Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pertemuan mengejutkan Joe Biden dan Xi Jinping di KTT utama

Pertemuan mengejutkan Joe Biden dan Xi Jinping di KTT utama

Kini muncul video yang memperlihatkan Joe Biden berjalan mendekati Xi Jingping

Dalam pertemuan pribadi pertama mereka dalam setahun, Presiden AS Joe Biden bertemu dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pekan lalu di San Francisco.

Joe Biden memuji “kemajuan nyata” dengan Presiden Tiongkok Xi Jinping pada KTT Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik Kamis lalu ketika mereka sepakat untuk memulihkan kontak antarmiliter dalam upaya meredakan ketegangan yang meningkat.

Mulai dari foto hingga momen pertemuan mereka dibagikan secara luas secara online. Mereka terlihat berjalan-jalan di sekitar taman properti, berbicara dan tersenyum.

Kini muncul video tak bertanggal yang menunjukkan Joe Biden berjalan ke arah Xi Jinping untuk menjabat tangannya.

Video tersebut menunjukkan Joe Biden mendekati Xi Jinping dan menjabat tangannya, meletakkan satu tangan pada rekannya dari Tiongkok.

Kedua pemimpin dunia bertemu di pertemuan puncak tersebut setelah berbulan-bulan melakukan upaya diplomatik yang intens untuk meletakkan dasar bagi dialog penting ini, di tengah meningkatnya ketegangan di berbagai masalah, termasuk perdagangan, hak asasi manusia, dan pandemi.

Forum Kerja Sama Ekonomi Asia-Pasifik (APEC) sebagian besar berfokus pada perdagangan, dan mencakup negara-negara yang berbeda seperti Indonesia yang mayoritas penduduknya Muslim dan Amerika Serikat, sekutu terpenting Israel.

Tiongkok secara rutin memperingatkan bahwa mereka tidak akan mengalah pada isu-isu yang mereka anggap sebagai “garis merah”, seperti Taiwan, sebuah pulau otonom di lepas pantainya yang diklaim Beijing sebagai wilayahnya, dan perluasan wilayahnya ke Laut Cina Selatan.

READ  UEA Mengubah Undang-Undang Imigrasi Mulai Besok: Bagaimana Aturan Baru Dapat Menguntungkan Orang India | berita Dunia

Namun Washington dan Beijing baru-baru ini mencapai beberapa kemajuan dalam hubungan perdagangan dan ekonomi serta perundingan perubahan iklim.