Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perlombaan tawaran berlanjut: EQT menawarkan €3,6 miliar ke Zooplus

Penawaran berlanjut
EQT menyediakan 3,6 miliar euro untuk Zooplus

Dalam pertempuran untuk pengecer persediaan hewan peliharaan online terbesar di Eropa, investor EQT melampaui saingannya Hellman & Friedman. Direksi menyambut baik tawaran dari Swedia. Akan menarik untuk melihat apakah perusahaan induk AS meningkatkan tawarannya lagi.

Dalam perlombaan bernilai miliaran dolar untuk perusahaan pemasok hewan peliharaan online Zooplus di Munich, investor keuangan EQT telah memimpin. Pada malam hari, Swedia mengumumkan tawaran pengambilalihan €3,6 miliar termasuk utang dan dengan demikian mengungguli saingannya Amerika Hellman & Friedman (H&F).

Zooplus 465,60

Penawarannya kepada pemegang saham Zooplus seharga €460 per saham berlangsung hingga 12 Oktober, EQT sekarang menawarkan €470. H&F masih bisa mengikutinya. Dewan direksi Zooplus di sekitar pendiri Cornelius Butt menyambut baik tawaran baru dari Swedia – serta tawaran sebelumnya dari Hellman & Friedman – sebagai tawaran strategis dan layak secara finansial.

Namun, dia awalnya jatuh kembali dengan peringkat yang dia sukai. Zooplus ingin “memaksimalkan nilai bagi pemegang sahamnya dan pada saat yang sama menemukan mitra finansial dan strategis untuk meningkatkan keunggulan kompetitifnya dan memperluas kepemimpinan pasarnya di pasar hewan peliharaan Eropa yang tumbuh dan berubah dengan cepat dalam jangka panjang,” jelas perusahaan itu. Untuk melakukan ini, Anda harus berinvestasi dalam digitalisasi, logistik, dan rangkaian produk yang lebih luas, yang pada awalnya dapat mengorbankan pendapatan, Zooplus menjelaskan – sebuah “strategi yang didukung penuh oleh EQT.” Dana tersebut menjanjikan investasi yang signifikan. Didirikan pada tahun 1999, Zooplus sudah aktif di lebih dari 30 negara Eropa.

Dewan Direksi Zooplus telah mencari investor sejak musim semi dengan siapa seseorang dapat mempercepat pertumbuhan dan memperluas ke luar negeri. Awalnya, kesepakatan dicapai dengan H&F, tetapi itu mengundang perusahaan induk KKR dan EQT, yang menjanjikan lebih banyak uang. Setelah H&F meningkatkan penawarannya, KKR mengumumkan penarikannya. EQT tetap rendah sejauh ini.

Zooplus akan ditarik dari bursa

Swedia sekarang telah menekankan keahlian mereka dalam berinvestasi di sektor hewan peliharaan – dari jaringan veteriner hingga penyedia asuransi hewan di Inggris Raya hingga pengecer persediaan hewan peliharaan di Skandinavia. “EQT telah mengikuti perkembangan Zooplus sejak lama,” kata Johannes Reichel, Partner EQT. “Kami terkesan dengan basis pelanggan terbaik Zooplus dan posisi terdepan di banyak pasar berkat rangkaian produknya yang luar biasa.” Seperti H&F, EQT juga membidik mayoritas dan ingin mengambil Zooplus dari bursa setelah akuisisi. Tanpa tekanan pemegang saham, perusahaan dapat lebih fokus pada tujuan jangka panjangnya.

Jika Bafin menyetujui tawaran tersebut, investor Zooplus memiliki pilihan di antara dua tawaran tersebut. H&F telah menerima komitmen dari pemegang saham utama Zooplus seperti RAG-Stiftung dan investor Luksemburg, Luxempart, yang bersama-sama memiliki 17 persen saham. Ini juga termasuk CEO Pat. Namun, item ini dapat dirotasi jika terjadi tawaran bersaing yang lebih tinggi, seperti yang sekarang telah memperkenalkan EQT. Dengan demikian, H&F memiliki kesempatan setidaknya untuk mengikutinya untuk membuat mereka kembali ke pihak mereka.

Pemegang saham Zooplus telah bertaruh perang penawaran akan berlanjut. Saham yang termasuk dalam SDax Small Value Index ditutup Jumat di €465,80 di atas tawaran H&F.

READ  Euro: Koin satu sen ini bernilai 6000 euro! Apakah mereka bersamamu?