Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pesawat luar angkasa Mars China Zhurong mengirimkan gambar pertama dari permukaan

Penjelajah Zhurong menangkap selfie parsial Mars ini dengan kamera navigasi belakang.

CNSA

Misi ambisius Tianwen-1 Mars China – upaya multi-bagian yang melibatkan pengorbit, pendarat, dan pesawat – mencapai momen bersejarah lainnya dengan peluncurannya pada Rabu. Foto pertama dari rumah baru rover Zhurong Di planet merah.

Zhurong mendarat selama akhir pekan, Menjadikan China hanya negara kedua yang mengirimkan penjelajah ke permukaan Mars. Administrasi Luar Angkasa Nasional China merilis bidikan hitam putih dari kamera penghindaran rintangan mesin enam roda dan gambar berwarna dari kamera navigasi belakang.

Zhurong bertempat tinggal di Utopia Planitia, wilayah dataran yang dikunjungi oleh misi NASA Viking 2 pada tahun 1970-an. Adegan yang dilihat oleh Chinese Rover terlihat tidak asing di Mars. Berbatu dan berdebu, dan gambar warna menunjukkan corak merah khas planet ini. Ini juga memberi kita tampilan yang baik pada panel surya dan antena penjelajah.

Penjelajah Zhurong mengirimkan pemandangan hitam dan putih ini yang menunjukkan lereng menurun yang mengarah ke permukaan.

CNSA

Gambar hitam-putih menunjukkan bahwa tanjakan yang dibangun di pesawat pendarat meluas ke tanah untuk memungkinkan kendaraan bertenaga surya berguling ke permukaan. “Topografi arah depan penjelajah terlihat jelas dalam gambar, dan cakrawala Mars tampak melengkung karena lensa sudut lebar,” CNSA mengatakan dalam sebuah pernyataan.

Sebuah Seorang pejabat CNSA mengindikasikan bahwa itu bisa memakan waktu hingga akhir bulan Untuk gambar Zhurong pertama, tetapi rilis tampaknya menunjukkan bahwa perangkat tersebut utuh dan bahwa relai komunikasi antara penjelajah dan pengorbit Tianwen-1 berfungsi dengan baik.

Berikut adalah salah satu gambar GIF yang menunjukkan peluncuran wahana dan penjelajah dari pengorbit Tianwen-1.

CNSA

Sebagai bonus, CNSA juga telah merilis video GIF kecil dari pesawat pendarat dan penjelajah yang terlepas dari pengorbit selama pendaratan. Pandangan ini mengingatkan kita pada kegembiraan Perseverance Rover NASA dikirim ke Mars Di bulan Februari.

Dengan Zhurong aktif dan berjalan, itu berarti sekarang ada tiga penjelajah yang beroperasi di Mars: Curiosity and Perseverance NASA dan Chinese Rover. Zhurong akan menyelidiki Utopia Planitia, yang mungkin menyembunyikan sekelompok es yang terkubur.

Gambar pertama mewakili awal yang kuat dari Zhurong. Sains bisa lebih menarik.

Mengikuti Kalender Luar Angkasa 2021 untuk CNET Untuk mengikuti berita luar angkasa terbaru tahun ini. Anda bahkan dapat menambahkannya ke Google Kalender Anda.

READ  Infeksi Los Angeles menembus 30% dari semua kasus Covid baru - tenggat waktu