Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perdana Menteri Modi pada Pertemuan Menteri Luar Negeri G20

Perdana Menteri Modi pada Pertemuan Menteri Luar Negeri G20

New Delhi:

“Pemerintahan global telah gagal” dan multilateralisme berada dalam krisis, kata Perdana Menteri Narendra Modi hari ini ketika dia membuka pertemuan menteri luar negeri G20 saat perang Rusia di Ukraina menjadi pusat perhatian.

Perdana Menteri Modi, dalam rekaman pesan menjelang sesi pertama pertemuan para menteri luar negeri, mengatakan bahwa lembaga multilateral telah gagal mengatasi tantangan dunia yang paling mendesak.

“Kita semua harus mengakui bahwa multilateralisme sedang mengalami krisis hari ini… Pengalaman beberapa tahun terakhir – krisis keuangan, perubahan iklim, pandemi, terorisme, dan perang – jelas menunjukkan bahwa tata kelola global telah gagal,” katanya.

“Setelah bertahun-tahun mengalami kemajuan, hari ini kita berisiko untuk kembali mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Banyak negara berkembang berjuang dengan utang yang tidak berkelanjutan sambil berusaha memastikan ketahanan pangan dan energi. Mereka juga yang paling terpukul oleh pemanasan global yang disebabkan oleh negara-negara kaya . Itulah mengapa saya mencoba untuk memimpin India untuk G20 Memberikan Suara untuk Dunia Selatan”.

Perdana Menteri Modi mendesak para pemimpin dunia untuk menemukan “kesamaan” dalam isu-isu yang diperdebatkan.

“Kami bertemu di saat perpecahan global yang mendalam. Kami memiliki tanggung jawab kepada mereka yang tidak berada di ruangan ini,” kata perdana menteri.

“Kita tidak boleh membiarkan masalah yang tidak bisa kita selesaikan bersama menghalangi masalah yang bisa kita selesaikan.”

Perdana Menteri Modi mengatakan bahwa tidak ada kelompok yang dapat mengklaim kepemimpinan global tanpa mendengarkan mereka yang paling terpengaruh oleh keputusannya. “Kita harus fokus pada apa yang mempersatukan kita, bukan pada apa yang memisahkan kita,” tegasnya.

Sekitar 40 delegasi ikut serta dalam Pertemuan Menteri Luar Negeri G20 di Pusat Budaya Rashtrapati Bhavan.

READ  Anda memiliki kekhawatiran tentang kebijakan imigrasi terbuka dengan India: Menteri Dalam Negeri Inggris | berita terbaru india

Selain negara anggota G20, para menteri luar negeri dari sembilan negara tamu, yaitu Bangladesh, Mesir, Mauritius, Belanda, Nigeria, Oman, Singapura, Spanyol, dan Uni Emirat Arab, akan berpartisipasi dalam pertemuan tersebut.

Para menteri diperkirakan akan membahas tantangan global utama selama pertemuan mereka di tengah meningkatnya keretakan antara Barat pimpinan AS dan Rusia dan China terkait perang Ukraina. India akan melakukan yang terbaik untuk mengeluarkan pernyataan bersama setelah pertemuan tersebut.

Rusia mengklaim pada hari Minggu bahwa pertemuan para menteri keuangan G20 di Bengaluru berakhir tanpa pernyataan bersama karena pendekatan “konfrontatif” terhadap Moskow oleh “kolektif Barat” atas situasi di Ukraina.