mengatakan di saluran Telegramnya bahwa Moskow akan memperpanjang visa kerja jurnalis BBC Sarah Rainford jika London melakukan hal yang sama untuk reporter Rusia, TASS melaporkan pada hari Sabtu.

Setelah reporter Rusia diberikan visa, Sarah juga akan diberikan visa ini. Inilah yang kami usulkan ketika mengundang London untuk keluar dari kebuntuan visa bagi jurnalis,” tulis Zakharova.

Bergabunglah sekarang : Penjelasan Saluran Telegram Ekspres

Zakharova, yang menolak bahwa pihak berwenang Rusia telah memberi tahu Rainford bahwa dia tidak dapat kembali, menulis, “Dia tidak diberitahu hal seperti itu. Seorang jurnalis, bahkan seorang jurnalis Inggris, yang telah hidup – atas kebijaksanaannya sendiri – sepertiga dari hidupnya – di lingkungan berbahasa Rusia, harus memahami perbedaan antara ‘jangan pernah kembali” dan “Cabut visa jurnalis dan akreditasi tanpa batas.” Tapi kami terbiasa dengan manipulasi informasi semacam ini.”

Zakharova menambahkan bahwa tindakan Rusia itu murni pembalasan dan bukan merupakan pelanggaran kebebasan berekspresi dengan cara apa pun.