Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pianis terkenal Nelson Freire meninggal

Dia dianggap sebagai salah satu pianis paling terkenal dan terbaik di dunia: Nelson Freire. Kini pemain Brasil itu telah meninggal di usia 77 tahun.

Seri foto dengan 42 foto

Pianis Brazil Nelson Freire meninggal dunia di Rio de Janeiro pada usia 77 tahun. Hal ini dilaporkan oleh media Brasil seperti surat kabar “Folha de São Paulo”, mengutip agennya pada hari Senin. Kementerian Luar Negeri di Brasilia menulis malam itu bahwa mereka menerima berita itu dengan sedih.

Penyebab kematian artis itu awalnya tidak diketahui. Sebuah upacara peringatan publik dijadwalkan akan diadakan di Teater Kota Rio pada hari Selasa.

Musim gugur yang serius di 2019

Freire, yang dianggap sebagai salah satu pianis terbaik di dunia, menandatangani kontrak dengan Rio Corniche pada 2019. Lengannya patah dan menjalani operasi. Sejak itu dia tidak pernah melakukan konser atau membuat rekaman apapun.

Brasil, Minas Gerais: pianis Brasil Nelson Freire berdiri di sebelah grand piano dalam konser dengan Philharmonic of the State of Minas Gerais untuk menghormati ulang tahunnya yang ke-70 pada 5 Maret 2015 (sumber: dpa)

Ia lahir pada tahun 1944 di negara bagian Minas Gerais. Nelson Freire melakukan debutnya pada usia lima tahun. Setelah menyelesaikan ketujuh dalam kompetisi piano di Rio pada usia dua belas, ia diberikan beasiswa untuk belajar di Wina. Pada usia 24, Freire memulai debutnya dengan New York Philharmonic Orchestra. Majalah Time menyebutnya “salah satu pianis terhebat dari generasi ini atau itu”.

Dia menerima penghargaan dan hadiah, bermain dengan orkestra seperti Berlin, Wina dan St Petersburg Philharmonic dan London Symphony Orchestra, dan merupakan salah satu penerjemah hebat Ludwig van Beethoven dan Friedrich Chopin. Freire bermain di lusinan negara, sering kali dengan pianis Argentina Martha Argerich. Philips Records menerimanya sebagai “Pianis Hebat Abad ke-20”.

READ  Guardians of the Galaxy 3 akan menyambut superhero Marvel