Sindobatam

Dapatkan berita terbaru

Planet-planet berkumpul di atas Kansas, dan inilah waktunya

Planet-planet berkumpul di atas Kansas, dan inilah waktunya

TOPEKA (KSNT) – Konjungsi planet yang langka begitu dekat sehingga Anda tidak perlu meninggalkan halaman belakang untuk melihatnya.

KSNT 27 News Stormtrack Meteorologist Ryan Matush berbicara dengan Brenda Culbertson, Duta Tata Surya NASA, tentang peristiwa menarik ini. Kini hingga 2 Maret, Jupiter dan Venus akan memasuki konjungsi yang akan terlihat saat kedua planet tersebut tampak saling berdekatan. Meskipun planet-planet mungkin terlihat dekat, sebenarnya jaraknya lebih dari enam miliar mil.

“Peristiwa ini merupakan pemandangan yang indah dan dapat dengan mudah difoto karena planet-planetnya sangat terang,” kata Culbertson. “Yang Anda butuhkan hanyalah cakrawala barat yang cerah dan malam yang cerah untuk melihat hubungannya.”

Konjungsi digambarkan sebagai peristiwa langit di mana dua planet, planet dan bulan, atau planet dan bintang muncul di dekat langit malam, Menurut situs NASA. Meskipun kata sambung tidak memiliki banyak makna astronomi, bagus untuk menunjukkannya.

Culbertson menganjurkan mereka yang ingin melihat konjungsi untuk sekadar berjalan-jalan di luar saat matahari terbenam dan mencari sepasang planet di atas ufuk barat. Sangat penting untuk melihat langit dengan jelas dan tutupan awan dapat mengaburkan acara tersebut. Malam terbaik untuk mengamati konvergensi adalah 1 Maret. Tidak diperlukan peralatan khusus untuk melihat berpasangan meskipun teropong akan memberikan tampilan yang lebih baik.

“Ini adalah konjungsi planet-planet yang sangat fotogenik, dan banyak orang telah mengambil foto perkembangannya,” kata Culberson.

Bagi yang menginginkan acara pairing lebih terorganisir bisa ke tempat nonton resmi di Pusat Sains dan Observatorium Banner Creek pada hari Rabu, 1 Maret mulai pukul 18:30 dan dapat ditemukan di 22275 North Rd. di Holton. Para astronom, termasuk Culbertson, juga akan tersedia untuk menjawab pertanyaan selama acara berlangsung.

READ  Penerbangan Boeing Starliner untuk astronot NASA telah dibatalkan