SINDOBatam

Terbaru Metro+

Opini+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Perizinan Online Gunakan Paraf Digital

  • Reporter:
  • Jumat, 18 Oktober 2019 | 14:05
  • Dibaca : 101 kali
Perizinan Online Gunakan Paraf Digital
ilustrasi.

BATAM – Pemerintah Kota Batam bekerja sama dengan Balai Sertifikasi Elektronik Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) untuk pemanfaatan sertifikat elektronik atau certificate authority.

Penandatanganan perjanjian kerja sama diwakili oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Salim.

“Kami baru saja menandatangani perjanjian kerja sama dengan BSSN terkait pemanfaatan sertifikat elektronik. Ini kami gunakan untuk pelayanan perizinan online (daring) di Mal Pelayanan Publik (MPP) Batam,” katanya, Kamis (17/10).

Penerapan ini dalam rangka penerapan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) yang memerlukan sertifikat elektronik. Selain itu, model ini juga untuk mencegah tindak pidana korupsi.

“Untuk menjalankan rekomendasi Korsupgah KPK juga diperlukan penerapan tanda tangan elektronik. Dengan penerapan ini semoga pelayanan semakin cepat, efisien, dan efektif,” ujarnya.

Sekretaris Utama BSSN, Syahrul Mubarak mengatakan SPBE bertujuan mewujudkan tata kelola pemerintah yang berkualitas dan terpercaya. Salah satu prinsip penerapan SPBE adalah keamanan.

“Keamanan menjadi unsur penting dari layanan SPBE yang terintegrasi. Penerapan SPBE memerlukan implementasi teknologi yang aman agar mampu meningkatkan kepercayaan stakeholder,” kata Syahrul.

Sertifikat elektronik ini mengedepankan lima prinsip. Yakni kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian, dan kenirsangkalan data.

“Harapannya bisa menciptakan pelayanan yang lebih fleksibel dan mampu mendorong keakuratan data yang tersedia,” katanya.

Syahrul berpesan, Dinas Kominfo harus diberi mandat untuk menjaga keberlangsungan sistem. Kerja sama BSSN dengan enam pemerintah daerah ini merupakan bentuk sinergi dan kolaborasi dalam rangka menciptakan keamanan siber dan informasi.

“Sehingga pengamanan sistem elektronik ini berjalan baik,” katanya. iwan sahputra

Komentar

Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!

Berita Terbaru

Theme Portal Berita TUX_URL.com