Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Pihak berwenang terlambat memperingatkan?: Penggerebekan di Ferrero setelah kasus salmonella

Beri tahu pihak berwenang terlambat?
Ferrero menyerang setelah cedera salmonella

Sesaat sebelum Paskah, grup Ferrero harus menarik 3.000 ton produk bayi dari pasar setelah beberapa kasus keracunan salmonella. Penyebabnya adalah filter kotor di sebuah pabrik di Belgia. Enam minggu kemudian, polisi tiba di sana dan di lokasi kelompok lainnya.

Sebagai bagian dari penyelidikan mereka terhadap beberapa kasus salmonella yang dihasilkan dari konsumsi produk cokelat untuk anak-anak, otoritas investigasi Belgia dan Luksemburg telah memeriksa beberapa lokasi kelompok penganan Ferrero. Menurut jaksa provinsi Luksemburg Belgia, antara lain, dokumen dan komputer disita. Namun, tidak ada yang ditangkap.

Pabrik Ferrero di Arlon, Belgia, tempat pembuatan produk anak-anak yang terkontaminasi salmonella, rusak dalam salah satu penggerebekan. Cabang tersebut telah ditutup sejak 8 April oleh keputusan otoritas kesehatan. Ada penggerebekan lebih lanjut pada posisi di Brussel dan di Grand Duchy of Luxembourg, tempat Ferrero juga bermarkas.

Investigasi bertujuan untuk mengklarifikasi siapa yang bertanggung jawab atas kontaminasi salmonella dan apakah ada kelalaian untuk melapor ke otoritas kesehatan. Menurut juru bicara Kejaksaan Agung, Ann-Sophie Gilmot, penyelidikan sedang dilakukan terhadap “pelanggaran keamanan dan kebersihan makanan”, “kerusakan fisik akibat kelalaian” dan “kegagalan memberikan bantuan.”

Diduga bahwa kelompok gula-gula Italia tidak memberi tahu pihak berwenang sampai larut dan mereka terlambat menarik produknya. Meskipun salmonella ditemukan di tangki yoghurt Arlon pada Desember 2021, kelompok tersebut mulai menarik ribuan ton produk bayi hanya pada awal April. Pada pertengahan April, otoritas Eropa telah mengaitkan 150 kasus salmonellosis di sembilan negara, termasuk Jerman, dengan produk cokelat. Sebagian besar infeksi salmonella terjadi pada anak-anak di bawah usia 10 tahun.

READ  China: Perang melawan kemiskinan diikuti oleh perjuangan untuk kemakmuran | pendapat | saat ini