Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perang Ukraina: 2 ‘superbom’ dijatuhkan di Mariupol, Zelenskyy beralih ke Paus |  Berita Dunia

Perang Ukraina: 2 ‘superbom’ dijatuhkan di Mariupol, Zelenskyy beralih ke Paus | Berita Dunia

Pasukan Rusia menjatuhkan dua “bom super kuat” di Mariupol pada hari Selasa ketika pemerintah setempat melakukan upaya baru untuk menyelamatkan warga sipil dari kota pelabuhan Ukraina yang terkepung yang telah menderita penembakan tanpa henti sejak invasi Moskow dimulai sekitar sebulan lalu.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy mengatakan “tidak ada yang tersisa” dari kota strategis itu di tengah seruan Kyiv ke Moskow untuk mengizinkan evakuasi setidaknya 1.00.000 orang yang ingin pergi.

“Tidak ada yang tersisa di sana. Hanya reruntuhan,” kata Zelenskyy tentang Mariupol, yang berpenduduk 4.00.000 jiwa pada masa damai, dalam pidato video di hadapan Parlemen Italia.

Saat dia berbicara, dewan kota mengatakan pasukan Rusia telah menjatuhkan dua bom besar di Mariupol tetapi tidak memberikan rincian konsekuensi atau kerusakan.

Baca juga | Biden memperingatkan perusahaan AS tentang potensi serangan siber Rusia

Dalam sebuah pidato video, Wakil Perdana Menteri Iryna Vereshchuk mengatakan, “Kami tahu bahwa tidak akan ada cukup ruang untuk semua orang, tetapi kami akan mencoba melakukan evakuasi sampai kami mendapatkan semua penduduk Mariupol keluar.”

“Jelas bahwa penjajah tidak tertarik dengan kota Mariupol, mereka ingin meruntuhkannya hingga menjadi abu,” kata pihak berwenang.

Pertempuran untuk kota-kota Ukraina berlanjut di pinggirannya pada siang hari, dengan militer Ukraina memaksa pasukan Rusia keluar dari lingkungan Kyiv yang penting secara strategis, sementara pasukan Rusia mengambil kendali sebagian dari tiga pinggiran barat laut tempat pertempuran selama berminggu-minggu.

Baca juga | Pasukan Rusia menembaki warga sipil tanpa pandang bulu di Mariupol: Gubernur

Berikut adalah beberapa pembaruan teratas lainnya dari perang yang berada di minggu keempat, menyebabkan ratusan orang tewas, ribuan terluka dan memicu salah satu krisis pengungsi terburuk yang pernah dialami Eropa sejak Perang Dunia Kedua.

READ  Starship Super Heavy meledak beberapa saat setelah lepas landas

– PBB mengatakan lebih dari 3,5 juta orang telah meninggalkan Ukraina sejak Rusia menginvasi pada 24 Februari, sementara jutaan lainnya telah mengungsi di dalam negeri.

– Zelenskyy meminta bantuan Paus Fransiskus, mendesak Paus untuk menengahi konflik dan membantu mengakhiri “penderitaan manusia”.

– Sekjen PBB Antonio Guterres menggambarkan perang itu sebagai “tidak dapat dimenangkan” bagi Rusia. “Selama lebih dari dua minggu, Mariupol telah dikepung oleh tentara Rusia dan tanpa henti dibom, ditembaki, dan diserang. Untuk apa?” katanya kepada wartawan di New York.

– Sebelumnya, Zelenskyy mengatakan semua masalah akan dibahas jika Vladimir Putin dari Rusia setuju untuk mengarahkan pembicaraan guna mengakhiri perang, termasuk wilayah timur Donbas yang diperebutkan dan semenanjung Krimea yang dicaplok. Namun dia memperingatkan negaranya akan “hancur” sebelum menyerah.

– Kremlin mengatakan ingin melihat negosiasi dengan Kyiv menjadi “lebih aktif dan substansial”.

– Seorang jurnalis foto Ukraina hilang di zona pertempuran dekat ibu kota, menimbulkan kekhawatiran bahwa dia mungkin terluka, atau ditawan oleh pasukan Rusia. Kantor berita UNIAN mengatakan Maksym Levin tidak ditemukan sejak 13 Maret ketika dia menghubungi temannya dari Vyshhorod dekat Kyiv.

– Seorang pejabat senior pertahanan Amerika Serikat mengatakan belum ada indikasi konkrit tentang serangan senjata kimia atau biologi Rusia di Ukraina, tetapi aliran intelijen dipantau secara ketat untuk mereka. Pernyataannya muncul sebagai tanggapan terhadap Presiden AS Joe Biden yang mengatakan tuduhan palsu Rusia bahwa Kyiv memiliki senjata biologi dan kimia menggambarkan bahwa Putin sedang mempertimbangkan untuk menggunakannya sendiri dalam perang melawan Ukraina.

– Seorang prajurit Ukraina tewas dalam serangan pesawat tak berawak di sebuah tempat ilmiah di barat laut Kyiv, kata AFP di tempat kejadian. Serangan terhadap Institute for Superhard Materials terjadi sehari setelah sedikitnya delapan orang tewas dalam pengeboman sebuah pusat perbelanjaan. Ibu kota memberlakukan jam malam hingga Rabu pagi.

READ  Vaksin COVID-19 - Dana Moneter Internasional menyajikan rencana $ 50 miliar yang dapat memvaksinasi semua orang pada pertengahan 2022

(Dengan masukan agensi)