Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perdana Menteri Modi berbicara dengan Putin selama 45 menit tentang situasi di Afghanistan; Taliban Tunjuk Menteri Keuangan Kabul Gough

Menteri Persatuan Hardeep Puri terlihat membawa tiga Guru Granth Sahib di luar bandara Delhi setelah sebuah pesawat khusus Air India yang membawa 44 warga Sikh Afghanistan mendarat di ibu kota nasional Dushanbe. Pemimpin senior BJP V Muralidharan dan R.P. Singh juga hadir. Sekelompok 77 orang dievakuasi dari Kabul dan diangkut ke Dushanbe dengan pesawat Angkatan Udara India.

Wakil Presiden Afghanistan Amrullah Saleh mengatakan bahwa suatu hari hanya Tuhan yang akan membersihkan jiwa saya dari sini, tetapi jenazah saya akan memenuhi tanah, di mana para ahli percaya Lembah Panjshir, yang merupakan pusat utama terakhir perlawanan Taliban, mungkin juga jatuh. “Perlawanan saat ini hanya verbal karena Taliban belum mencoba memasuki Panjshir,” kata spesialis Afghanistan Gil Doronsoro dari Universitas Sorbonne di Paris kepada AFP.

Baik Saleh, seorang pialang kekuasaan utama di bawah pemerintah yang didukung Barat dalam dua dekade terakhir, dan Ahmed Masoud, putra Ahmed Shah Massoud, telah berlindung di wilayah tersebut dan menyerukan pemberontakan melawan Taliban. Kelompok pemberontak telah memperingatkan akan ada “konsekuensi” jika Amerika Serikat dan sekutunya mencoba untuk tinggal di Afghanistan setelah minggu depan, ketika Washington meningkatkan upaya untuk mengevakuasi puluhan ribu orang yang putus asa untuk melarikan diri.

Sementara itu, Nilofar Bayat, kapten bola basket kursi roda Afghanistan dan aktivis hak-hak perempuan, melarikan diri untuk menyelamatkan hidupnya ketika Taliban merebut kekuasaan, mencari keselamatan di Spanyol di mana dia berharap untuk segera kembali ke lapangan. Wanita berusia 28 tahun itu berbicara kepada wartawan di kota utara Bilbao beberapa hari setelah tiba dengan pesawat militer Spanyol, tentang keterkejutannya pada seberapa cepat Taliban menyerbu ibu kota, Kabul, dan perjuangannya untuk keluar.

READ  Joe Biden meminta laporan intelijen tentang Covid Origins dalam waktu 90 hari

Dia berkata: “Saya sangat ingin PBB dan semua negara untuk membantu Afghanistan .. karena Taliban sama seperti 20 tahun yang lalu.” “Jika Anda melihat Afghanistan sekarang, semuanya laki-laki, dan tidak ada perempuan karena mereka tidak menerima perempuan sebagai bagian dari masyarakat.”

Setelah pelarian yang menegangkan, dia dan suaminya Ramesh, yang bermain untuk tim bola basket nasional Afghanistan, mendarat di sebuah pangkalan udara di luar Madrid pada hari Jumat dan sekarang memulai hidup baru di Bilbao.

Ribuan tentara telah dikerahkan ke negara itu untuk mengawasi pengangkutan orang asing dan Afghanistan yang kacau dari bandara Kabul, dan tekanan meningkat pada Presiden AS Joe Biden untuk memperpanjang batas waktu 31 Agustus untuk penarikan penuh.

Biden dan rekan-rekannya di Kelompok Tujuh – banyak dari mereka mendorongnya untuk meninggalkan tentara di bandara agar tetap terbuka – akan bertemu pada hari Selasa, berkoordinasi di Afghanistan dan bagaimana menangani gerakan garis keras Taliban yang menjadi agenda utama.

“Tujuannya adalah mengeluarkan sebanyak mungkin orang secepat mungkin,” kata juru bicara Pentagon John Kirby kepada wartawan, Senin. “Fokusnya adalah mencoba melakukan ini sebaik mungkin, pada akhir bulan.”

Baca semua file berita terbaruDan berita terbaru Dan Berita virus corona Di Sini