Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pesaing Rishi Sunak Liz Truss mengambil ‘liburan dari kenyataan’: Anggota parlemen Inggris

Pesaing Rishi Sunak Liz Truss mengambil ‘liburan dari kenyataan’: Anggota parlemen Inggris

Michael Gove, anggota parlemen terkemuka Inggris, mengatakan dia sekarang mendukung Rishi Sunak.

London:

Anggota parlemen Konservatif terkemuka Inggris Michael Gove pada hari Sabtu menuduh penantang kepemimpinan partai Liz Truss mengambil “reses dari kenyataan” dengan rencananya untuk memotong pajak di tengah krisis biaya hidup.

Sebaliknya, Goff, yang telah memegang berbagai peran menteri dan pernah menjadi pemimpin Partai Konservatif, telah mendukung Rishi Sunak untuk jabatan yang lebih tinggi, karena kompetisi musim panas untuk menjadi perdana menteri berikutnya hampir berakhir.

Menteri Luar Negeri Truss adalah yang terdepan dalam jajak pendapat untuk mengalahkan mantan Menteri Keuangan Sunak dan menggantikan pemimpin yang akan keluar Boris Johnson ketika hasilnya diumumkan pada 5 September.

Pemenangnya, yang akan secara resmi mengambil alih kekuasaan pada hari berikutnya, menghadapi tantangan berat dengan Inggris menderita inflasi tinggi selama beberapa dekade dan prospek resesi akhir tahun ini.

Truss telah berjanji pemotongan pajak segera daripada bantuan keuangan langsung untuk membantu orang berjuang untuk membayar tagihan mereka meningkat, menarik kritik pedas dari Sunak, sekutunya dan lain-lain.

“Saya sangat prihatin bahwa pembingkaian debat kepemimpinan oleh begitu banyak orang adalah liburan dari kenyataan,” kata Goff dalam sebuah artikel di The Times, Sabtu.

Tanggapan terhadap krisis biaya hidup tidak bisa begitu saja dengan menolak lebih banyak ‘bantuan’ dan pajak yang lebih rendah.

Dia menambahkan bahwa rencana Truss untuk membalikkan kenaikan baru-baru ini dalam pajak asuransi nasional yang dialokasikan untuk sektor kesehatan dan perawatan sosial akan “menguntungkan orang kaya” sementara pemotongan pajak perusahaan akan membantu “perusahaan besar, bukan pengusaha kecil”.

“Saya tidak bisa melihat bagaimana melindungi opsi saham CEO FTSE 100 harus didahulukan daripada mendukung yang termiskin di masyarakat kita, tetapi pada saat dibutuhkan, itu tidak bisa menjadi prioritas yang tepat,” kata Goff.

READ  China berjanji untuk mendukung India di tengah meningkatnya virus korona

Pria berusia 54 tahun, yang sebelumnya mendukung anggota parlemen sayap kanan yang kurang dikenal Kimi Badenouche dalam pemilihan kepemimpinan sebelum menyusut menjadi duo terakhir, mengatakan dia sekarang mendukung Sunak.

“Saya tahu apa yang dibutuhkan pekerjaan itu. Dan Rishi memilikinya,” tambahnya.

Goff, yang hingga Juli memimpin Departemen Pemukiman, Perumahan dan Komunitas pemerintah, dan sebelumnya memimpin Departemen Pendidikan dan Kehakiman, mengindikasikan dia kemungkinan tidak akan mengambil peran lain.

“Saya tidak berharap berada di pemerintahan lagi. Tetapi merupakan kehormatan bagi hidup saya untuk menghabiskan 11 tahun di pemerintahan di bawah tiga perdana menteri,” tambahnya.

(Kecuali untuk judul, cerita ini belum diedit oleh kru NDTV dan diterbitkan dari feed sindikasi.)