SINDOBatam

Feature+

Hattrick+

Jungkir Balik+

Persaingan Tinggi Picu Penyimpangan Perbankan

  • Reporter:
  • Jumat, 7 April 2017 | 11:14
  • Dibaca : 495 kali
Persaingan Tinggi Picu Penyimpangan Perbankan
ilustrasi

BATAM – Perkembangan industri perbankan akan mendorong pertumbuhan perekonomian nasional. Namun di sisi lain, hal itu juga berdampak pada meningkatnya persaingan industri perbankan. Hal ini akan membuka peluang oknum perbankan melakukan penyimpangan.

“Penyimpangan itu, baik yang bersifat administratif maupun pidana. Karena itu kami akan terus melakukan sosialisasi,” kata Direktur Pemeriksaan Khusus dan Investigasi Perbankan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Pusat Hendra Jaya Sukmana saat jumpa pers di Swissbell Hotel, Batam, Kamis (6/4).

Hendra mengatakan, OJK terus melakukan sosialisasi tentang Penanganan Dugaan Tindak Pidana Perbankan (Tipibank) kepada aparat penegak hukum. Sosialisasi ini untuk meningkatkan pemahaman praktisi perbankan dan aparat penegak hukum mengenai peran OJK dalam penanganan dugaan tindak pidana pencucian uang dan tindak pidana korupsi.

Untuk mengurangi potensi penyimpangan di perbangkan, lanjut Hendra, pelaku industri perbankan wajib menjalankan operasionalnya dengan memperhatikan prinsip kehati-hatian dan mengedepankan good corporate governance dari mulai level pelaksana sampai top manajemen.

Ia menjelaskan, penanganan dugaan tindak pidana perbankan di Indonesia pada periode 2014-2016 cukup banyak dan didominasi oleh Bank Perkreditan Rakyat (BPR). Tahun 2014 ada 55 kasus, 2015 sebanyak 19 kasus dan 2016 ada 25 kasus.

“Kami juga mengimbau kepada masyarakat agar selalu hati-hati. Segera laporkan ke OJK kalau memang ada tindakan perbankan yang tidak sesuai aturan,” katanya.

Kepala Kantor OJK Provinsi Kepri Uzersyah menambahkan, selain untuk meningkatkan dan memudahkan pemahaman mengenai unsur-unsur tipibank, sosialisasi juga dilengkapi dengan studi kasus dugaan tipibank. Baik sisi dana ataupun kredit.

Ia berharap, para peserta sosialisasi memiliki persepsi yang sama mengenai apa itu dugaan tipibank, dan bagaimana mencegah agar tidak terjadi penyimpangan, khususnya yang bersifat tipibank. Dengan demikian, peserta dapat memberikan kontribusi positif bagi pencegahan dan penegakan hukum di bidang perbankan.

“Untuk di wilayah Kepri, sejauh ini kami belum menemukan ada dugaan tipibank,” katanya.

1 Komentar

  1. asih imaniar Jumat, 5 Mei 2017

Theme Portal Berita TUX_URL.com