Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perdana Menteri Inggris yang baru Keir Starmer membatalkan rencana Rwanda

Perdana Menteri Inggris yang baru Keir Starmer membatalkan rencana Rwanda

London:

Perdana Menteri Inggris yang baru terpilih Keir Starmer pada hari Sabtu memulai hari pertamanya menjabat dengan menyatakan rencana Partai Konservatif yang terisolasi untuk mendeportasi migran ke Rwanda “mati dan terkubur” dan bersumpah bahwa pertumbuhan akan menjadi “misi nomor satu” pemerintahannya.

Pada hari Jumat, pemimpin Partai Buruh Inggris menang telak dalam pemilu, mengakhiri 14 tahun kekuasaan Partai Konservatif.

Dia mengatakan dia “menantikan perubahan” dan bahwa partainya telah diberi “mandat untuk melakukan politik secara berbeda.”

Keir Starmer memulai harinya dengan pertemuan pertama kabinetnya, termasuk menteri keuangan pertama Inggris, Rachel Reeves, dan Menteri Luar Negeri baru David Lammy.

Ia mengatakan kepada anggota tim kementeriannya, di tengah tepuk tangan dan senyuman dari mereka yang hadir di meja Kabinet: “Kita mempunyai banyak sekali pekerjaan yang harus dilakukan, jadi sekarang kita harus melanjutkan pekerjaan kita.”

Dalam konferensi pers setelahnya, dia mengatakan dia tidak akan melanjutkan rencana kontroversial mantan Perdana Menteri Konservatif Rishi Sunak untuk mengatasi peningkatan jumlah kedatangan perahu kecil di pantai selatan Inggris dengan mendeportasi migran ke Rwanda.

Ia mengatakan kepada wartawan di kantornya di Downing Street: “Rencana Rwanda sudah mati dan terkubur sebelum dimulai… dan saya tidak siap untuk melanjutkan trik yang tidak akan memberikan efek jera.”

“Mendorong pertumbuhan”

Keir Starmer menghabiskan jam-jam pertamanya di Downing Street pada hari Jumat untuk menunjuk tim menterinya, beberapa jam setelah mengamankan kembalinya partai kiri-tengahnya ke kekuasaan dengan mayoritas besar 174 kursi di Parlemen Inggris.

Penunjukan penting di jajaran bawah termasuk Patrick Vallance, kepala penasihat ilmiah pemerintah selama pandemi Covid-19, yang ditunjuk sebagai menteri sains.

James Timpson, yang perusahaan reparasi sepatunya mempekerjakan mantan narapidana, juga ditunjuk sebagai Menteri Penjara.

READ  Kesenjangan sepuluh bulan antara dosis AstraZeneca melihat peningkatan tertinggi dalam antibodi: studi Oxford

Keir Starmer mengatakan kedua menteri baru tersebut adalah orang-orang yang “terhubung dengan perubahan” dan menunjukkan tekadnya untuk memberikan perbaikan nyata dalam kehidupan masyarakat.

Dia mengatakan upaya untuk “mendorong pertumbuhan” telah dimulai, dan menambahkan bahwa dia telah mengatakan kepada para menterinya “apa yang saya harapkan dari mereka dalam hal standar, penyampaian dan kepercayaan yang diberikan negara kepada mereka.”

Dukungan NATO ‘tak tergoyahkan’

Pada hari Jumat, kerumunan aktivis Partai Buruh yang bersorak menyambut Keir Starmer di Downing Street beberapa jam setelah kemenangannya.

Namun ada tantangan besar yang dihadapi pemerintahannya, termasuk stagnasi ekonomi, memburuknya layanan publik, dan keluarga yang menderita krisis biaya tinggi selama bertahun-tahun.

Para pemimpin dunia berbaris untuk memberi selamat kepada Perdana Menteri Inggris yang baru.

Keir Starmer berbicara melalui telepon dengan Presiden AS Joe Biden dan “membahas komitmen bersama mereka terhadap hubungan khusus antara Inggris dan AS dan ambisi mereka yang selaras untuk pertumbuhan ekonomi yang lebih besar,” menurut London.

Ia juga berbicara dengan Presiden Komisi Eropa Ursula von der Leyen, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky, dan Perdana Menteri India Narendra Modi.

Namun mantan Presiden AS Donald Trump – dan mungkin di masa depan – mengabaikan Keir Starmer, dan malah memuji terobosan elektoral yang dicapai oleh Partai Reformasi sayap kanan di Inggris, yang dipimpin oleh sekutunya Nigel Farage, dengan memenangkan lima kursi.

Keir Starmer akan tampil untuk pertama kalinya di panggung internasional sebagai pemimpin ketika ia melakukan perjalanan ke Washington minggu depan untuk menghadiri pertemuan puncak NATO.

“Sangat jelas bahwa tugas pertama pemerintah saya adalah keamanan dan pertahanan, dan memperjelas dukungan kami yang teguh terhadap NATO,” katanya.

READ  Klarifikasi: Apa yang Trump katakan tentang pendanaan NATO dan apa Pasal 5-nya? | berita Dunia

Dia menambahkan bahwa dia meyakinkan Zelensky tentang dukungan Inggris dan sekutunya untuk Ukraina.

Ketakutan akan konflik internal

Pemilu tersebut menyaksikan Partai Buruh mendekati rekor 418 kursi di bawah mantan pemimpinnya Tony Blair pada tahun 1997, dengan memenangkan 412 kursi.

Partai Konservatif menderita kekalahan terburuk yang pernah mereka alami, hanya memenangkan 121 daerah pemilihan, yang mendorong Rishi Sunak meminta maaf kepada negaranya dan menegaskan bahwa ia akan mengundurkan diri sebagai pemimpin Partai Konservatif setelah pengaturan untuk memilih penggantinya sudah ada.

Rekornya adalah 12 mantan menteri senior kehilangan kursi mereka di Parlemen, bersama dengan mantan Perdana Menteri Liz Truss, yang masa jabatannya yang singkat dan membawa bencana ekonomi pada tahun 2022 menyebabkan kerusakan yang tidak dapat diperbaiki pada partai tersebut menjelang pemilu.

Kini partai tersebut siap menghadapi periode pertikaian lagi antara sayap moderat yang menginginkan pemimpin berhaluan tengah dan mereka yang mungkin bersedia menjadikan Farage sebagai pemimpin baru.

Pemilu ini juga menyaksikan Partai Demokrat Liberal yang berhaluan tengah memperoleh perolehan terbesar dalam hampir satu abad, dengan memperoleh lebih dari 70 kursi.

Namun persaingan tersebut sangat menyedihkan bagi Partai Nasional Skotlandia yang pro-kemerdekaan, yang hancur total di Skotlandia, dimana jumlah kursinya turun dari 48 kursi menjadi hanya sembilan kursi.

Partai Hijau menyelenggarakan pemilihan umum terbaiknya, dengan meningkatkan jumlah anggota parlemennya di Parlemen sebanyak empat kali lipat menjadi empat.

Pada saat yang sama, enam anggota parlemen independen terpilih dalam jumlah yang belum pernah terjadi sebelumnya – empat di antaranya mengalahkan kandidat Partai Buruh di wilayah dengan populasi Muslim yang besar dan kampanye yang berpusat pada konflik antara Israel dan Hamas.

READ  Vladimir Putin memberhentikan wakil menteri pertahanan. Pilihan baru adalah "Penjagal Mariupol" | berita Dunia

(Kecuali judulnya, cerita ini belum diedit oleh staf NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)

Video unggulan hari ini

Seperti di Ayodhya, Kongres akan mengalahkan BJP di Gujarat: Rahul Gandhi