Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Perusahaan, sesuatu sedang disiapkan untuk Anda! Pajak minimum global

Menarik. Menteri Keuangan hanya memberikan dua perincian tentang pajak global, yang berarti bahwa inisiatif tersebut akan didukung oleh kelompok G20, dan pendekatan keuangan semacam itu akan mencegah tren pengurangan limbah pajak yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir.

Konsep perpajakan telah menciptakan bisnis dan mengacu pada beberapa negara bagian yang sangat mengurangi tarif pajak untuk menarik investor. Dari perspektif tertentu, Rumania juga pada satu titik memasuki tempat sampah finansial, bersama dengan Bulgaria, contoh terbaik dari tarif pajak penghasilan.

Jika tujuannya Janet Yellen Ini akan menjadi kenyataan dan, untuk pertama kalinya, kita akan menghadapi pajak global. Mari kita baca daftar negara yang membentuk G20: Argentina, Australia, Brasil, Kanada, Cina, Prancis, Jerman, India, Indonesia, Italia, Jepang, Meksiko, Rusia, Arab Saudi, Afrika Selatan, Korea Selatan, Inggris, Turki, Amerika Serikat dan Uni Eropa.

Apa yang kita bicarakan? Pada dasarnya, ekonomi yang penting secara global, baik negara maju maupun negara berkembang. Artinya, jika pada awalnya pajak hanya digunakan di negara-negara G20, maka dalam praktiknya pajak tersebut merupakan bagian penting dari ekonomi dunia. Jika semua berjalan lancar, G20 akan mencapai kesepakatan tentang pajak global minimum pada Juli tahun ini.

Jika ada kesepakatan politik, pajak minimum global dihitung dan Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD) memiliki ketegasan dan netralitas organisasi, tetapi para ahli diperlukan untuk mencapai pendekatan keuangan seperti itu.

Menariknya, penggunaan global minimum tax mendekati sebuah isu yang telah menimbulkan banyak kontroversi, yakni bagaimana cara mengenakan pajak pada perusahaan digital.

Masalah tersebut telah menyebabkan konflik serius antara UE dan Amerika Serikat dalam beberapa tahun terakhir, setelah beberapa negara Eropa mulai menggunakan pajak cukai pada perusahaan di sektor teknologi.

READ  1.324. 112 orang telah meninggal dan lebih dari 6.000 kasus baru telah dilaporkan

Bahkan, OECD juga menjadi wasit sengketa pajak Eropa-AS bagi perusahaan teknologi. Tetapi pajak minimum untuk ekonomi global juga bisa menyelesaikan masalah yang disebut perusahaan Gaffom yang dikenal sebagai Google, Apple, Facebook, Amazon dan Microsoft.

Bisakah sinkronisasi pajak global dicapai? Melihat pernyataan politik Menteri Keuangan AS kemarin, kami dapat mengatakan bahwa rencana ini akan dilaksanakan.

Jika kita mempertimbangkan apa yang telah terjadi dalam beberapa dekade terakhir, kita dapat menjadi skeptis tentang penggunaan pajak minimum secara global.

Perhatikan bahwa perpajakan di UE bersifat unik untuk negara anggota. Sejak awal, UE belum dapat menemukan solusi untuk mencapai basis pajak bersama.

Kebebasan bergerak untuk barang, jasa, modal dan orang, prinsip-prinsip yang disusun oleh UE di tingkat ekonomi tidak cukup untuk mencapai perpajakan tingkat umum.

Itulah mengapa tujuan yang diungkapkan oleh Menteri Keuangan AS adalah salah satu tantangan terbesar dalam beberapa dekade terakhir. Bisakah ada pajak minimum untuk ekonomi dunia? Itulah pertanyaannya.

Divisi Ekonomi Riil dilakukan dengan dukungan Inter Capital Investment