Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perdana Menteri Malaysia memerintahkan “penguncian total” di tengah meningkatnya COVID | Berita pandemi virus Corona

Malaysia bergulat dengan wabah virus korona yang meningkat pesat yang membebani sistem perawatan kesehatan negara itu.

Perdana Menteri Malaysia Muhyiddin Yassin mengumumkan “penguncian total” secara nasional yang dimulai pada bulan Juni ketika jumlah infeksi virus korona di negara itu meningkat ke tingkat rekor.

Muhyiddin mengatakan, penutupan paling ketat dari 1 hingga 14 Juni itu untuk semua bidang sosial dan ekonomi, dan hanya sektor layanan dasar dan ekonomi yang akan tetap beroperasi, yang akan didaftarkan oleh Dewan Keamanan Nasional.

Para pejabat percaya bahwa variabel yang lebih menular telah berkontribusi terhadap peningkatan tersebut, seperti halnya cluster di negara mayoritas Muslim itu selama bulan suci Ramadhan dan hari raya Idul Fitri awal bulan ini.

“Dengan peningkatan kasus harian baru-baru ini yang menunjukkan tren peningkatan yang signifikan, kapasitas rumah sakit di seluruh negeri untuk merawat pasien Covid-19 menjadi terbatas,” kata Mohiuddin dalam sebuah pernyataan, Jumat.

Malaysia melaporkan 8.290 kasus baru virus korona pada hari Jumat, hari keempat berturut-turut dari rekor infeksi, sehingga total menjadi 549.514. Jumlah kematian harian juga mencapai rekor tertinggi, dengan 63 orang pada awal pekan ini.

Ini melaporkan 61 kematian pada hari Jumat, sehingga total menjadi 2.552.

Meskipun prevalensi sedang menurut standar global, penyebarannya telah meningkat pesat dalam beberapa minggu terakhir, dan jumlah pasien dalam perawatan intensif dan ventilator telah mencapai rekor tertinggi.

Seorang pekerja medis yang mengenakan pakaian pelindung melakukan tes di situs pengujian COVID-19 gratis di Shah Alam [File: Mohd Rasfan/ AFP]

Malaysia telah memulai kampanye vaksinasi COVID-19, meskipun para kritikus mengatakan permulaannya lambat. Sekitar 1,7 juta orang telah menerima setidaknya satu dosis vaksin hingga Kamis.

Mohiuddin mengatakan, dengan kondisi perekonomian yang sepenuhnya mati, Kementerian Keuangan akan segera mengumumkan paket bantuan untuk individu dan sektor ekonomi.

READ  Resepsionis Inggris mendapat 20.000 rupee sebagai kompensasi karena tidak masuk ke kantor pizza

Dia mengatakan bahwa jika Malaysia dapat mengurangi jumlah kasus dalam dua minggu pertama penutupan, pemerintah akan mengizinkan beberapa sektor untuk dibuka kembali secara perlahan selama empat minggu ke depan – setelah itu semua sektor ekonomi akan diizinkan untuk beroperasi.

Malaysia telah meluncurkan lebih dari 300 miliar ringgit ($ 72,6 miliar) dalam bentuk paket stimulus sejak tahun lalu untuk meredam dampak pandemi terhadap perekonomian.

Juga telah berada dalam keadaan darurat sejak Januari untuk membatasi penyebaran virus, menangguhkan parlemen dan mengakhiri kegiatan politik di tengah perebutan kekuasaan.

Ekonomi Malaysia sedang menuju pemulihan pada kuartal pertama sebelum infeksi mulai meningkat.

Itu turun 5,6 persen pada 2020, kinerja tahunan terburuk sejak krisis keuangan Asia, tetapi bank sentral memperkirakan pertumbuhan antara 6 dan 7,5 persen tahun ini.

Pemandangan umum dari jalan yang ditinggalkan di Kuala Lumpur selama penguncian karena pandemi virus korona [File: Lim Huey Teng/Reuters]